6 Makanan yang Wajib Anda Konsumsi

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

SAAT MENYINGGUNG soal diet, Anda sering berhadapan dengan aturan tidak boleh makan itu atau tidak boleh memasak itu. Ini bisa jadi sangat melelahkan, atau katakanlah menggusarkan, saat berusaha mematuhi larangan-larang tersebut. Mengapa? Karena pola pikir seperti itu sangat susah untuk diterima, dan bahkan mungkin dipahami. Selain itu, Anda bisa kehilangan berbagai nutrisi penting jika tidak aktif mencoba wakanan yang bervariasi di tiap hidangan yang Anda konsumsi. Ketimbang sibuk memasukkan daftar makanan ke dokumen blacklist, lebih baik Anda memperhatikan daftar makanan berikut yang wajib ada di keseharian.
#1 BERI-BERIAN
Tidak jarang Anda terlalu fokus untuk memasok tubuh dengan sayur mayur, protein, dan karbohidrat kompleks. Akibatnya, buah-buahan seperti beri-berian luput dari perhatian Anda. Padahal beri-berian membantu Anda menjaga keseimbangan diet. Buaha-buahan mungil ini merupakan sumber antioksidan yang potensial, yang membantu tubuh memerangi radikal bebas, memperlambat proses penuaan, dan mengurangi risiko kanker. Tiap satu porsi saji, beri-berian mengandung sekitar 4-8 gram serat, yang membantu mengenyangkan perut Anda.
#2 SEREAL KAYA SERAT
Konsumsi serat yang memadai akan membantu memelihara kesehatan tubuh Anda, khususnya jika Anda ingin memelihara atau menurunkan berat badan. Sereal kaya serat akan mengenyangkan perut Anda dan menjaga sistem pencernaan bekerja dengan lancar. Sereal gandum, yang kaya kandungan serat dan dicerna dengan perlahan oleh sistem pencernaan, menjaga stabilitas kadar gula darah untuk energi berkesinambungan. Selain itu, makanan ini juga dilengkapi vitamin B, antioksidan, dan sejumlah mineral seperti zat besi, zinch, copper, dan magnesium.
#3 PISANG
Pisang adalah makanan yang harus ada di daftar wajib Anda. Buah ini bisa disebut makanan serbaguna. Anda bisa menjadikannya salah satu bahan smoothie atau memasukkan 1-2 buah ke gym bag untuk cemilan ketika berlatih. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung lebih dari 400 miligram potasium. Penelitian menunjukkan, makanan yang kaya kandungan potasium bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke.
#4 KELUARGA KUBIS
Sayuran adalah berada di peringkat teratas jika urusannya adalah mengenyangkan. Selain rendah kalori, sayuran juga kaya serat serta mangdung sejumlah nutrisi penting. Penelelitian menunjukkan, sayuran dari keluarga kubis seperti kembang kol, brokoli, kubis, kale, dan bok choy bisa melindungi Anda dari ancaman kanker dengan mengurangi oxidative stress dan merangsang enzim-enzim di tubuh untu memerangi karsinogen. Studi lain menunjukkan, mereka yang mengonsumsi 5-6 porsi sayuran jenis ini tiap minggu, peluangnya mengidap kanker kandung kemih lebih kecil hingga 50 persen.
# 5 SAUS TOMAT
Bagi pria, saus tomat adalah hal yang wajib masuk dalam daftar makanan untuk program diet mereka. Merujuk sebuah studi di Harvard, pria yang mengonsumsi saus tomat 2-4 kali tiap minggu, menurunkan risiko kanker prostat hingga 35 persen. Anda bisa menikmati dengan pasta gandum, pizza yang terbuat dari gandum, sayuran kukus, atau telur rebus.
#6 PROTEIN RENDAH LEMAK
Di sini Anda bisa memuaskan diri sebagai karnivora. Sumber protein yang rendah lemak membantu Anda meningkatkan metabolisme dan merangsang tubuh untuk membakar lemak lebih banyak. Dada ayam, daging kalkun, dan sapi menawarkan protein pembangun otot tanpa menyodorkan terlalu banyak lemak jenuh.

More to explorer

Latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih

Manfaat kombucha

Manfaat kombucha

Kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba, yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *