Benarkah meditasi bermanfaat bagi kesehatan?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

MANFAAT MEDITASI BAGI KESEHATAN. Meditasi bisa dibilang sebagai obat segala gangguan, mulai dari stres, amarah yang memuncak, atau beban pekerjaan yang membuatmu merasa cema. Kali ini, GOFITers akan belajar bagaimana menetralisir dinamikan-dinamika di dalam dirimu tersebut:

Sisi lain meditasi

Kamu tidak akan menyangkan bahwa meditasi yang terlalu “sepaneng” justru membuatmu stres. Saking semangat ingin merasakan nikmatnya meditasi, kamu mengunduh Headspace, Digipill, dan Calm. Bahkan, tidak jarang ada yang selalu hadir di seminar meditasi.
Sayangnya, hal tersebut tidak mampu membuat dorongan di dalam dirimu berhenti. Ketika GODITers keluar dari seminar atau melupakan aplikas-aplikasi meditasi tersebut, pikiran akan tetap melayang. Ini adalah gangguan yang sebenarnya. Harapan, mimpi, atau hal-hal yang ingin dilakukan.
Pikiran yang melayang-melayang seperti ini tidak akan membuat dirimu tumbuh. Oleh sebab itu, kamu harus mulai belajar untuk fokus. Hal ini dimaksudkan supaya kamu memperoleh manfaat dari aktivitas meditasi, yaitu: ketenangan, kejernihan mental yang meningkat, dan jiwa yang welas asih.

Buka diri untuk mulai bermeditasi

Meditasi berasal dari tradisi Buddha. Namun, dunia barat ternyata pernah mengembangkan praktik yang hampir serupa dengan meditasi. Berdasarkan sejarah akedik di Amerika, Jon Kabat-Zinn tercata sebagai pendisi ‘pengurangan stres berbasis kesadaran’. Praktik ini ditujukan untukmerawat pasien sakit kronis di University of Massachusetts Medical School pada tahun 1979.
Mindfulness di abad ke-21 ini pun tumbuh lebih baik dari sebelumnya. Orang pun mengenal cara ini ampuh untuk memperbaiki kondisi yang sedang stres, kecemasan, marah hingga depresi. Seperti apapun gaya hidup GOFITers, mindfulness atau meditasi akan bermanfaat bagimu. Satu-satunya hal yang tidak akan berubah dari meditasi di masa depan yaitu manfaat positif bagi semua orang.

Studi bukti manfaat meditasi

Penelitian oleh Universitas Oxford pada 2014 menemukan bahwa meditasi dapat mengurangi depresi hingga 44 persen. Akibat fakta yang seperti demikian, Institut Nasional untuk Kesehatan dan Perawatan Unggulan (NICE) sangat merekomendasikan terapi semacam ini untuk mengatasi kondisi depresi.
Di lain sisi, 30 persen dokter menganjurkan setiap pasien yang terdiaknosa masalah kesehatan mental, maka perawatan berbasis meditasi (fokus akan kesadaran diri) merupakan pilihan yang tepat. Tidak hanya dunia kedokteran yang sudah mengakui manfaat dari metode meditasi ini, klaim positif oleh mereka yang sedang stres membuat berbagai perusahaan swasta tertarik mengadopsinya ke dalam perusahaan. Sebut saja seperti: Google, Apple, Sony, Ikea dan Departemen Kesehatan. Tidak sampai di situ, manajemen emosi berbasis kesadaran (meditasi) mulai diimplementasikan kepada narapidana. Lebih luas lagi, muncul berbagai pelatihan mindfulness di sekolah.

Latihan meditasi dasar

Manfaat dan perkembangan meditasi sangat pesat. Dimulai dari sendiri hingga merambah ke perusahaan dan institusi formal. Oleh sebab itu, ada baiknya GOFITers mulai mencoba mempraktikkan beberapa jenis meditasi, di antaranya:
Relaksasi otot: Ini adalah teknik di mana kamu fokus pada ketegangan dan kemudian merilekskan otot-otot sekaligus. Mulailah dengan menegangkan dan mengendurkan otot-otot di jari-jari kaki. Secara perlahan naik ke leher dan kepala, regangkan otot setidaknya selama lima detik, lalu relaks selama 30 detik.
Latihan pernapasan dalam: Stres dan kecemasan menyebabkan sesak napas, yang pada gilirannya menyebabkan lebih banyak perasaan tertekanan. Ada banyak teknik pernapasan yang bisa dicoba untuk mengatasi ini, seperti ‘pernapasan warna’ dan ‘pernapasan yoga’. Tetapi yang paling sering digunakan yaitu latihan tarikan nafas sederhana, caranya: tarik napas dalam lima hitungan, lalu keluarkan pada hitungan lima, rasakan perut (bukan dada) mengembang saat bernapas, sampai merasa lebih tenang dan lebih santai.
Kenikmatan terdalam: Jika GOFITers berhasil menemukan sesuatu yang benar-benar asyik, maka kamu akan “tersesat” di dalamnya. Ini adalah efek dari meditasi yang seharusnya dirasakan dalam setiap pelatihan mindfulness. Orang-orang mendapatkan pengalaman yang hampir meditatif – rasa fokus dan tenang – dari berenang, melukis atau berjalan di pedesaan.

More to explorer

Latihan kebugaran di jam kerja

Latihan kebugaran di jam kerja

KEBUGARAN DI KANTOR. Selama seminggu, sebuah penelitian menguji 12 latihan untuk melihat mana yang bisa dipraktikkan di ruang kerja dan saat pekerjaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *