6 Makanan yang Bisa Membantu Anda Menjaga Mood

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

SUASANA HATI Anda sedang tidak berada di tempatnya? Konsumsi enam makanan yang ada di artikel ini dan dapatkan suasana hati yang lebih positif dan menggairahkan.
# 1 KOPI
Kafein adalah obat psychoactive yang populer di dunia. Fungsinya meningkatkan metabolisme dan tingkat energi, yang akan membuat Anda selalu terjaga dengan mengganggu adenosine di otak yang menginduksi rasa kantuk. Kafein juga memanipulasi kanal yang sama di otak dengan berperan sebagai amphetamine, yang mengaktifkan pusat kenikmatan di otak.
#2 COKELAT
Cokelat adalah sumber anadamide, sebuah neurotransmitter yang menarget bagian yang sama di otak seperti halnya THC, bahan aktif di cannabis sativa. Namun cokelat mengandung anadamide lebih sedikit. Anda perlu mengonsumsi empat kilogram untuk memberikan dampak seperti halnya THC. Namun para peneliti meyakini, komponen kimia lainnya di cokelat menyebabkan anadamide bertahan di otak lebih lama, yang meningkatkan efek stimulan. Cokelat juga meningkatkan kadar endorphin, hormon pembangun kebahagiaan di otak.
#3 MAKAREL
Ikan seperti makarel adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang membantu Anda keluar dari kemurungan. Omega-3 meningkatkan kadar serotonin dan juga meningkatkan penerimaan otak terhadap neurotransmitter. Suplementasi omega-3 dalam dosis tinggi juga membantu pasien yang menderita depresi klinis.
#4 PRODUK SUSU
Tubuh Anda butuh asam amino yang disebut tryptophan untuk memroduksi serotonin, sebuah neurotransmitter yang membangun kegembiraan dan ketenangan. Anda bisa mendapatkan ini efek ini melalui Prozac. Obat bekerja dengan dengan menghemat serotonin di otak. Namun tryptophan mebantu tubuh Anda memroduksi sendiri. Produk susu merupakan sumber tryptophan yang baik. Tetapi Anda juga mendapatkannya dari daging unggas dan kacang-kacangan.
#5 DAGING KALKUN
Daging kalkun kaya kandungan phenylalanine, sebuah asam amino yang dikonversi di otak menjadi dopamine, sebuah komponen kimia yang meningkatkan suasana hati, motivasi, dan mencegah depresi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal psikiatri Jerman menunjukkan, phenylalanine sama efektifnya dengan obat-obatan antidepresi. Selain di daging kalkun, phenylalanine juga ditemukan di makanan-makanan yang kaya kandungan protein.
#6 HATI
Hati adalah salah satu sumber terbaik vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh untuk mengonversi phenylalanine dari protein yang Anda makan untuk mendongkrak dopamine dan meningkatkan adrenalin. Jika Anda tak mendapatkan cukup vitamin B6, Anda mungkin merasa sedih, dan bahkan mungkin stres. Jika Anda berpikir hati tidak bisa meningkatkan suasana hati Anda, dapatkan vitamin B6 dari nasi atau gandum.

More to explorer

6 Makanan Yang Mampu Mengurangi Depresi.

Seperti juga beberapa masalah kesehatan fisik yang bisa membaik dengan makanan tertentu, begitu juga dengan kesehatan mental kita. Beberapa makanan terbukti mampu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *