Latihan pernapasan supaya mood bekerja jadi lebih baik

By:
Posted: March 18, 2019

PERNAPASAN UNTUK MOOD BEKERJA. Latihan irama dan kualitas napas akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Bernapas merupakan aktivitas yang kita lakukan setiap hari. Sayangnya, seringkali dilakukan secara tidak benar. Akibatnya, tubuh pun merespon situasi negatif secara tidak tepat. Inilah yang membuat fisik GOFITers mengalami gejala-gejala tak nyaman dan bahkan tidak jarang memicu berbagai gangguan fisiologis. Migrain, nyeri punggung, dan kelelahan kronis.
adalah beberapa dampak yang sering dialami.
Umumnya, orang bernafas pendek (setengah nafas yang tidak lebih dalam dari dada). Sedikit yang tahu bahwa perlu pula menerapkan metode pernafasan diafragma. Sebagai informasi, pernafasan diafragma merupakan cara sederhana untuk menghilangkan stres, menurunkan detak jantung dan tekanan darah, dan membiarkan diri sendiri melakukan revitalisasi.
Di bidang pekerjaan, pernapasan diafragma bermanfaat meningkatkan efektivitas kinerja. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa ketika otot-otot pernapasan kelelahan, maka otot-otot di bagian tubuh lainnya pun sama. Untungnya, memperkuat otot paru-paru sangat mudah dengan beberapa kali menarik nafas dalam-dalam. Nah, berikut ini penjelasan mengenai metode pernapasan supaya mood bekerja jadi lebih baik:

Bernapas dalam dan dangkal


Metode pernapasan ini memaksimalkan oksigen dan membuka paru-paru. Otot dan jaringan yang padat di sekitar tulang rusuk tidak banyak mendapat latihan aerobik dan memang tidak dianjurkan. Solusinya, GOFITers bisa mencoba melakukan latihan pernapasan untuk merelaksasikannya.

  • Tata cara melakukan metode bernafas dalam dan dangkal dengan:

  • Duduk di kursi atau berbaring di atas tikar.

  • Letakkan satu tangan di dada dan tarik napas panjang ke tangan.

  • Letakkan tangan yang sama di pangkal perut dan tarik napas panjang.

  • Fokus pada bagian perut, lalu dorong tangan ke atas, sementara dada tetap diam.


Ulangi selama 6 hingga 8 napas, lalu gabungkan napas dada dan perut menjadi satu. Bayangkan GOFITers sedang menuangkan air ke dalam sumur. Di sini, GOFITers akan mengisi mulai dari bagian bawah diafragma hingga bagian atas dada.

Redam stres


Manfaat latihan ini untuk memperlambat detak jantung. Akibatnya, GOFITers mampu mengatasi situasi stres yang memicu kecemasan. Teknik ini seringkali dipakai untuk membuat tenang psikologis saat menghadapi situasi menegangkan. Dampak paling terasa selepas memraktikan kondisi ini yaitu pikiran terasa lebih tenang, memperlambat detak jantung, dan membuatmu rileks. Tata melakukan teknik ini dengan...

  • Ambil napas besar dan lambat.

  • Tahan selama tiga detik, lalu, letakkan gigi depan atas di bibir bawah, lepaskan napas pasif. Buang napas setidaknya dua kali lebih lama dari yang dihirup. Selepas membuang napas, diam sejenak, lalu ulangi.


Mengatasi ketegangan


Teknik ini amat baik untuk menyalurkan energi sepenuhnya. Ketika tegang, GOFITers akan menggunakan energi lebih banyak dari yang dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu, GOFITers akan mampu mengatasi situasi seperti demikian. Sayangnya, itu berjalan cukup lama. Padahal, situasi yang menegangkan dampak berdampak pada migrain, nyeri punggung, dan kelelahan kronis. Adapun panduan untuk melakukan teknik ini yaitu

  • Berbaring di lantai dan kombinasikan dua latihan di atas.

  • Tutup mata

  • Setiap napas fokus untuk merilekskan bagian tubuh, mulai dari kaki hingga dahi.


Seluruh teknik tersebut amat baik bila dipraktikkan secara rutin di setiap hari. Namun, hal itu bukan yang mudah. Oleh sebab itu, ada baiknya GOFITers melatihnya secara pelan. Cobalah untuk konsisten memakainya ketika menghadapi situasi-situasi yang "mendesak". Rutinas akan menciptakan kebiasaan. Kebiasaan ini akan membuat seluruh teknik terpakai tanpa terkecuali ketika situasi "negatif" ada di hadapan GOFITers.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts