Seni dan ilmu pertumbuhan otot

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

PERTUMBUHAN OTOT. Jika kamu ingin mengetahui tentang proses pembentukan otot, artikel ini sangat pas buat GOFITers. Saya akan menjelaskan mengenai pembentukan otot melalui berbagai pelatihan yang didukung oleh sains.
Supaya otot tumbuh secara signifikan, maka kamu perlu “memaksa” tubuh. Setidaknya, kamu harus bersedia untuk “Berolahraga dengan beban. Tekankan tubuh. Makan cukup. Istirahat, pulihkan, dan ulangi.”
Meskipun ungkapan tersebut mudah untuk diucapkan, tetapi cukup riskan dilakukan. Supaya lebih gamblang, berikut ini penjelasan mengenai bagaimana hipertrofi otot (pertumbuhan otot) terjadi, cara melatihnya dengan benar, dan pendapat ilmiah terkait proses hipertrofi otot ini.

Hypertrophy otot merupakan seni dan sains

Jika memperhatikan setiap bodybuilder di sekitarmu, mereka memiliki sesuatu yang unik dan sudut pandang masing-masing tentang apa yang paling cocok untuk dirinya sendiri. Apa yang didapatkan hari ini pelatihan dan uji-coba berbagai metode selama bertahun-tahun.
Beberapa orang lebih menyukai gerakan tertentu karena berbagai alasan. Mungkin suatu gerakan membantu mereka mengembangkan bagian tubuh yang tertinggal, atau skema jangka panjang untuk memperoleh kemajuan setelah melakukan latihan yang cukup panjang. Meski memiliki ragam latihan yang berbeda, tetapi hasil akhirnya sama. Otot tumbuh dan memiliki kekuatan yang cukup besar.

Faktor-faktor yang sering menjadi pertimbangan latihan otot

Sering kali ketika menyukai gaya pelatihan tertentu, setiap orang pasti memiliki satu prinsip yang sama yaitu “Apa yang paling berhasil bagi dirinya”. Hal ini terimplementasi ke dalam beberapa faktor, meliputi:

  • Jadwal kerja
  • Seberapa sering berlatih atau pergi ke gym
  • Kemampuan pemulihan
  • Preferensi pelatihan
  • Faktor gaya hidup (pekerjaan, keluarga, perjalanan)
  • Tingkat stres

Terlepas dari faktor yang menentukan bagaimana dan kapan berlatih, hal-hal tersebut pasti menjadi bagian terpenting setiap orang yang berhasil membangun otot. Kesamaan lain antar-bodybuilder yaitu:

  • Berlatih dengan intensitas tinggi (menambah bobot pada bar, meningkatkan volume total, dan mendekati kegagalan ketika bberlatih).
  • Konsisten dan menjadikan latihan sebagai gaya hidup (pelatihan konsisten selama bertahun-tahun, tidak beberapa bulan di sana-sini).
  • Memvariasikan latihan dari waktu ke waktu untuk mendorong stimulus pertumbuhan otot baru dan menghindari adaptasi dan cedera.
  • Memiliki metodologi tertentu, yang berarti mereka memperhatikan skema rep, melacak kemajuan mereka, dan bertujuan meningkatkan berulang kali.

Membangun kekuatan dan menumbuhkan otot

Di internet di sini, ada banyak pendapat tentang apa yang lebih penting saat latihan. Entah itu menjadi kuat dan besar. Sayangnya, hal tersebut seringkali tidak terealisasi. Beberapa penelitian menunjukkan:

  • Ada korelasi yang lemah antara perubahan ukuran otot dan perubahan kekuatan otot.
  • Kekuatan otot akan terpelihara dengan baik, meski massa otot bekurang melalui detraining.
  • Pertumbuhan otot antara latihan resistensi beban rendah dan beban tinggi sama. Namun, berbeda dari sisi kekuatannya.

Gerakan atletik seperti berlari dan melompat adalah keterampilan yang harus dikembangkan dan dilatih secara konsisten. Di samping itu, kamu bisa mencoba latihan angkat barbel disertai gerakan tambahan, seperti squat, bench, atau deadlift. Selain itu, kamu pun membutuhkan fokus, belajar mengulang gerakan berkali-kali, dan membutuhkan teknik khusus untuk mengangkat lebih banyak beban dari waktu ke waktu. Apabila hal ini dilakukan, kamu pun akan melihat dirimu sama seperti atlet Olimpiade. Dimana dituntut berlatih setiap hari, melatih gerakan mereka 4-6 kali selama 7 hari, dan beberapa gerakan tambahan (seperti: jongkok, menarik, dan gerakan tambahan lain di setiap hari)

Nah, setelah melakukan dan memraktikkan beberapa pola latihan tersebut. Mana yang menurutmu akan berpeluang menumbuhkan otot lebih cepat?

More to explorer

6 Cara Taklukkan Tanjakan

SETIAP KAYUHAN PEDAL yang Anda lakukan ketika mengendarai sepeda di tanjakan memiliki satu elemen dasar: Kerja keras. Tetapi ada hal lain yang

Apakah stevia aman dikonsumsi?

Apakah stevia aman dikonsumsi?

APAKAH STEVIA AMAN DIKONSUMSI. Stevia adalah nama popular dari bahan makanan dari tanaman Stevia rebaudiana. Daun Stevia rebaudiana banyak digunakan oleh masyarakat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *