Latihan Kekuatan Bantu Anda Meningkatkan Usia Harapan Hidup

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

ANDA PASTI PAHAM, olahraga atau aktivitas fisik baik untuk kesehatan Anda. Menempatkan latihan lari jarak jauh di rutinitas aktivitas fisik keseharian Anda tidak hanya meningkatkan suasana hati dan mendongkrak energi, tetapi juga menurunkan risiko gangguan kesehatan seperti penyakit jantung atau stroke. Tetapi jika hanya aktivitas kardio yang Anda lakukan, ini mungkin saat yang tepat untuk melakukan beberapa perubahan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology menemukan, latihan kekuatan (strength training) sama pentingnya jika tidak dikatakan lebih baik dengan latihan aerobik, dan bisa memperpanjang usia Anda.
Para peneliti dari University of Sydney mempelajari keterkaitan antara latihan kekuatan (menggunakan mesin latihan di gym atau berat badan sebagai beban) dan tingkat kematian dengan berbagai penyebab (kanker, penyakit jantung, dan sebagainya) dengan menggunakan data dari Health Survey for England dan survei dari Scottish Health antara 1994 hingga 2008. Secara total, lebih dari 8.300 orang dewasa disurvei.
Mereka menemukan, risiko kematian dini dari berbagai penyebab menurun 23 persen, dan risiko kematian akibat kanker merosot 31 persen.Penelitian menunjukkan, aktivitas fisik yang memromosikan kekuatan sama pentingnya dengan aktivitas aerobik seperti berlari atau bersepeda untuk menjaga kesehatan, ujar Emmanuel Stamatakis dari School of Public Health and the Charles Perkins Center dalam sebuah siaran pers.
Merujuk panduan aktivitas fisik dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa berusia 18-64 seharusnya melakukan 150 menit aktivitas aerobik dan dua sesi latihan kekuatan tiap minggu.
Rekomendasi saat ini yang disampaikan baru sebatas lakukan aktivitas fisik. Namun penelitian menekankan, memperluas jenis aktivitas fisik yang dilakukan akan membangun kesehatan dan kesejahteraan dalam jangka panjang, ujar Stamatakis.
Seperti dilaporkan sebelumnya, latihan kekuatan meningkatkan metabolisme, membakar banyak kalori, mendongkrak mobilitas persendian, dan mengurangi risiko cedera.
Jadi… sekarang Anda bisa mulai menambahkan pushup, situp, plank, squat, dan yang lainnya dalam rutinitas aktivitas fisik yang lainnya. Ini akan memberi manfaat pada sesi lari jarak jauh Anda, sekaligus memperpanjang usia Anda.

More to explorer

Sempurnakan Postur Berlari Anda

AKSI PELARI-PELARI elit di lomba lari marathon selalu menarik perhatian. Mayoritas berlari dengan anggun dan efisien. Postur dan gerakan tubuh mereka, termasuk

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *