5 Taktik Meraih Gelar KOM

By:
Posted: April 10, 2019

TAK PEDULI tingkat seberapa tinggi tingkat kebugaran Anda, mengayuh pedal sepeda di lintasan yang menanjak bisa menjadi pergulatan yang melelahkan. Namun dengan menguasai beberapa taktik bersepeda dan trik mental yang tepat, Anda bisa melewati tantangan dan mengatur kecepatan di tanjakan. Di artikel ini akan kami beberkan sejumlah trik untuk membantu Anda menjadi King of Mountain (KOM) di group ride Anda berikutnya.
#1 NAIK, TURUN, NAIK, TURUN
Bertahan di satu posisi selama mengayuh pedal sepeda di lintasan menanjak bisa menyabotase peluang keberhasilan Anda. Breakaway dalam lomba-lomba balap sepeda yang besar kerap memperlihatkan seseorang berdiri di atas sepedanya dan mengayuh pedal semaksimal mungkin. Tetapi... untuk menghadapi tanjakan yang panjang, sebaian besar pembalap sepeda akan berada dalam posisi duduk di sadelnya. Banyak orang yang berpikir ketika Anda berdiri, itu terjadi karena a) Anda berada di final push, atau b) Anda tidak bisa lagi mengayuh pedal sepeda dalam posisi duduk. Namun meski hal ini berjalan dengan baik, seorang pembalap sepeda yang jago melibas lintasan menanjak akan mengubah posisi dan berdiri selama beberapa kayuhan untuk memberikan kesempatan bagi sejumlah kelompok otot beristirahat, meredakan ketegangan, dan mendapatkan aliran darah balik ke pantat.
#2 JAGA TUBUH TETAP RILEKS
Upaya mengencangkan lengan ketika melajukan sepeda di lintasan menanjak terutama jika upaya melibas tanjakan harus dilakukan terus, terus, dan terus adalah hal yang alami. Namun perlu diingat, makin sedikit upaya Anda mengencangkan lengan, makin banyak energi yang disisakan tubuh Anda untuk kaki. Jika bahu Anda mulai membungkuk, coba untuk merileksasi pegangan tangan di handdlebar dan turunkan bahu untuk meredakan ketengan di punggung atas. Ini akan membantu Anda mengambil napas yang dalam saat melibas tanjakan.
#3 JANGAN RADIKAL TERHADAP BERAT BADAN
Setiap orang tahu, makin ringan berat badan, makin cepat Anda melibas lintasan yang menanjak. Namun pembalap sepeda yang jago di tanjakan memahami, ini bukan sekedar tentang berat bada saja. Dan mengorbankan energi dan tenaga hanya untuk menurunkan beberapa kilogram berat badan tidak sepadan untuk dilakukan. Ini adalah sebuah keseimbangan yang sulit dan harus dihadapi semua pembalap sepeda. Namun mereka menemukan berat badan ideal untuk bergerak lebih cepat di tanjakan, namun tidak merasa kelaparan saat tiba di ujung tanjakan. Bersepeda dengan perut kosong tidak akan membuat Anda bergerak cepat di lintasan menanjak, tidak peduli berapa kilogram yang Anda singkirkan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan untuk bergerak lebih cepat, lakukan secara bertahap dan hati-hati. Jangan melakukannya seketika menjelang Anda... dan sepeda Anda menghadapi tanjakan.
#4 JAGA KAYUHAN KONSTAN
Sebagian besar pembalap sepeda menghindari grinding, khususnya di awal-awal lintasan menanjak. Jika memungkinkan, mereka akan mengayuh dengan cadence 80 rpm yang biasanya juga dilakukan di lintasan datar. Mungkin akan terasa aneh saat mengubah gigi secara drastis, terutama di lintasan menanjak yang dimulai dengan sangat terjal. Namun jika bisa mengayuh pedal sepeda secara konstan, Anda akan bergerak dengan efisien. Ini perlu Anda perhatikan: Hindari kayuhan (cadence) Anda melemah (dropping).
#5 BUANG AIR BESAR SEBELUM PERJALANAN
Meski tambahan otot akan membantu Anda melintasi jalur menanjak, sarapan yang terlalu banyak justru bisa merusak rencana Anda. Jadi jangan heran jika antrian ke kamar kecil begitu panjang sebelum lomba berlangsung, khususnya di lintasan yang berbukit-bukit. Para pembalap sepeda akan menggunakan kamar kecil dan mengeluarkan beban tambahan dari tubuhnya sebelum itu menjadi masalah di perjalanan.Baca juga: Melakukan Drafting Ketika Bersepeda dalam Sebuah PacelineIngin menjadi rajak tanjakan? Selain berhenti di kamar kecil di dasar lintasan yang menanjak, pertimbangkan untuk mengosongkan botol air minum (menyisakan beberapa teguk air sehingga Anda tidak mengalami dehidrasi) berasumsi Anda bisa mengisinya kembali di puncak tanjakan. Menyingkirkan berat tambahan dari air mungkin memperbesar peluang Anda menjadi raja tanjakan.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts