Pola makan, aktivitas, dan kehidupan di kantor yang menyehatkan

By:
Posted: March 22, 2019

MAKAN, AKTIVITAS, DAN KEHIDUPAN. Bagaimana cara mendesain kantor yang lebih sehat? Seringkali jawabn terfokus pada soal program kesehatan saja. Sayangnya hal itu mempersempit upaya yang perlu dilakukan. Alasannya, pendekatan program kesehatan kantor akan berujung pada gaya hidup sehat setiap karyawan. Tentu, hal ini akan sangat kompleks dan akan sulit dikontrol oleh perusahaan.
Kenyataan yang perlu diterima saat ini, setiap kantor perlu mengembangkan pendekatan khusus soal kehidupan kantor yang sehat. Hal ini di masa depan akan mendukung program
budaya kesejahteraan dalam jangka panjang. Dorongan untuk beralih ke hidup yang sehat tidak hanya perlu dilakukan di awal program, melainkan sepanjang masa kerja karyawan tersebut di kantor.
Dampak posistif yang akan diterima kantor yaitu, dorongan hidup sehat akan mempertahankan performa perusahaan secara keseluruhan. Namun, hal ini tidak perlu diperumit. Cara sederhana menciptakan pola hidup sehat di kantor yaitu fokus pada makan, aktivitas, dan kehidupan yang secara langsung berhubungan dengan kehidupan setiap karyawan di tempat kerja. Tiga hal tersebut perlu mendapatkan sentuhan sehingga menghasilkan pola makan yang sehar, lebih banyak bergerak, dan menjalani kehidupan yang bahagia. Ketiganya akan memberi dampak posistif yang luas di kehidupan karyawan.

Pola makan sehat


Pilihan nutrisi positif dan kebiasaan makan yang sehat program kantor yang sehat tercapai lebih cepat. Di sisi lain, bagi karyawan makan makanan sehat di kantor itu sangat menggangu. Khususnya ketika jam makan siang datang. Mereka lebih cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat karena lapar mata. Selain itu, camilan saat bekerja pun tidak mudah untuk dikendalikan.
Mengingat nutrisi memiliki peran yang besar di tahap ini, maka setiap kantor perlu memberi kebebasan kepada setiap pekerja menentukan jenis makanan yang ingin mereka konsumsi. Tentunya, pilihan yang diberikan harus bernilai nutrisi yang seimbang. Akan lebih baik lagi bila jenis-jenis makanan tersebut bisa ditemukan di kulkas para pekerja agar pola konsumsi tersebut tidak hanya berlaku di kantor saja.

Aktivitas di kantor


Selain makanan, aktivitas di dalam kantor pun perlu diperhatikan. Dorongan untuk berolahraga di kantor itu amat sangat berat untuk dipertahankan dalam jangka waktu yang panjang. Alasan klise yang selalu muncul, para karyawan tidak banyak memiliki waktu luang untuk berolahraga. Bangun tidur, mereka mengurus rumah sedangkan di jam-jam siang hari mereka berada di kantor. Malam hari adalah waktu terbaik bagi mereka untuk merebahkan tubuh sehingga olahraga amat tidak mungkin untuk dijalankan.
Oleh sebab itu, aktivitas kantor yang menuntuk aktif bergerak ada pendekatan yang lebih efisien. Beberapa contoh aktivitas di kantor yang menyehatkan yaitu:

  • Peregangan sekali dalam satu jam

  • Naik tangga alih-alih lift

  • Parkir di bagian terjauh tempat parkir supaya setiap karyawan mau berjalan kaki


Beralih dari duduk ke bergerak akan dapat mengendalikan berat badan dan tekanan darah. Cara ini pun akan mengurangi resiko penyakit kronis.

Kehidupan sebagai peredam stressor


Banyak faktor yang berperan dalam kesehatan dan kesejahteraan. Tidak hanay berkutat pada makanan dan aktivitas, namun juga mengenai kebutuhan kedamaian dalam hidup. Tujuan "hidup" adalah mendorong setiap karyawan memperoleh kehidupan holistik yang sejahtera. Ini termasuk pengelolaan stres, kematangan finansial, pengendalian emosi, dan banyak elemen kehidupan sehari-hari lainnya (kesehatan mental, sosial, dan emosional).

Oleh sebab itu, pendekatan lain untuk menciptakan iklim yang sehat di dalam perusahaan harus mulai dikembangkan dari beberapa aspek-aspek tersebut. Konsistensi adalah syarat utama dan paling penting dalam hal ini. Kehidupan yang menyehatkan akan tercipta bila upaya terus dilakukan. Tidak berhenti di tengah jalan.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts