Kebiasaan yang menjadikan usia harapan hidup lebih panjang

By:
Posted: April 12, 2019

USIA PANJANG. Banyak orang berpikir bahwa harapan hidup sangat ditentukan oleh genetika. Namun, gen memainkan peran yang jauh lebih kecil daripada sebelumnya. Di sisi lain, faktor lingkungan seperti diet dan gaya hidup adalah kunci.
Berikut kebiasaan yang dikaitkan dengan umur panjang, di antaranya:

Hindari makan berlebihan


Hubungan antara asupan kalori dan umur panjang semakin ramai diperbincangkan. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pengurangan 10-50% dalam asupan kalori normal dapat memperpanjang usia.
Studi populasi manusia yang terkenal terkait umur panjang juga mengamati hubungan antara asupan rendah kalori, umur yang panjang, dan kemungkinan penyakit yang lebih rendah. Kesimpulannya, pembatasan kalori dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan dan lemak perut, yang keduanya terkait dengan rentang hidup yang lebih pendek.
Meski begitu, ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa pembatasan kalori dalam jangka panjang dapat mencakup efek samping negatif, seperti peningkatan kelaparan, suhu tubuh rendah, dan dorongan seksual yang berkurang.

Lebih banyak konsumsi kacang


Kacang adalah pembangkit nutrisi yang kaya akan protein, serat, antioksidan, dan senyawa tanaman bermanfaat. Terlebih lagi, kacang merupakan sumber yang bagus untuk beberapa vitamin dan mineral, seperti tembaga, magnesium, kalium, folat, niasin, dan vitamin B6 dan E.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang memiliki efek menguntungkan pada penyakit jantung, tekanan darah tinggi, peradangan, diabetes, sindrom metabolik, kadar lemak perut, dan bahkan beberapa bentuk kanker.
Satu studi lainnya menemukan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya 3 porsi kacang per minggu memiliki risiko 39% lebih rendah kematian dini.
Dua ulasan baru-baru ini termasuk lebih dari 350.000 orang mencatat bahwa mereka yang makan kacang memiliki risiko kematian 4–27% lebih rendah selama masa studi - dengan pengurangan terbesar terlihat pada mereka yang makan 1 porsi kacang per hari.

Cobalah kunyit


Ketika berbicara tentang anti-penuaan, kunyit adalah pilihan yang bagus. Itu karena rempah-rempah ini mengandung senyawa bioaktif kuat yang disebut curcumin.
Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, curcumin dianggap membantu menjaga fungsi otak, jantung, dan paru-paru, serta melindungi terhadap kanker dan penyakit terkait usia. Selain itu, Curcumin dikaitkan dengan peningkatan umur pada serangga dan tikus.
Namun, temuan ini belum ditemukan pada subjek manusia. Meski demikian, kunyit telah dikonsumsi selama ribuan tahun di India dan dianggap aman.

Konsumsi makanan nabati yang sehat


Konsumsi berbagai macam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan kacang-kacangan, dapat mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan umur panjang.
Sebagai contoh, banyak penelitian mengaitkan pola makan nabati dengan risiko kematian dini yang lebih rendah, serta pengurangan risiko kanker, sindrom metabolik, penyakit jantung, depresi, dan kerusakan otak.
Efek ini dikaitkan dengan nutrisi dan antioksidan makanan nabati, yang meliputi polifenol, karotenoid, folat, dan vitamin C.
Oleh karena itu, beberapa penelitian mengaitkan diet vegetarian dan vegan, yang secara alami lebih tinggi dalam makanan nabati, dengan risiko kematian prematur 12-15% lebih rendah.
Studi yang sama juga melaporkan lebih rendah risiko kematian hingga 29-52% akibat kanker atau jantung, ginjal, atau penyakit terkait hormon. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko kematian dini dan penyakit tertentu meningkat dengan konsumsi daging yang lebih besar.
Namun, penelitian lain melaporkan hubungan yang tidak ada atau jauh lebih lemah - dengan efek negatif yang tampaknya secara spesifik terkait dengan daging olahan.
Vegetarian dan vegan pada umumnya cenderung lebih sadar kesehatan daripada pemakan daging, yang setidaknya bisa menjelaskan sebagian temuan ini. Secara keseluruhan, makan banyak makanan nabati cenderung bermanfaat bagi kesehatan dan memperpanjang usia hidup.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts