3 Tempat Latihan Terbaik di Luar Gym

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

RUTINITAS KARDIO ANDA sama seperti pisau: Akan menjadi tumpul dan tidak efektif setelah dipakai terus menerus selama beberapa minggu. Itu sebabnya Anda memerlukan tantangan baru, kata Patrick Ward, C.S.C.S., pendiri Optimum Sports Performance di Arizona. Berikut kami beberkan beberapa tempat latihan serta tip meningkatkan performa tanpa harus terus ‘mendekam’ di gym.
PANTAI
Lakukan ini: gambar garis di bibir pantai, tapi jangan di daerah yang akan tersapu ombak. Lalu, buat satu garis lagi sejauh kurang lebih 70 meter di ujung pantai yang lain. Berlarilah dari satu garis ke garis yan lain sebanyak 16 kali dengan intensitas tenaga yang Anda kerahkan sebanyak 70%. Artinya, Anda berlari sedikit lebih cepat dari biasanya. Tiap kali Anda menyentuh satu garis, lakukan gerakan berikut lalu selingi dengan istirahat aelama 30 detik: plank (20 detik), lunge (10 repetisi), atau pushup (10 repetisi). Lakukan gerakan yang berbeda-beda setiap kali menyentuh garis. “Gerakan ini akan menjadi lebih sulit semakin lama Anda mencobanya”, ujar Ward. “Pacu diri Anda semaksimal mungkin”.
Ini berguna karena…
“Tenaga yang Anda keluarkan akan terserap oleh pasir sehingga Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menempuh jarak yang sama”, kata Ward. Akibatnya, Anda akan membakar kalori lebih banyak ketimbang ketika berlari di jalan biasa.
KOLAM RENANG
Lakukan ini: Di kolam sepanjang 25 meter, berenanglah sebanyak 2 putaran – atau kira-kira sejauh 100 meter – dengan menggunakan gaya bebas. Istirahat selama 20 detik sebelum Anda kembali melahap 2 putaran dengan gaya punggung. Istirahat kembali selama 20 detik. Kedua sesi tersebut dihitung satu set. Selanjutnya lakukan 4 set lagi sehingga Anda total melakukan 5 set.
Ini berguna karena…
Berenang memberikan efek yang sama dengan berlari dalam hal menyehatkan jantung. Namun, berenang memiliki risiko cedera yang jauh lebih kecil. Satu studi dari Perancis melaporkan kalau risiko cedera pada renang hanya sebesar 7 persen, sementara berlari memiliki risiko cedera hingga 73 persen. “Kolam renang adalah tempat ideal untuk melakukan cross-training”, ujar Ted Knapp, associate head coach dari tim renang pria Stanford University. “Anda bisa mengistirahatkan otot yang Anda sering gunakan ketika berlari atau bersepeda sambil tetap membakar kalori”.
HALAMAN BELAKANG
Lakukan ini: Terapkan gerakan latihan di bawah ini dalam metode superset, melakukan sebanyak mungkin repetisi selama 30 detik. Selingi dengan istirahat selama 30 detik di setiap gerakan. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian sebanyak 6 set. “Anda harus bergerak sebanyak mungkin selama 30 detik tersebut,” kata Craig Ballantyne, C.T.T., pengarang Turbulence Training. “Tingkatkan intensitas latihan setinggi mungkin, dan pertahankan terus selama durasi latihan”.
#1 Double Burpee
Berdiri dengan bukaan kaki selebar bahu. Lengan menggantung lurus di sisi luar tubuh Anda. Dorong pinggul Anda ke belakang dan tekuk lutut hingga membentuk posisi squat. Lalu, taruh tangan Anda di lantai dan beralih ke posisi pushup. Lakukan dua pushup kemudian ganti posisi lagi ke posisi squat secara cepat. Lompat di tempat lalu lakukan gerakan berikutnya.
#3 Prisoner Lunge
Berdiri dengan bukaan kaki selebar bahu. Letakkan tangan Anda di belakang kepala. Dengan posisi punggung lurus, maju selangkah dengan kaki kanan dan turunkan badan Anda perlahan-lahan hingga lutut kaki kanan Anda membentuk sudut 90 derajat. Tahan, kemudian beralih ke posisi awal secepat yang Anda bisa. Ulangi gerakan tersebut dengan menggunakan kaki kiri. Ini terhitung 1 repetisi. Terus lakukan secara bergantian.
Ini berguna karena…
Latihan ini berfokus pada grup otot yang berbeda-beda. “Ketika satu grup otot aktif, grup otot yang lain beristirahat”, ujar Ballantyne. “Hal tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan lebih banyak gerakan dengan tenaga yang lebih sedikit dan dalam waktu yang lebih singkat.” Anda dapat menyelesaikan gerakan untuk mendongkrak metabolisme tubuh secara total dalam waktu 10 menit.

More to explorer

Latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih

Manfaat kombucha

Manfaat kombucha

Kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba, yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *