5 Strategi Tidur Nyenyak Tiap Malam

By:
Posted: March 29, 2019

ANDA BERLATIH KERAS dan telah menerapkan pola makan yang ideal. Jangan merusak fondasi yang Anda bangun tersebut dengan kebiasaan tidur yang buruk. Sekarang para atlet elit memahami jika mengabaikan kuantitas dan kualitas tidur bisa merugikan performa mereka, ujar W. Christopher Winter, M.D., presiden Charlottesville Neurology and Sleep Medicine dan seorang konsultan untuk sejumlah tim sepak bola, bola basket, dan bisbol. Berikut sejumlah tip yang dibeberkan Dr. Winter agar Anda bisa tidur nyenyak tiap malam.
#1 PANTAU TIDUR ANDA
Dr. Winter menasehatkan semua kliennya untuk mencoba sleep monitor, seperti Basis Peak. Perangkat ini bisa menganalisa kualitas tidur Anda dengan memeriksa detak jantung dan suhu permukaan kulit serta mencatat pergerakan tubuh Anda. "Perangkat seperti ini membantu saya memantau kualitas dan kuantitas tidur saya," ujar Dr. Winter.
#2 SIAPKAN SUGESTI
Anda tidak bisa mencoba tidur, Anda perlu mengalihkan pikiran. "Saya menggunakan teknik sugesti self-hypnotic di mana saya membayangkan menyelam ke kedalaman air yang gelap. Dalam sebuah penelitian terbaru dari Swiss para peneliti menemukan, orang yang mendengarkan hipnotis sugesti kata dan kalimat seperti rileks atau mari meningkatkan waktu tidur yang dalam hingga 81 persen," ungkap Dr. Winter.
#3 ASAM LEMAK OMEGA-3
"Seperti banyak orang, saya banyak berlatih di dalam ruangan saat cuaca di luar tidak mendukung. Akibatnya, terpaan sinar matahari terhadap tubuh berkurang, yang otomatis mengurangi kadar vitamin D, sebuah nutrisi yang sangat penting untuk tidur nyenyak. Untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, saya mengonsumsi ikan yang kaya kandungan asam lemak omega-3." Menurut penelitian di Norwegia, cara sederhana ini bisa meningkatkan kualitas tidur.
#4 BAWA PERLENGKAPAN TIDUR
Seperti halnya Anda tidak melupakan sikat gigi dan alat cukur ketika berpergian, Anda juga harus berpergian dengan membawa perlengkapan tidur yang higienis. "Saya selalu membawa sleeping mask, earplug, dan satu botol kecil minyak lavender. Di hotel manapun saya menginap, saya menjaga ruangan tetap tenang, gelap, dan bersahabat. Itu adalah alasan saya membawa minyak lavender. Saya biasa memercikkannya di bantal saat di rumah, jadi saya mengaitkan tempat penginapan dengan aroma rumah dan istirahat yang baik."
#5 HINDARI JEBAKAN TIDUR SIANG
"Saya tidur siang hanya jika melakukan sesuatu yang tidak biasa, misal mengatasi mata merah setelah penerbangan. Saya membatasinya hingga 30 menit saja. Karena jika tidur terlalu dalam, saya bisa terbangun dalam kondisi grogi atau geragapan. Jika merasa capek, saya hanya pergi tidur dua jam lebih awal, dan waktu bangun selalu konsisten. Di akhir pekan, saya tambahkan waktu tidur 60-90 menit lebih awal. Lebih lama dari itu justru mengacaukan struktur tidur saya."

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts