3 Makanan yang Bisa Menyiksa Persendian Anda

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

KETIKA PERSENDIAN KAKU dan membengkak, rasa nyeri bisa muncul dalam berbagai hal yang Anda lakukan mulai dari mengam bolpoin di meja hingga saat Anda berjalan ke dapur dari ruang tamu untuk mengambil cemilan. Dan pastinya, ini akan membuat Anda merasa merana dan sengsara. Jika Anda belum pernah merasakannya, Anda bisa bertanya pada mereka yang pernah mengalaminya. Jawaban mereka pasti sama: Tidak menyenangkan dan sangat menyiksa.
Meski belum ada hal pasti yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan rasa nyeri di persendian selamanya, penelitian menunjukkan jika makanan-makanan tertentu yang memiliki manfaat antiinflamasi seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan berlemak bisa membantu Anda. Dan sebagian lainnya, sebaliknya, bisa menyakiti Anda.
#1 TOMAT
Meski tomat sering digolongkan sebagai makanan yang memberikan manfaat antiinflamasi, mereka yang mengidap tipe penyakit yang disebut gout mungkin mengetahui jika buah berwarna merah ini memicu rasa nyeri pada persendian. Dan menurut penelitian, hal ini memang benar terjadi. Para peneliti yang melakukan survei terhadap 2.051 yang mengidap gout menyebutkan, 20 persen di antara mereka melaporkan tomat memicu rasa nyeri di persendian. Mereka kemudian menganalisa data dari 12.720 yang tidak mengalami gout dan menemukan, mengonsumsi tomat meningkatkan kadar uric acid yang ditemukan dalam darah. Kadar uric acid adalah penyebab mendasar gout. Tidak siap meninggalkan tomat sebagai salah satu kudapan Anda? Para peneliti Anda tidak pelu meninggalkannya. Hanya saja pangkas porsi yang Anda konsumsi dan pastikan menenggak obat penurun kadar uric acid secara rutin.
#2 MINYAK JAGUNG, BIJI MATAHARI, KEDELAI, DAN BIJI KAPAS
Anda mungkin pernah mendengar tentang manfaat asam lemak omega-3 molekul yang membuat salmon dan walnut bagus buat kesehatan Anda. Tapi pernahkah Anda mendengar tentang asam lemak omega-6? Anda mungkin telah mengonsumsinya terlalu banyak. Sejak ditemukannya asam lemak omega-6 di minyak kedelai, bahan ini telah digunakan di hampir setiap makanan kemasan yang Anda ambil dari rak-rak di toko swalayan. Pola makan pada sebagian besar masyarakat menempatkan tingkat konsumsi asam lemak omega-6 bisa mencapai 25 kali lipat lebih banyak dari penggunaan asam lemak omega-3. Rasio yang tidak imbang ini bisa mngganggu persendian Anda. Penelitian menunjukkan, rasio konsumsi asam lemak omega-6 dan omega-3 yang lebih besar dari 10 banding 1 bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti asma, penyakit kardiovaskular, dan inflamasi. Peneliti menekankan, siapa saja yang mengidap rheumatoid arthritis sebaiknya memiliki rasio konsumsi asam lemak omega-6 dan omega-3 di angka 2 banding 1 atau maksimal 3 banding 1. Asam lemak omega-6 biasanya ditemukan di makanan yang digoreng, margarin, kuning telur dan daging.
#3 MINUMAN BERSODA
Meski namanya minuman bersoda kategori diet, mereka juga mempunyai sisi negatif. Selain itu, minuman yang manis ini juga tidak baik bagi kesehatan. Merujuk American Journal of Clinical Nutrition, di samping meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung, konsumsi gula juga memicu pelepasan pembawa pesan inflamasi yang disebut cytokines. Ketika para peneliti menganalisa data dari dua studi besar yang berlangsung selama 30 tahun, mereka menemukan keterkaitan antara tingkat konsumsi soda dan risiko arthritis. Wanita yang menenggak satu porsi soda atau lebih tiap hari, memiliki risiko mengalami arthritis 63 persen lebih besar ketimbang mereka yang tidak minum sama sekali.

More to explorer

Manfaat Suplemen Nitrit Oksida Untuk Kekuatan

Manfaat Suplemen Nitrit Oksida Untuk Kekuatan

NITRIC OXIDE. Nitric oxide adalah bahan pelengkap bodybuilder. Apakah prekursor nitrat oksida benar-benar meningkatkan kekuatan atau kinerja hipertrofi? Apabila GOFITers pernah menggunakan

Cara menentukan kalori pada tubuh yang tepat

Cara menentukan kalori pada tubuh yang tepat

KALORI TUBUH. Apabile belum pernah mendengar istilah pemeliharaan kalori, berikut definisi sederhananya: jumlah total kalori yang diperlukan setiap hari untuk mempertahankan berat

Asupan karbohidrat bagi pesepeda

Asupan karbohidrat bagi pesepeda

KARBOHIDRAT PESEPEDA. Karbohidrat bagi peseda bermanfaat untuk mengatur diet: mengurangi lemak, menambah otot, dan bahkan hanya untuk mempertahankan berat badan. Namun, bagaimana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *