Strategi Atur Durasi Istirahat Latihan

By:
Posted: April 1, 2019

DURASI ISTIRAHAT di antara set bisa memberikan dampak yang besar terhadap latihan yang Anda lakukan dan bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh Anda. Panduan di bawah ini akan membantu Anda mengatur waktu istirahat di antara set untuk mendapatkan hasil latihan yang ingin dicapai tambah otot, pangkas lemak, dongkrak kekuatan, dan sebagainya.
#1 Tambah Otot
Sejumlah penelitian menemukan, testosteron dan hormon pertumbuhan diproduksi dalam jumlah besar saat Anda hanya beristirahat dalam durasi pendek hingga sedang. Jumlahnya bisa bervariasi, tergantung berapa set yang Anda lakukan dan berapa berat bobot yang Anda gunakan. Namun ini bisa Anda jadikan pegangan: Durasi istirahat 60-90 detik di antara set sudah cukup memadai untuk memicu pertumbuhan otot.
#2 Pangkas Lemak
Ada dua pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi lemak tubuh saat Anda berlatih. Dan Anda harus melakukan keduanya. Metode pertama adalah membakar kalori sebanyak mungkin ketika berlatih. Dalam hal ini, pilihan idealnya adalah Anda harus melakukan latihan secara kontinyu dengan sedikit waktu istirahat di antara set. Misal dengan melakukan latihan sirkuit. Metode lainnya adalah melakukan gerakan-gerakan latihan yang tidak memiliki keterkaitan otot (misal squat dan row) untuk mempekerjakan seluruh otot di tubuh Anda, namun masih menyisakan ruang istirahat untuk membangun otot. Untuk latihan dalam bentuk sirkuit atau program pembakar kalori yang efektif, pastikan waktu istirahat di antara set adalah 30 detik atau kurang dari durasi tersebut. Sementara untuk set yang bergantian melatih anggota tubuh Anda, durasi istirahat bisa di angka 30-90 detik.
#3 Dongkrak Kekuatan
Waktu ada di pihak Anda saat melakukan latihan untuk kekuatan sejati. Baik otot atau pusat sistem syaraf butuh waktu untuk memulihkan diri setelah Anda mengangkat beban berat. Waktu istirahat yang kurang akan menghalangi Anda untuk mengangkat beban berat di set berikutnya dan mungkin memperlambat pemulihan untuk sesi latihan berikutnya. Nasehat kami: Jika Anda berlatih dengan beban yang sangat berat, istirahat 3-5 menit sebelum melanjutkan ke set berikutnya.
#4 Coba Ini!
Untuk membangun otot lebih banyak dan menyelesaikan latihan dalam waktu yang lebih singkat, coba memangkas durasi latihan 5-10 detik tiap minggu. Ingat, jangan tambah bobot beban yang Anda angkat. Sebagai contoh, jika Anda beristirahat 60 detik di antara set minggu ini, lakukan istirahat hanya 50-55 detik di minggu depan. Cara ini akan meningkatkan kondisi Anda secara signifikan.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts