5 Cara Unik Singkirkan Stres

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

CARA-CARA MEREDAKAN STRES yang ada berikut ini mungkin sedikit berbeda dengan yang umumnya Anda ketahui. Namun ilmu pengetahuan dan penelitian mendukung kesahihan cara-cara ini. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk keluar dari pakem yang berlaku dan mencoba sesuatu yang baru, yang mungkin tidak umum, untuk menyingkirkan stres.
#1 MINUM JUS JERUK
Ada beberapa hal yang membuat minuman ini membantu Anda menyingkirkan stres. Pertama, jus jeruk kaya kandungan vitamin C, dan vitamin ini menindas stres. Sejumlah studi menunjukkan, orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi dalam sistem di tubuhnya tidak mengalami stres seberat mereka yang kadar vitamin C-nya rendah, dan bahkan bisa menghalaunya.Dalam sebuah studi di 2015, sebagai contoh, sejumlah murid diberi vitamin C 500 miligram atau placebo tiap hari selama 14 hari. Mereka yang menerima suplemen vitamin C dilaporkan mampu mengurangi tingkat kegelisahan kegelisahan. Sebuah studi terhadap hewan di 1999 menemukan, vitamin C mengurangi hormon stres di dalam darah.Kedua, jus jeruk membantu otak berfungsi lebih baik, yang bisa meningkatkan reaksi Anda menghadapi stres. Dalam sebuah penelitian kecil di 2015 ditemukan, mereka yang menenggak 500 mililiter jus jeruk tiap hari meningkatkan fungsi kognitif lebih baik ketimbang yang tidak mengonsumsinya.
#2 GUNAKAN SISI LAIN OTAK
Terdapat sebuah teori jika Anda sedang stres, gunakan sisi lain otak Anda. Jika Anda terlibat dalam organisasi yang tipe aktivitasnya menggunakan otak kiri, sebagai contoh, menggunakan otak kanan di berbagai aktivitas kreatif akan mengurangi stres.Katakanlah Anda melewatkan waktu di pagi hari untuk bekerja da membuat laporan keuangan (sisi kiri otak), dan Anda merasa stres. Ambil waktu 10 menit untuk mewarnai, mendengarkan musik menggambar, atau membangkitkan sisi kreativitas otak kanan bisa mengurangi stres. Sebaliknya, jika di pagi hari Anda membuat skenario untuk sinetron atau menulis artikel (sisi kanan otak), dan Anda merasa stres, melakukan hal-hal yang membangkitkan otak kiri bisa membantu Anda merasa lebih relaks.
#3 MENIUP BALON
Tiup beberapa balon hingga menggembung. Cara kerja triknya seperti ini, saat meniup sebuah balon Anda harus menarik napas dan menghembuskan napas dengan dalam. Dan Anda pasti tahu, bernapas dalam-dalam membantu meredakan stres. Newsletter dari Harvard Health mengemukakan, bernapas dalam-dalam juga membantu Anda menurunkan detak jantung dan mengurangi tekanan darah, yang akan membantu Anda menyingkirkan stres.
#4 KONSUMSI OATMEAL
Jika menyangkut makanan yang bisa meredakan stres, oatmeal adalah salah satu pilihan utama. Pertama, makanan ini kaya kandungan tryptophan yang mendongkrak hormon serotonin — yang memberikan Anda suasana riang. Kedua, oatmeal mengandung magnesium, salah satu komponen nutrisi alami yang membuat Anda relaks. Selain itu, oatmeal mengandung prebiotik yang tidak hanya membantu sistem pencernaan, tetapi juga mengendalikan stres.
#5 GAMBAR BERULANG
Pikirkan gambar cangkang siput, ombak lautan, butiran salju, atau lukisan dengan pola berulang di dalamnya. Penelitian menunjukkan, melihat gambar-gambar dengan karakter seperti itu bisa menenangkan otak. Tipe pola dalam gambar-gambar seperti ini disebut fractals dan didefinisikan sebagai pengulangan pola yang sama atau identik.Pola seperti ini memiliki kualitas estetika yang bisa berdampak pada mata dan otak. Pada sebuah penelitian di 2011 peneliti menemukan, bagaimana mata mengikuti arah gambar membantu menurunkan stres dan mengantar pada kondisi yang lebih relaks.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *