Mengapa kolesterol dibutuhkan tubuh?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

KOLESTEROL PADA TUBUH. Sebagai besar narasi soal kolesterol selalu buruk. Padahal, kolesteral pun dibutuhkan tubuh. Tidak heran bila orang sering terkejut mendengar bahwa kolesterol ternyata dibutuhkan oleh tubuh.
Selain dibutuhkan, nyatanya kolesterol pun diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Yang perlu dipertegas kembali, tidak semua kolesterol baik serta tidak semuanya buruk. Oleh sebab itu, GOFITers layak mengetahui secara komprehensif sola kolesterol ini.

Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah diproduksi oleh hati dan sangat penting bagi manusia. Selain diproduksi sendiri, kolesterol pun bisa pula diperoleh dari melalui makanan. Karena tidak dapat diproduksi oleh tanaman, kamu hanya bisa memperolehnya dari produk hewani seperti daging dan susu.

Di dalam, kolesterol memiliki tujuan utama:

  • Membantu dalam produksi hormon seks.
  • Sebagai blok bangunan untuk jaringan manusia.
  • Membantu dalam produksi empedu di hati.

Ketiga hal ini sangat penting dan sangat tergantung oleh kolesterol. Namun, terlalu banyak kolesterol tidak baik pula bagi tubuh.

LDL vs HDL

Ketika orang berbicara tentang kolesterol, selalu muncul istilah LDL dan HDL. Keduanya adalah lipoprotein, senyawa yang terbuat dari lemak dan protein. Lipoprotein bertugas mendistribusikan kolesterol ke seluruh tubuh melalui darah.

LDL adalah lipoprotein densitas rendah, sering disebut kolesterol “jahat”. HDL adalah lipoprotein densitas tinggi, atau kolesterol “baik”.

Kenapa LDL tidak baik bagi kesehatan?

LDL dikenal sebagai kolesterol “jahat” karena menyebabkan pengerasan pembuluh darah.
Menurut American Heart Association, LDL mengakumulasi plak di dinding arteri. Ketika plak ini menumpuk, ia menyebabkan dua masalah yang berbeda dan sama buruknya.
Pertama, LDL mempersempit pembuluh darah sehingga menekan aliran darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Kedua, menyebabkan gumpalan darah yang dapat terlepas dan menghambat aliran darah, menjadi menyebabkan serangan jantung atau stroke.
Idealnya, LDL di dalam tubuh kurang dari 100 miligram per desiliter (mg / dL).

Kenapa HDL baik bagi kesehatan?

HDL membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Secaara tidak langsung, HDL menghilangkan LDL dari arteri dan membawanya kembali ke hati. Di dalam hati, LDL dipecah dan dihilangkan dari tubuh.
HDL tingkat tinggi terbukti melindungi tubuh dari stroke dan serangan jantung. Sebaliknya, HDL rendah berpotensi meningkatkan risiko tersebut. Menurut National Institutes of Health (NIH), kadar HDL di atas 60 mg / dL akan bersifat protektif, sementara kadar di bawah 40 mg / dL beresiko menimbulkan penyakit jantung.

Apa makna kolesterol total dalam tubuh?

Ketika GOFITers memeriksakan kolesterol, kamu akan menerima kadar HDL dan LDL, serta kolesterol total dan trigliserida.
Tingkat kolesterol total idealnya di bawah 200 mg / dL atau di kisaran 200 dan 239 mg / dL. Bilamana kadarnya di atas 240 mg / dL, maka itu termasuk tinggi.
Trigliserida adalah jenis lemak lain dalam darah. Seperti halnya kolesterol, terlalu banyak Trigliserida akan berdampak buruk. Meski begitu, para ahli secara spesifik belum terlalu meriset lemak ini.
Trigliserida tinggi umumnya menyertai kolesterol tinggi dan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Tetapi tidak jelas apakah trigliserida tinggi merupakan faktor risiko.
Dokter umumnya menimbang jumlah trigliserida terhadap pengukuran lain seperti obesitas, kadar kolesterol, dan banyak lagi.

Buat tubuh tetap dalam kondisi kolesterol ideal

Ada beberapa hal yang memengaruhi angka kolesterol dan GOFITers bisa mengendalaikannya. Di sisi lain, faktor keturunan kemungkinan memiliki peran, demikian pula diet, berat badan, dan olahraga.
Konsumsi makanan yang rendah kolesterol dan lemak jenuh, berolahraga secara teratur, dan mengatur berat badan, akan bermanfaat menjaga kadar kolesterol tetap rendah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *