BCA Super League Triathlon: Pertama hadir di Indonesia – Ajang Pertarungan Ketat Triathlete Dunia dengan Format Lomba yang Unik

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JAKARTA, 13 MARET 2019 – Akhir pekan depan akan berlangsung BCA Super League Triathlon Bali 2019. Bagian paling seru dari seri kejuaraan ini adalah persaingan yang dipertontonkan di kategori Championship League. Di kategori ini, 50 atlet-atlet – pria dan wanita – olahraga ketahanan terbaik bersaing untuk memperebutkan tempat terbaik.
Bisa disebut jika Super League Triathlon adalah kasta tertinggi bagi para triathlon profesional. Seri kejuaraan ini tidak hanya diikuti oleh triathlete yang akrab dengan gelar juara dunia, bahkan Olimpiade, namun dirancang pula untuk membuat olahraga multisport ini memiliki jangkauan yang lebih luas, bergengsi, dan menciptakan persaingan yang kompetitif. Dan semua ini juga didukung jaringan televisi dan distribusi konten yang besar. Dan bagi pemenangnya, tersedia hadiah yang sangat besar.
Perhelatan seri Championship League ini dilakukan di sejumlah negara, yang biasanya mengambil lokasi di tempat dengan pemandangan indah – seperti BCA Super League Triathlon Bali 2019 yang akan berlangsung di Ayodya Resort Bali, Nusa Dua, Bali pada 23-24 Maret 2019. Di setiap serinya – yang disebut “Round” – akan mencari triathlete terbaik berdasarkan performa mereka melalui format lomba yang unik. Hasil yang dicapai dalam lomba akan menentukan poin yang diperoleh masing-masing triathlete. Di akhir musim kompetisi, poin-poin tersebut akan diakumulasikan untuk menentukan juara dunia Super League Triathlon.


Keseruan di kategori Championship League dibangun melalui format yang berbeda, atau bisa dibilang unik, ketimbang lomba triathlon pada umumnya. “Format lomba ini dirancang agar setiap triathlete profesional yang berkompetisi di Championship League selalu mempertontonkan performa terbaik mereka. Ini membuat Super League Triathlon tidak hanya menyajikan kejuaraan yang berkualitas, namun juga memberikan pertunjukan olahraga yang seru dan menghibur,” ujar Chris McCormack, Co-Founder dan Vice Chairman of Super League Triathlon.
Chris McCormack adalah juara dunia IRONMAN dua kali dan akrab disapa “Macca”. Macca menjelaskan sejumlah aturan yang ada dalam format lomba untuk kategori Championship League yang akan membuat persaingan antar triathlete berlangsung sangat kompetitif, yaitu:
#1 – TIE BREAKER – Jika ada yang memiliki poin sama di klasemen, triathlete dengan poin yang lebih bagus di pertandingan musim terakhirvakan berada di atas triathlete pesaingnya (yang memiliki poin sama). Sebagai contoh, triathlete A dan B – keduanya memiliki total poin yang sama di “Round” terakhir dalam sebuah musim kejuaraan. Namun di pertandingan terakhir triathlete A finish di ranking enam, dan triathlete B finish di ranking 9. Maka peringkat triathlete A akan berada di atas triathlete B.
#2 – 90 SECOND RULE – Semua partisipan di Championship League harus selalu waspada dengan 90 second rule (aturan 90 detik) yang akan memaksa selalu tampil maksimal sepanjang waktu. Di tiap “Stage” pada “Round” yang berlangsung, setiap triathlete yang berada 90 detik atau lebih di belakang akan dieliminasi. Waktu tepat dan posisi eliminasi ini sangat bervariasi untuk tiap “Round”, tergantung pada rancangan lintasan lomba.
#3 – SHORT SHUTE – Ini adalah sebuah keuntungan yang diperoleh (setara dengan bonus detik lebih cepat). Namun untuk mendapatkannya, seorang triathlete harus melakukan upaya fisik yang lebih keras dalam sebuah lomba. Pilihan untuk mendapatkan Short Shute pendek adalah keputusan taktis triathlete.
“Namun perlu diingat, Super League Triathlon tidak hanya diperuntukkan bagi triathlete profesional.
Para pencinta olahraga dari segala usia dan latar belakang juga mendapatkan tempat,” tambah Macca. Pada hari pertama BCA Super League Triathlon Bali 2019 akan menghadirkan lomba lari dengan tiga pilihan kategori jarak, mulai dari 2,5K, 5K, dan 10K. Lomba lari ini bisa diikuti oleh peserta dari semua latar belakang olahraga dan tingkat pengalaman.
Acara hari kedua dipersembahkan untuk ‘Kelompok Usia – Enduro & Sprint’. Enduro menawarkan pengalaman triathlon dengan rute berenang – sepeda – lari – berenang – sepeda –lari (lari 250 meter –sepeda 10K- lari 2,5K). Sementara untuk kategori Sprint dengan rute yang sama, memiliki jarak yang lebih jauh yaitu berenang 500 meter- sepeda 20K – lari 5K.
Kemasan acara ini memang dikemas beda dengan lomba-lomba lari atau triathlon lainnya. Selain olahraga, para peserta juga dimanjakan dengan berbagai acara menarik seperti pertunjukan dari band-band lokal, pertunjukan musik, stan makanan dan minuman.
Super League Triathlon sendiri mulai digelar pada 2017. Dengan format baru yang unik dan berbeda dengan dengan lomba triathlon pada umumnya, para pencinta olahraga pendatang baru dan berpengalaman dapat berbaur dalam serangkaian acara yang menghasilkan berbagai pencapaian dari para triathlete terbaik di dunia.
Untuk registrasi sihlakan kunjungi: https://superleaguetriathlon.com/participate/

 

Foto: Courtesy Super League Triathlon – Darren Wheeler (www.thatcamerman.com) dan Tom Shaw (Super League Triathlon)

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *