Manfaat Suplemen Nitrit Oksida Untuk Kekuatan

By:
Posted: March 27, 2019

NITRIC OXIDE. Nitric oxide adalah bahan pelengkap bodybuilder. Apakah prekursor nitrat oksida benar-benar meningkatkan kekuatan atau kinerja hipertrofi?
Apabila GOFITers pernah menggunakan suplemen yang terdiri dari 4 bahan makanan, maka kemungkinan kamu sudah mengenal nitrat oksida. Di awal 2000-an, sebagian besar perusahaan mengeluarkan suplemen yang menjanjikan "skin-splitting pumps" atau membentuk otot secra maksimal.

Nitric Oxide: Apa dan bagaimana cara kerjanya?


Nitric oxide (NO) adalah molekul pemberi sinyal yang memiliki peran penting pada tubuh manusia. ketika berolahraga, sebagian besar tidak pernah terpikir untuk memaksimalkannya.
NO dikenal sebagai vasodilator, yang berarti menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih rileks, sehingga meningkatkan aliran darah. Faktanya, cara ini yang menyebabkan NO mudah ditemukan di dalam tubuh.
Sebelum mengetahui kinerja NO ini, para ilmuwan masih kebingunan dengan apa yang menyebabkan vasodilatasi terjadi. Alhasil, kebanyakan dari para peneliti berasumsi bahwa vasodilatasi terjadi akibat " relaksasi turunan endothelium".
Setelah melakukan penelitian terus-menerus, sampailah mereka pada NO, molekul utama yang menyebabkan efek vasodilatasi. Penemuan ini pun serentak mengubah industri suplemen di dunia. Akiabtanya, sebagian besar suplemen pra-latihan pasti akan menyertakan NO booster. Harapannya, suplemen mampu meningkatkan "pompa" ketika aliran darah otot meningkat selama latihan.

Apakah Prekursor Nitrit Oksida benar-benar meningkatkan kekuatan?


Studi citrulline malate yang dipublikasikan pada tahun 1990-an menunjukkan bahwa NO mampu mengembalikan kekuatan pascalatihan beban yang cukup menguras tenaga. Latihan yang dilakukan di antaranya: 4 latihan dada dengan 16 set. Akibat dari latiahn seperti demikian pun bisa ditebak. Subjek kelelahan.
Lantas, subjek lain yang mengonsumsi citrulline malate satu jam sebelum pengujian akan memperoleh hasil yang signifikan setelah kelelahan benar-benar mulai menumpuk. Dan juga, subjek pun mampu menyelesaikan lebih banyak pengulangan sebelum kegagalan, atau pengulangan hingga kelelahan (RTF).
Replikasi adalah aspek kritis ilmu pengetahuan, dan upaya replikasi dilakukan dan diterbitkan beberapa tahun kemudian. Wax dan rekannya mempublikasikan penelitian yang menunjukkan pengulangan yang meningkatkan kelelahan pada tes latihan tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah.
Kedua studi menggunakan partisipan pria dan menyelesaikan protokol pengujian yang serupa, dimana beberapa set latihan multiple dinyatakan gagal. Replikasi pun akhirnya diterapkan pada peserta perempuan dengan menyelesaikan tes latihan tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah. Pada tahun 2016, literatur citrulline malate terlihat cukup jelas dan menjanjikan. Sayangnya hal tersebut tidak memberi kabar positif.
Empat studi menghasilkan temuan nol besar. Peneltian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa malat citrulline tidak secara signifikan meningkatkan kekuatan. Penemuan ini pun membuat optimisme terhadap potensi citrulline malate pupus.

Mekanisme peningkatan pada latihan


Selain penelitian terhadap malat citrulline, penelitian lainnya pun meneliti soal efek bit dan sumber nitrat lainnya pada latihan aerobik. Ketika melakukan aerobik, oksigen akan dikirim ke seluruh tubuh.
Terkait hal ini, Andrew Jones berusaha memecahkan "batasan" maraton dua jam. Untuk melakukannya, dia merinci perhitungan ketat bagaimana oksigen dapat diangkut, dimanfaatkan, dan diberdayakan selama maraton.
Dari aktivitas maraton ini ditemukan hal baru. Suplementasi nitrat meningkatkan aliran darah ke otot aktif dan meningkatkan efisiensi energi. Meski begitu, ada sedikit kontroversi mengenai efisiensi energi. Satu studi menunjukkan bahwa nitrat mengurangi ekspresi beberapa protein, adenine nucleotide translocase dan uncoupling protein 3, yang memungkinkan proton melakukan perjalanan dari ruang antar-mitokondria ke matriks mitokondria bagian dalam tanpa melalui ATP synthase. Dengan mengurangi ekspresi protein ini, mitokondria menghasilkan lebih banyak ATP untuk jumlah pengeluaran energi tertentu, sehingga menghasilkan peningkatan efisiensi dan konservasi energi.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts