5 Makanan Ini Bantu Anda Cegah Rambut Rontok

By:
Posted: April 11, 2019

isi alami terlihat makin lebar saat usia bertambah? Tidak perlu gelisah. Anda tidak sendirian. Banyak pria dan wanita mulai kehilangan rambut saat usia mereka bertambah. Belum lagi kondisi lain seperti gangguan autoimmune, diabetes, kekurangan vitamin, stres, dan kurang tidur yang bisa membuat kondisi ini makin parah. Namun masih terbuka harapan bagi Anda untuk memperbaiki situasi. Sejumlah penelitian menunjukan, ada peluang untuk mengembalikan masa keemasan rambut Anda melalui pola makan. Isi penuh piring Anda dengan makanan-makanan berikut, yang mengandung nutrisi pemelihara sekaligus pendorong pertumbuhan rambut.
#1 SALMON
Rambut adalah serat protein. Artinya, Anda butuh mengonsumsi protein untuk menumbuhkan rambut baru dan memelihara yang sudah ada. Protein juga dibutuhkan untuk meroduksi kreatin, komponen struktur kunci dari rambut. Pilihan cerdas Anda adalah sumber protein dari perairan seperti Salmon, yang telah terbukti meningkatkan kesehatan rambut pada wanita. Untuk hal ini, ucapkan terima kasih pada kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin lainnya.
[page-break]
#2 MADU
Ketika digunakan sebagai perawatan topikal, madu meningkatkan penampilan rambut yang tipis. Studi pada pasien yang mengalami seborrheic dermatitis, yang meliputi pengerakan, rasa gatal, dan rambut rontok, mereka yang mengaplikasikan solusi 90 persen madu dan 10 persen air pada kulit kepala tiap dua hari sekali selama empat minggu, dilaporkan masalah kerontokan rambutnya berkurang di akhir studi.
[page-break]
#3 TIRAM
Zinc adalah nutrisi super jika menyangkut pencegahan dan perawatan rambut rontok. Dalam sebuah studi, para peneliti membandingkan kadar zinc pada 50 people orang yang punya masalah rambut rontok karena alopecia areata dengan 50 dengan rambut sehat sebagai kontrol. Dari komparasi tersebut ditemukan, pasien dengan alopecia aerata memiliki kadar zinc yang rendah. Studi lain yang menguji kadar zinc dan tembaga pada 312 pria dan wanita yang mengalami rambut rotok. Tak peduli apapun penyebab kerontokan rambut yang terjadi, semua subyek memiliki kadar zinc yang lebih rendah ketimbang mereka yang mempunyai rambut sehat.
Suplementasi zinc dan mengonsumsi makanan kaya kandungan zinc bisa memperlambat kerontokan rambut dalam sebagian besar kasus. Menurut National Institutes of Health, tiram mengandung lebih banyak zinc untuk tiap porsi sajinya ketimbang makanan lainnya. Pertimbangkan pula makanan seperti walnut, bayam, telur, biji bunga matahari, buncis, oatmeal, dan sebagainya.
#4 MINYAK KELAPA
Labu, rosemary, dan minyak kelapa bertindak selaku nectar untuk kulit kepala. Dalam satu studi, peneliti memberi pria yang memiliki masalah rambut rontok dengan 400 miligram minyak biji bunga matahari atau placebo selama 24 minggu. Mereka yang mendapat pasokan minyak biji bunga matahari berkurang kerontokan rambutnya hingga 40 persen.
#5 RUMPUT LAUT
Sebuah penelitian menemukan, suplemen yang mengandung cistanche tubulosa (sejenis tanaman laut yang digunakan dalam pengobatan tradisional China) dan laminaria japonica (rumput laut cokelat yang bisa dikonsumsi) memromosikan pertumbuhan rambut pada orang dengan masalah kerontokan rambut ringan hingga sedang. Setelah suplementasi selama 16 minggu, para relawan melihat peningkatan volume rambut hingga 13 persen dan peningkatan ketebalan rambut hingga 27 persen. Suplemen ini juga efektif untuk merawat inflamasi pada kulit kepala dan masalah ketombe.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts