Menghitung kebutuhan kalori dan karbohidrat

By:
Posted: March 22, 2019

KALORI DAN KARBOHIDRAT. Saat GOFITers mencoba menurunkan berat badan, menghitung kalori dan karbohidrat adalah dua topik yang pasti dibahas. Penghitungan kalori melibatkan penerapan prinsip "kalori masuk, kalori keluar." Untuk menurunkan berat badan, kamu perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang dimakan.
Menurut Mayo Clinic, membakar 3.500 kalori lebih banyak dari yang didapat dapat sama dengan menghilangkan satu pound. Untuk menurunkan berat badan melalui perhitungan kalori, kamu perlu menetapkan target harian soal jumlah asupan kalori. Misalnya, dalam sehari mampu membakar 500 kalori. Artinya, selama seminggu ini kamu akan membakar sekitar 1 pon berat badan.

Perhitungan karbohidrat


Penghitungan karbohidrat adalah metode makan yang melibatkan penghitungan jumlah karbohidrat dari makanan pokok dan camilan. Karbohidrat, seperti makanan bertepung, bergula, dan halus, dapat menjadi sumber lemak dan kalori satt diet. Pemilihan konsumsi karbohidrat rendah idealnya akan mempercepat proses penurunan berat badan.
Sama seperti menghitung kalori, perhitungan karbohidrat tergantung pada target harian. Misalnya, konsumsi 45 gram karbohidrat per tiga kali sehari dan 30 gram karbohidrat per dua camilan sehari. Setiap metode penurunan berat badan memiliki pro dan kontra sendiri. Satu metode, bisa jadi lebih menarik dibanding metode yang lainnya.

Membaca label kandungan karbohidrat dan kalori


Untuk memastikan bahwa suatu makanan memiliki kandungan kalori dan karbohidrat tertentu, maka GOFITers perlu membaca label makanan. Saat menggunakan pendekatan penghitungan kalori, kamu perlu menyimak jumlah kalori per sajian. Pada label makanan, umumnya akan ada 3 daftar karbohidrat yang terkandung di dalamnya, yaitu:
Karbohidrat total berarti jumlah total karbohidrat yang ada dalam makanan.
Serat makanan adalah jumlah makanan yang mengandung serat makanan. Serat dapat membantu proses pencernaan makanan dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, cenderung mengandung serat lebih tinggi.
Gula adalah monosakarida dan disakarida (jenis karbohidrat terkecil dan paling sederhana) yang ditemukan secara alami atau ditambahkan ke makanan dan minuman. Sementara beberapa makanan seperti buah-buahan memiliki gula alami, sedangkan makanan kemasan mempunyai kandungan gula yang ditambahkan di dalamnya. Kelebihan gula artinya akan ada peningkatan jumlah kalori, gula darah, dan kalori "kosong" yang tidak membuatmu merasa kenyang. Makanan dengan kandungan seperti ini selayaknya dihindari.

Kontrol porsi makanan berkarbohidrat dan berkalori


Saat menghitung kalori, tidak mudah untuk menentukan asupan kalori hanya dengan mengamati atau mengingat. Meski sudah menerapkan kontrol makanan dengan membaca kandungan per porsi makanan, jumlah kalori di dalam makanan belum tentu bisa dikteahui pasti.
Kontrol porsi adalah bagian dari cara penurunan berat badan. Alasannya, seringkali kamu tidak mendapati label makanan yang berisi detail besaran kandungan kalori dan karbohidrat makanan. Diet dengan menghitung karbohidrat akan memudahkanmu dalam memilih makanan mana yang akan dikonsumsi. Misalnya, beberapa makanan berikut ini memiliki kandungan 15 gram karbohidrat:

  • Satu potong roti

  • Sepotong kecil buah, seperti apel atau jeruk

  • 1/2 cangkir buah kaleng atau segar

  • 1/2 cangkir sayuran bertepung, seperti jagung yang dimasak, kacang polong, lima kacang, atau kentang tumbuk

  • 1/3 cangkir pasta

  • 1/3 gelas nasi

  • 3/4 cangkir sereal kering


Beberapa makanan, seperti sayuran non-tepung (seperti selada atau bayam) memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu menghitungnya.
Kebutuhan nutrisi tubuhmu kemungkinan akan sangat tergantung dengan tinggi badan, berat badan, dan olahraga harian. Sebagai kepastian, biasakan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menetapkan asupan kalori dan karbohidrat yang ideal bagi tubuh.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts