Pengaruh kopi pada berat badan

By:
Posted: April 8, 2019

KOPI BERAT BADAN. Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Namun, efek kopi pada berat badan tubuh amat beragam. Kopi ditengarai bermanfaat mengontrol nafsu makan dan meningkatan metabolisme, yang bisa membantu penurunan berat badan.
Di sisi lain kopi mengandung kafein, menjadi penyebab kurang tidur dan lebih banyak menimbun gula pada individu tertentu. Kedua hal ini memiliki dampak negatif pada berat badan tubuh. Selain itu, konsumsi kopi nyatanya bisa mengakibatkan kalori berlebihan.

Kopi hitam dapat meningkatkan berat badan yang sehat


Kopi hitam (tanpa bahan tambahan) memiliki kadar kalori yang rendah dan mencapai berat badan yang sehat.
Kopi rendah kalori. Saat mencoba menurunkan berat badan, jalankan program defisit kalori. Caranya, tingkatkan aktivitas fisik atau mengonsumsi lebih sedikit kalori.
Cara mudah untuk mengurangi asupan kalori dengan memilih minuman berkalori rendah. Misalnya, mengganti hanya 240 ml minuman berkalori tinggi dengan pemanis gula dengan jumlah air yang sama. Cara ini dapat menyebabkan penurunan berat badan lebih dari 4 pon (1,9 kg) selama 6 bulan.
Kopi adalah minuman rendah kalori. Faktanya, 1 cangkir (240 ml) kopi yang diseduh hanya memiliki 2 kalori. Namun, kandungan kalori pada kopi hitam sangat kecil. Dengan catatan, tanpa tambahan gula, susu, atau bahan lainnya.
Jika Anda berusaha mengurangi total asupan kalori, ganti minuman berkalori tinggi seperti soda, jus, atau susu coklat dengan kopi biasa (tanpa ada tambahan).

Kafein dapat meningkatkan metabolisme


Kafein adalah stimulan alami yang biasa ditemukan dalam kopi, teh, dan soda. Per porsi, kopi biasanya mengandung sejumlah kafein tertinggi dari ketiga minuman ini.
Satu cangkir (240 ml) kopi yang diseduh memberikan 95 mg kafein. Namun, kandungan kafein ini sangat bervariasi tergantung pada jenis kacang, gaya memanggang, dan persiapan.
Alhasil, tidak heran bila kafein dapat meningkatkan metabolisme. Dengan catatan, proses pembakaran kalori dilakukan secara teratur di setiap hari. Ini adalah salah satu alasan mengapa kafein termasuk dalam banyak suplemen penurun berat badan.
Namun, dosis besar kafein mungkin diperlukan untuk memengaruhi metabolisme secara signifikan. Sebagai contoh, satu studi menemukan bahwa dosis kafein 4,5 mg per pon berat badan (10 mg per kg) meningkatkan metabolisme hingga 13%. Ini sama dengan 680 mg kafein - 7 cangkir kopi (1,660 ml) untuk seseorang yang memiliki berat 150 pound (68 kg) (4).
Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kafein secara teratur dapat meningkatkan perawatan berat badan dan penurunan berat badan.
Pada satu penelitian, peningkatan asupan kafein dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit selama 12 tahun. Namun, para peserta yang mengonsumsi paling banyak sekitar 1 pon (0,4-0,5 kg) kefein lebih ringan daripada mereka yang asupan kafeinnya lebih rendah.
Sebuah penelitian berbeda mengamati orang yang berhasil menurunkan berat badan. Mereka yang paling banyak mengonsumsi kopi dan kafein lebih berhasil mempertahankan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Cara minum kopi tanpa menambah berat badan


Ada banyak cara untuk menikmati secangkir kopi harian tanpa menambah berat badan. Caranya, hindari menambahkan gula berlebih pada kopi. Gula terdapat pada krim rasa dan latte yang sudah disiapkan sebelumnya - dan banyak orang menambahkan gula meja atau pemanis cair seperti sirup agave langsung ke cangkir.
Melihat kondisi seperti demikian, berikut beberapa cara untuk mengurangi asupan gula:

  • Taburkan di beberapa kayu manis

  • Gunakan susu almond tanpa pemanis, santan, atau setengah-setengah.

  • Gunakan sedikit pemanis alami tanpa kalori, seperti stevia.

  • Tambahkan beberapa tetes ekstrak vanila.

  • Lelehkan cokelat hitam berukuran kecil berkualitas tinggi.


Kopi memiliki rasa yang pahit secara alami, jadi kurangi jumlah pemanis tambahan secara bertahap untuk menyesuaikan selera. Misalnya, saat membeli latte yang dimaniskan, cobalah meminta setengah dari jumlah sirup penyedap.
Lebih baik lagi, siapkan kopi sendiri di rumah. Ini akan memungkinkan pengendalian jumlah pemanis tetapi juga menghemat uang.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts