5 Cara Bebas dari Gangguan Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

HARI-HARI selalu berada di bawah ancaman bahaya, mulai dari smartphone yang berdering ketika sedang mengemudikan kendaraan hingga gambar porno kiriman teman yang terbuka secara tidak sengaja di depan bos Anda. Semua itu, kami yakin, Anda sudah sangat memahami bahayanya. Tapi bagaimana dengan lima hal berikut ini?
PAGI (07.00 WIB)
Langsung sikat gigi setelah sarapan
Menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung asam terutama buah dan jus dapat melemahkan enamel, ujar Mark Wolff, D.D.D., Ph.D., dari NYU College of Dentistry. Hal ini bisa menyebabkan gigi menguning atau retak dan rapuh.
Sebaiknya: Berkumur dan tunggu
Berkumurlah dengan air dan tunggu 40 menit agar kalsium di ludah Anda mengembalikan mineral di daerah yang lemah. Kemudian baru sikat gigi.
MENJELANG SIANG (08.30 WIB)
Berkendara dengan jendela terbuka
Polusi udara di jalan raya dapat 10 kali lipat lebih banyak daripada di kompleks rumah Anda, ujar Scott Fruin, D.Env., seorang peneliti kesehatan lingkungan dari USC. Asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan sakit kepala, kanker, dan penyakit jantung.
Sebaiknya: Resirkulasi
Tutup jendela dan tekan tombl recirc di AC mobil Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengurangi paparan terhadap partikel polusi hingga empat kali lipat, ungkap salah satu penelitian dr Fruin.
SIANG HARI (13.00 WIB)
Memanaskan makanan di microwave dengan wadah plastik
Wadah Anda berlabel bebas BPA? Itu memang bagus, tapi tidak sempurna. Phthalates (bahan tambahan di plastik untuk meningkatkan kualitas) dapat melumer masuk ke makanan, sehingga bisa merusak sperma dan hormon Anda, ujar Germaine Buck Louis, Pd.D., seorang direktur di National Institutes of Health.
Sebaiknya: Gunakan wadah beling
Pindahkan makanan ke wadah beling sebelum memanaskannya di microwave atau kompor, kemudian simpan di termos stainless-steel untuk menjaganya tetap panas.
MALAM HARI (19:30 WIB)
Menyetir setelah pesta
Orang yang memiliki konsentrasi alkohol dalam darah (BAC) sebesar 0,01 persen jauh di bawah 0,08 yang diizinkan oleh hukum, 46 persen lebih mungkin mengalami kecelakaan dibandingkan dengan orang yang tidak mabuk, ujar Aaron White, Ph.D., dari National Institue on Alcohol Abuse and Alcoholism.
Sebaiknya: Isi perut dengan makanan!
Kurangi BAC Anda hingga 30 persen dengan makan sebelum mengonsumsi minuman beralkohol, ujar Aaron.
SEBELUM TIDUR (22.30 WIB)
Mengecek e-mail sebelum tidur
Seorang manajer yang memakai smartphone mereka untuk bekerja setelah pukul 21:00, akan bangun dengan perasaan tidak tenang, ujar penelitian dari University of Florida. Dan banyak penelitian di Singapura menunjukkan, kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan Anda meninggal akibat stroke.
Sebaiknya: Matikan semuanya
Jauhkan smartphone dari kamar tidur Anda, dan matikan notifikasi e-mail setelah pukul 21:00. Jika ada sesuatu yang penting, seseorang pasti akan memilih menelepon Anda, bukan mengirim e-mail.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *