Bagaimana Mencegah dan Merawat Cedera Saat Trail Running

By:
Posted: March 18, 2019

KRAM ATAU CEDERA karena gerakan yang berulang adalah hal yang sering dihadapi oleh pelari jalan raya atau trail runner. Namun, kata Keith Williams, M.D., seorang Wilderness EMT, trail runner menghadapi sejumlah bahaya tertentu yang lebih susah kendalikan, apalagi mereka lebih susah menerima bantuan saat berada berada di lintasan ketimbang pelari jalan raya.
Berikut adalah hal yang harus diwaspadai trail runner dan apa yang bisa dilakukan untuk menangani cedera ringan sehingga melanjutkan berlari dan menikmati lintasan trail running yang indah.
#1 Luka Gores dan Sayat
Cara Mencegah: Mencegah abrasi, luka goresm dan engkel terkilir butuh perhatian butuh perhatian khusus dan memaksa Anda harus fokus, terutama saat berada dalam kondisi lelah, ujar Williams. Ketika berada dalam kondisi lelah, secara emosional, mental, dan fisik, Anda butuh konsentrasi lebih tinggi ketimbang saat berlari di jalan raya.
Cara Merawat: Untuk menghindari infeksi, bersihkan luka terbuka dengan sabur dan air secepat mungkin saat memungkinkan. Jika tidak ada sabun, bersihkan luka dengan air minum Anda. Jika luka tersebut sangat kotor, gunakan povidone iodine 1%.
Bersihkan luka semaksimal mungkin. Tiap kotoran yang belum Anda bersihkan bisa menyebabkan infeksi. Pastikan luka itu sudah dibersihkan dan kemudian ditutup. Sebagian luka memang bisa menunggu dibersihkan kemudian. Namun semakin lama Anda menunggu untuk membersihkannya, makin besar peluang Anda mengalami infeksi.
Williams mengatakan, ketika dirinya berlari, ia selalu membawa perlengkapan pertolongan pertama yang memadai untuk merawat luka gores atau sayatan. Jika saya berada lebih dari satu jam dari mobil yang diparkir, saya akan menanganinya di lintasan. Jika saya berada lebih dekat, saya akan merawatnya di mobil.
#2 Hypothermia atau Frostbite
Cara Mencegah: Paparan terhadap tubuh Anda meningkat saat berada di lintasan trail running. Ini membuat trail runner lebih mudah mengalami hypothermia atau frostbite. Pahami jika hidung, jari-jari tangan, telapak tangan, telapak kaki, dan organ vital pria lebih mudah mengalami frostbite. Saat kaki Anda terasa sangat dingin, kondisi ini akan memengaruhi kecepatan Anda bergerak, ujar William. Memperlambat kecepatan hanya akan meningkatkan risiko Anda mengalami hypothermia.
Persiapkan Diri: Gunakan pakaian yang memadai. Pikirkan tentang kondisi ekstrim yang akan Anda hadapi. Mungkin Anda perlu menggunakan lapisan kaos kaki tambahan atau sarung tangan yang tebal.
#3 Engkel Terkilir
Cara Mencegah: Selalu fokus di lintasan yang Anda dan langkah-langkah kaki akan terbantu untuk meminimalkan risiko kaki terkilir. Selalu berhati-hati, terutama saat mulai merasa lelah.
Cara Merawat: Jika engkel kaki terkilir di lintasan trail running yang panjang, balut cedera untuk memberikan dukungan sementara. Williams menyarankan agar Anda membawah athletic tape dan membalut engkel dengan pola J-shaped.
Membalut engkel membantu menyokong dan menstabilkan area yang cedera. Dan ini akan membantu Anda bergerak menuju titik di mana Anda bisa mendapatkan bantuan. Cedera seperti ini biasanya berlanjut pada pembengkakan dalam periode 24 jam. Jadi Anda harus memeriksa sesekali untuk memastikan apakah pembalutan yang dilakukan mengganggu sirkulasi darah.
#4 Kram
Cara Mencegah: Kram biasanya disebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, Meski kram kerap menimpa pelari jalan raya dan trail runner, mereka yang mengayunkan kaki di lintasan trail running (yang biasanya terpencil) lebih susah mendapatkan bantuan.
Persiapkan Diri: Menentukan kebutuhan hidrasi Anda memang membutuhkan waktu, namun pastikan saya untuk selalu memenuhi keseimbangan cairan dengan elektrolit atau makanan yang asin.
#5 Cedera Akibat Gerakan Berulang
Cara Mencegah: Jangan meningkatkan jarak tempuh terlalu cepat. Dan jika Anda memiliki cedera akibat gerakan berulang seperti tendinitis, pertimbangkan untuk mengujinya di jalan raya, bukan di lintasan trail running yang terpencil.
Persiapkan Diri: Di jalan raya, Anda bisa memanggil atau menghubungi seseorang untuk meminta bantuan. Tetapi hal ini tidak berlaku di lintasan trail running yang terpencill. Buat pilihan yang baik sebelum Anda berlari di lintasan trail running, ujar Williams.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts