Program menurunkan berat badan dengan mengatur waktu makan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

WAKTU MAKAN DAN PROGRAM PENURUNAN BERAT BADAN. Apa yang kamu makan akan berpengaruh terhadap lingkar pinggang dan kesehatan secara keseluruhan. Di sisi lain, makanan pun bisa menjadi senjata bagi GOFITers yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Hormon, siklus tubuh, dan metabolisme

Waktu adalah segalanya. Ketika waktunya makan, segerakan melakukan itu. Jangan pernah menunda jadwal makan karena itu akan berpengaruh buruk pada kesehatan. Bila sedang menjalani program penurunan berat badan, maka ada beberapa hal yang perlu GOFITers atur, selain makan, yaitu siklus tidur dan hormon manusia.
Bila dijelaskan secara detail, sistem fisiologis itu sangat rumit. Siklus tidur dan makan bersifat hormonal dan ada pula pengaruh budaya. Siklus tidur-bangun, hormon, dan proses metabolisme saling terkait. Ketiganya berperan untuk membantu tubuh berfungsi secara optimal sekaligus menjaga kesehatan.

Makan di pagi hari

Tubuh akan menerima asupan nutrisi yang baik di pagi hari, dibanding di malam hari. Oleh sebab itu, pola makan di pagi hari bisa dikatakan lebih efektif dibanding waktu makan di malam hari. Pengaturan pola makan di pagi hari memiliki manfaat yang cukup kompleks, dimana secara tidak langsung akan memberi dampak positif pada program penurunan berat badan, pengaturan hormon, kadar gula darah dan kolesterol, pola tidur dan peningkatan metabolisme lainnya.
DI dalam sebuah studi, diketahui bahwa mereka yang membiasakan saran di pagi hari mengalami penurunan berat badan 2 kali lebih cepat dibanding mereka yang terbiasa makan di malam hari. Di akhir studi (studi ini dilakukan selama 12 minggu) menunjukkan bahwa peserta yang gemar makan di malam hari mengalami peningkatan kadar trigliserida dan kadar kolesterol.
Kadar insulin pada mereka yang sarapan di pagi pun membaik. Berdasarkan kondisi demikian, peneliti berhipotesa aktivitas sarapan akan meminimalisir risiko masalah kesehatan, seperti diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit jantung.
Penelitian tambahan dapat mendukung temuan ini. Satu studi kecil melihat peserta yang diberi makan identik satu minggu terpisah dengan satu-satunya perbedaan adalah waktu makan (satu di pagi hari dan satu di malam hari). Sekali lagi, para pemakan pagi keluar dengan peningkatan kadar glukosa darah dan sedikit peningkatan tingkat metabolisme.

Sarapan dan pola tidur

Kebiasaan sarapan nyatanya akan berpengaruh positif pada pola tidur. Bagi mereka yang terbiasa sarapan akan lebih mudah tertidur serta memiliki waktu tidur yang lebih lama. Kondisi tidur yang teratur dan sehat seperti demikian akan menciptakan perasaan bahagia, sehat, dan tenang, dengan kata lain kesejahteraan diri akan menjadi lebih baik.
Kesejahteraan yang lebih baik akan menciptakan kondisi pisikologis yang sehat. Keadaan ini tentu amat baik untuk kelangsungan hidup. Ketika psikologismu sehat, maka stresor tidak akan mudah menumbangkanmu. Hormon kebahagiaan akan terus diproduksi tubuh sehingga perasaan cemas, was-was, bahkan khawatir pun akan berkurang intensitasnya.

Penundaan makanan

Makan memang harus teratur, tetapi tidak ada salahnya menunda beberapa menit. Penundaan waktu makan sangat menjanjikan pada program penurunan berat badan. Pada studi yang dilakukan 10 minggu terhadap peserta yang diperintahkan untuk menunda sarapan selama 90 menit dan makan malam 90 menit sebelumnya, kehilangan rata-rata dua kali lebih lemak tubuh.
Berdasarkan beberapa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, mungkinkah hal-hal tersebut dilakukan oleh mereka yang bekerja 8-9 jam perhari? Jawabannya bisa, tetapi membutuhkan waktu pembiasaan amat panjang. Ditambah pula bagi mereka yang sudah berkeluarga. Kondisi tersebut bisa jadi akan menyulitkan agar terbiasa saran, melakukan penundaan makanan, hingga memporel waktu tidur yang maksimal.

More to explorer

Latihan kebugaran di jam kerja

Latihan kebugaran di jam kerja

KEBUGARAN DI KANTOR. Selama seminggu, sebuah penelitian menguji 12 latihan untuk melihat mana yang bisa dipraktikkan di ruang kerja dan saat pekerjaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *