Resiko dan manfaat air dingin pada program penurunan berat badan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

AIR DINGIN. Kondisi tubuh yang terhidrasi memiliki manfaat secarra mental. The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine merekomendasikan agar pria berusia 19 tahun ke atas mengonsumsi 3,7 liter air per hari (15,5 gelas) dan wanita 19 tahun ke atas mengonsumsi 2,7 liter setiap hari (11,5 gelas).
Namun, bagaimana dengan air dingin? Apakah manfaatnya sama seperti air bersuhu normal umumnya? Orang awam percaya bahwa konsumsi air dingin berdampak buruk bagi kesehatan. Apakah benar seperti demikian?

Prakata: air dingin menurut orang awam

Air dingin amat berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Keyakinan ini bukan tanpa dasar. Menurut beberapa orang, air dingin membuat perut sakit akibatnya lambung mengalami kesulitan mencerna makanan.
Selain itu, suhu tubuh pun menjadi kendalan. Konsumsi air dingin membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu normal 98,6 ° F (37 ° C) jika Anda minum air yang mendekati suhu es, atau kurang dari 36 ° F (4 ° C). Namun, seluruh asumsi ilmiah tersebut belum terbukti secara medis. Hanya pandangan medis dari pemerhati kesehatan.

Fakta medis: dampak negatif air dingin

Konsumsi air dingin memiliki pengaruh yang tidak terbayangkan bagi GOFITers. Satu penelitian di 1978, yang melibatkan 15 orang, menemukan bahwa minum air dingin membuat lendir hidung lebih tebal dan lebih sulit untuk melewati saluran pernapasan.
Sebagai pembanding, peneliti menemukan bahwa sup ayam dan air panas membantu orang lebih mudah bernapas. Jika kamu sedang mengobati pilek atau flu, minum air dingin akan mengakibatkan flu semakin parah. Hidung akan tersumbat lebih buruk dari sebelumnya.
Dampak negatif minuman dingin tidak hanya itu. Pada tahun 2001, konsumsi air dingin mengakibatkan migrain pada beberapa orang. Kondisi ini terkait dengan akalasia, suatu kondisi dimana sistem pencernaan kesulitan untuk mendorong makan masuk melalui kerongkongan.
Tidak hanya dari sisi medis, minuman dingin pun mendapat cap negatif dari tradisi Tiongkok kuno. Pada pengobatan Tiongkok kuno, kombinasi antara air dingin dengan makanan panas akan menciptakan ketidakseimbangan. Di budaya Tiongkok, setiap makanan dan minuman cenderung disajikan dalam kondisi hangat. Itu pun masih didampingin oleh the hangat.

Minuman dingin program penurunan berat badan

Jarang yang tahu bahwa minuman dingin memiliki manfaat nyata pada program penurunan berat badan. Dimulai dari sesi latihan di ruang Gym. Konsumsi minum air dingin selama latihan dapat membantu menjaga tubuh dari kepanasan. Dampaknya, sesi latihan lebih sukses. Kondisi ini karena air dingin membuat tubuh lebih mudah mempertahankan suhu inti yang lebih rendah.
Meski bersuhu di bawah normal (dingin), air putih terbukti memberi tubuh lebih banyak energi sepanjang hari. Bahkan, air dingin dapat dijadikan sebagai pengganti minuman manis yang baik bagi pencernaan. Manfaatnya, berat badan akan tetap sehat sepanjang waktu.
Belum banyak yang tahu, air dingin dapat membantu GOFITers membakar beberapa kalori berlebih pada tubuh. Air dingin akan bekerja untuk memangkas kalori saat makanan dicerna oleh tubuh. Meski begitu, amat tidak sarankan mengonsumsi air dingin berlebihan. Meski punya andil pada program penurunan berat badan, ada baiknya pola konsumsinya pun perlu dijaga.
Di balik pro-kontranya, air dingin mampu memberi manfaat secara diam-diam. Ketika beberapa orang menghindari minum air saat sedang pilek atau flu, atau karena kondisi kronis pada pencernaan, beberapa orang lainnya memakai sebagai pendukung program penurunan berat badan. Inti dari artikel ini, buat tubuh agar selalu terhidrasi. Berapapun suhunya, air tetap bermanfaat bagi kita semua.

More to explorer

Latihan kebugaran di jam kerja

Latihan kebugaran di jam kerja

KEBUGARAN DI KANTOR. Selama seminggu, sebuah penelitian menguji 12 latihan untuk melihat mana yang bisa dipraktikkan di ruang kerja dan saat pekerjaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *