Ketegangan otot: apa, bagaimana, dan cara mengatasinya?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

OTOT YANG MENEGANG. Bagi GOFITers yang sudah malang melindang di ruang Gym pasti pernah mendengar istilah ini, “Latihan merusak otot. Otot-otot kemudian diperbaiki, menjadi lebih besar dan lebih kuat”. Namun, apakah ungakapn tersebut memang benar adanya?
Untuk membedah hal ini, kamu perlu memulai dari istilah “Muscle strain”. Ketegangan otot, atau otot tarikan, terjadi ketika otot terentang berlebihan atau terkoyak. Ini biasanya terjadi akibat kelelahan, penggunaan yang berlebihan, atau penggunaan otot yang tidak tepat. Ketegangan seperti ini dapat terjadi pada otot mana saja. Namun, umumnya terjadi di punggung, leher, bahu, dan hamstring, yang merupakan otot di belakang paha.
Ketegangan akan menyebabkan rasa sakit dan dapat membatasi gerakan. Ketegangan ringan hingga sedang dapat diobati dirumah dengan es, panas, dan obat antiinflamasi. Namun, ketegangan yang parah membutuhkan perawatan medis.

Gejala ketegangan otot

GOFITers bisa merasakan otot yang tegang dengan gejala-gejala:

  • Rasa sakit tiba-tiba
  • Rasa sakit
  • Rentang pergerakan terbatas
  • Memar atau perubahan warna
  • Pembengkakan
  • Perasaan “diikat”
  • Kejang otot
  • Kekakuan
  • Kelemahan

Pada ketegangan ringan, otot yang sobek terasa sedikit kaku, tetapi masih cukup fleksibel untuk digunakan. Ketegangan otot yang parah merupakan kondisi dimana otot sangat robek. Ini menghasilkan rasa sakit dan gerakan yang sangat terbatas.
Gejala-gejala dari ketegangan otot ringan sampai sedang biasanya hilang dalam beberapa minggu. namun, otot yang terkoyak parah membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk sembuh.

Penyebab ketegangan otot

Ketegangan otot akut terjadi ketika otot robek secara tiba-tiba dan tidak terduga. Kondisi ini bisa jadi disebabkan karena cedera atau trauma, selain itu bisa juga karena:

  • Tidak melakukan pemanasan dengan benar sebelum aktivitas fisik
  • Fleksibilitas yang buruk
  • Pengkondisian yang buruk
  • Kelelahan yang berlebihan

Meski sudah dipaparkan sedemikian rupa, masih saja ada kesalahpahaman bahwa hanya latihan keras dan latihan intensitas tinggi yang menyebabkan ketegangan otot. Menurut Johns Hopkins Medicine, ketegangan otot bahkan dapat terjadi akibat berjalan. Ketegangan akut bisa saja terjadi ketika:

  • Terpeleset atau kehilangan pijakan
  • Melompat
  • Menjalankan
  • Melempar sesuatu
  • Mengangkat sesuatu yang berat
  • Mengangkat sesuatu saat berada di posisi canggung

Strain otot akut juga lebih sering terjadi pada cuaca dingin. Ini karena otot cenderung menjadi kaku saat suhu rendah. Oleh sebab itu, penting melakukan pemanasan dalam kondisi ini untuk mencegah ketegangan.

Di samping itu, ketegangan otot kronis adalah hasil dari gerakan berulang. Ini bisa disebabkan pada:

  • Olahraga seperti dayung, tenis, golf, atau baseball
  • Memegang punggung atau leher dalam posisi yang canggung untuk waktu yang lama, seperti bekerja di meja
  • Postur yang buruk

Pertolongan pertama untuk ketegangan otot

Sebagian besar otot yang menegang dapat dirawat di rumah. Menurut Mayo Clinic, strain otot minor dapat diobati dengan istirahat, es, kompresi, dan peninggian (RICE), lebih jelasnya.
Beristirahat. Hindari menggunakan otot selama beberapa hari, terutama jika gerakan menjadi penyebab peningkatan rasa sakit. Di sisi lain, terlalu banyak istirahat dapat menyebabkan otot menjadi lemah. Ini bisa memperpanjang proses penyembuhan. Setelah dua hari, perlahan-lahan gunakan otot yang terkoyak, berhati-hatilah agar tidak berlebihan.
Es. Oleskan es segera setelah otot terluka. Ini akan meminimalisir pembengkakan. Jangan menaruh es langsung di kulit. Gunakan kompres es atau bungkus es dengan handuk. Jaga es pada otot selama sekitar 20 menit. Ulangi setiap jam pada hari pertama. Selama beberapa hari berikutnya, oleskan es setiap empat jam.
Kompres. Untuk mengurangi pembengkakan, balut area yang terkena dengan perban elastis hingga pembengkakan turun. Berhati-hatilah untuk tidak membalut area terlalu erat. Pembalutan yang terlalu kencang akan mengurangi sirulasi darah.
Ketinggian. Bisa dilakukan kapan saja. Caranya, pertahankan otot yang terluka terangkat di atas level jantung.
Selain beberapa metode di atas, GOFITers pun bisa melakukan perawatan medis dengan cara:

  • Menggunakan obat antiinflamasi yang dijual bebas, seperti ibuprofen (Advil). Ini akan membantu menjaga rasa sakit dan bengkak. Acetaminophen (Tylenol) juga dapat membantu mengatasi rasa sakit.
    Setelah tiga hari, bilas dengan air hangat ke otot beberapa kali sehari. Ini akan membantu membawa sirkulasi darah ke area untuk penyembuhan.
  • Jangan mengistirahatkan otot terlalu lama. Ini bisa menyebabkan kekakuan dan kelemahan. Lakukan peregangan ringan sesegera mungkin. Perlahan tingkatkan tingkat aktivitas.
  • Pastikan untuk melakukan peregangan dan pemanasan sebelum berolahraga ketika kembali ke aktivitas normal. Ini akan membantu darah mengalir ke otot dan mengurangi risiko cedera.
    Berusahalah untuk tetap bugar. Ketegangan tidak akan kamu alami bila otot kuat dan sehat.
  • Jika ketegangan otot terlanjur parah, perlu perhatian medis. Terapi fisik juga direkomendasikan.

More to explorer

6 Cara Taklukkan Tanjakan

SETIAP KAYUHAN PEDAL yang Anda lakukan ketika mengendarai sepeda di tanjakan memiliki satu elemen dasar: Kerja keras. Tetapi ada hal lain yang

Apakah stevia aman dikonsumsi?

Apakah stevia aman dikonsumsi?

APAKAH STEVIA AMAN DIKONSUMSI. Stevia adalah nama popular dari bahan makanan dari tanaman Stevia rebaudiana. Daun Stevia rebaudiana banyak digunakan oleh masyarakat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *