6 Rahasia Performa Pesepeda Profesional

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

TOTAL DURASI ANDA bersepeda tiap minggu mungkin tidak mencapai 20 jam seperti para pesepeda profesional. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa memperoleh manfaat latihan yang diterapkan para pesepeda profesional khususnya kebiasaan yang mereka terapkan saat tidak berada di atas sadel. Coba tip-tip ini, dan Anda bisa menjadi pesepeda yang lebih baik dari sebelumnya.
#1 SIMPAN ENERGI UNTUK FINISH
Ketimbang menggeber interval 15-20 menit di sesi latihan bersepeda Anda setelah melakukan pemanasan, simpan energi Anda untuk finish. Ini akan membuat Anda mendapatkan manfaat mental dan fisik, ujar Rob Pickels, manajer tim BCS Elite Devo di Boulder Junior Cycling . Melakukan upaya keras ketika hanya hanya merasakan sedikit lelah akan meningkatkan ketangguhan mental Anda. Sangat mudah untuk mengendarai sepeda dengan baik saat Anda masih dalam kondisi segar. Tapi mencapai kemenangan kerap dibutuhkan ketika Anda sedang tidak menginginkannya terjadi. Mampu menuntaskan dan menyelesaikan pekerjaan saat alarm di tubuh meledak adalah kemampuan yang sangat berharga, ujarnya.
Ini juga membuat Anda lebih efisien, ujar Pickels. Melakukan upaya berintensitas tinggi dalam kondisi glikogen sudah menipis, seperti di akhir sesi latihan, akan membantu membangun mitochondria. Sehingga serat kedut cepat yang Anda gunakan saat mengeluarkan tenaga secara maksimal menjadi lebih oksidatif membakar lebih banyak lemak dan lebih sedikit menggunakan glikogen. Menjadikan tubuh Anda sebagai pembakar lemak yang efektif di intensitas tinggi sama dengan peningkatan performa di olahraga ketahanan seperti bersepeda.
#2 USIR LAPAR SEBELUM TIDUR
Pesepeda profesional yang baik tidak akan pergi tidur dalam kondisi masih menyimpan rasa lapar, ujar Allen Lim, PhD, yang menjalankan Skratch Labs di Boulder, Colorado. Tetapi bukan berarti ini mengizinkan Anda makan secara berlebihan sebelum pergi tidur. Tidur dalam keadaan perut terisi akan membantu Anda memelihara berat badan, ujar Lim, yang menekankan hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pesepeda profesional. Ketika Anda tidur dalam kondisi sangat lapar, Anda mungkin akan kehilang berat badan 0,5-1 kilogram tiap minggu. Pastikan pergi tidur dengan hanya menyisakan sedikit rasa lapar saja.
#3 JAGA KECEPATAN
Pesepeda profesional menggunakan sebagian besar waktunya ketika di jalanan dengan melajukan sepedanya dalam kecepatan yang stabil untuk membangun dan memelihara fondasi ketahanan yang kuat. Ini akan memaksimalkan pembakaran lemak dan pengembangan pembuluh darah kapiler, ujarIigo San Milln, PhD, direktur Exercise Physiology and Human Performance Laboratory di Boulder, Colorado. Sebagian besar upaya Anda mengayuh pedal sepeda sebaiknya berada di Zona 2, atau di intensitas yang memungkinkan Anda melakukan percakapan di angka 5-6 dari skala 1-10, ujarnya. Intensitas ini tidak pelan atau mudah, tapi stabil, berkecepatan sedang dari awal hingga akhir. Jadi, meski hal ini mungkin terasa mudah saat Anda mulainya, ketika sesi berakhir Anda akan merasa seperti telah melakukan beberapa pekerjaan berat sekaligus.
#4 CIPTAKAN MANTRA SUKSES
Banyak pesepeda rekreasional mengizinkan diri mereka mengumpat mengarahkan latihan dan performa mereka, kata Kristin Keim, PsyD, seorang konsultan performa dan anggota Olympic Committee Sport Psychology Registry Amerika Serikat. Mungkin kaki Anda terasa berat saat melakukan pemanasan untuk lomba bergengsi. Itu bukan sebuah akhir. Hal itu tidak berarti Anda sedang menghadapi hari buruk. Itu hanya sensasi saja, ujarnya.Tangani sensasi apapun yang Anda rasakan syaraf, paha yang berat saat dibuat mengayuh pedal, detak jantung tinggi, atau apapun bentuknya itu dengan memahaminya dan memilih cerita d sekitarnya, saran Keim. Katakan, oke, kaki saya terasa berat, tetapi banyak sepeda memiliki performa yang luar biasa meskipun tifdak memiliki kaki yang baik. Jadi saya pasti bisa melakukannya. Perasaan yang Anda alami bisa hilang dalam 15 detik dan Anda akan mendapatkan lomba terbaik dalam hidup Anda.
#5 AMBIL WAKTU ISTIRAHAT
Sebagian besar pesepeda profesional, pada suatu titik, bisa mengambil waktu istirahat total, ujar Pickels. Tidak bersepeda selama satu bulan, misalnya, adalah hal yang lumrah. Hal itu dilakukan mereka untuk melepaskan diri dari semua tekanan latihan yang mereka terima selama berbulan-bulan dalam setahun. Bagi pesepeda rekreasional, tekanan yang diakibatkan oleh latihan mungkin lebih rendah (meski untuk beberapa yang lainnya mungkin tidak). Namun kita tetap harus mempertimbangkan masalah kehidupan lainnya di luar bersepeda, keuangan, dan yang lainnya.
Adalah hal yang menyenangkan memberikan kesempatan tubuh Anda untuk beristirahat. Periode pemulihan ini membuat tubuh mengendalikan stres lebih baik di waktu-waktu berikutnya. Bahkan ketika kita tidak mengambil periode istirahat, beban latihan perlu dikurangi untuk mengakomodasi pemulihan secara maksimal. Untuk mengambil tiga langkah ke depan, Anda perlu mengambil satu langkah ke belakang, ujarnya.
#6 BELAJAR MEMASAK
Anda tidak bisa memasok tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan serta memelihara otot yang bekerja sangat keras jika mengandalkan makanan hasis pemrosesan industri. Makan atau jajan di luar rumah bukanlah langkah yang ideal karena Anda tidak tahu kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Pesepeda profesional biasanya belajar memasak dengan bahan-bahan segar, ujar Lim. Ketika seorang pesepeda meluangkan waktu untuk memasak sendiri, biasanya performa lebih baik karena membangun kebiasaan dan pola makan yang baik.

More to explorer

Efek squat setiap hari

Efek squat setiap hari

Latihan ini dimulai dengan squat 5 kali seminggu, mulai dari 50 hingga 200-300 pengulangan per hari. Latihan ini sudah banyak dilakukan oleh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *