Cara membangun program latihan kebugaran yang rutin dan konsisten

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

LATIHAN KEBUGARAN. Program latihan kebugaran didasarkan pada kebutuhan biologis, usia, tujuan, pola makan, waktu luang seseorang, dll. Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang ketika ia memutuskan untuk membangun rutinitas latihan kebugaran.
Karena penentuan program kebugaran ini sangat personal, cobalah memperhatikan beberapa hal berikut saat kamu memutuskan untuk menjalani rutinitas latihan kebugaran, yaitu:

Sesuaikan dengan situasi dan kondisi

Anggap GOFITers adalah Bodybuilder pemula. Mampu melakukan latihan satu jam sehari, itu luar biasa. Give applause for yourself!!
Apabila kamu telah istri atau suami, tiga anak, seekor anjing, dua pekerjaan, dan tidak memiliki ART, kemungkinan kamu hanya punya waktu 30 menit, dua kali seminggu.

Kondisi tersebut sah-sah saja.

Bagaimanapun komitmen waktu yang GOFITers miliki, mengembangkan program latihan yang sifatnya personal dan efisien itu sangat penting. Ungkapan sederhananya seperti ini: “Mengapa menghabiskan dua jam di gym ketika Anda bisa mendapatkan sebanyak yang dicapai dalam 30 menit, kan?”
Bukan lagi rahasia, latihan beban merupakan latihan kebugaran paling untuk membakar lemak dan lebih efisiensi saat dilakukan.

Pilih lokasi latihan

Di mana GOFITers akan melakukan latihan? Di gym? Di rumah? Di Taman? Atau ada lokasi favorit lainnya yang menurutmu nyaman untuk berlatih?
Penentuan lokasi latihan perlu mempertimbangkan kondisimu. Sama seperti di bab sebelumnya, lokasi berlatih seringkali bersifat personal. Bisa jadi, kamu lebih nyaman berlatih di gym dibanding di rumah. Atau bisa jadi, taman merupakan lokasi yang nyaman dan mendukung konsentrasimu saat berlatih.
Dimananpun lokasinya, pilih dan sesuaikan dengan dirimu.
Setelah menentukan di mana Anda ingin melatih, dan berapa banyak waktu yang dimiliki, GOFITers dapat mulai menggunakan peralatan kebugaran.

Personalisasi program latihan

Cobalah menginternalisasi motto “Sederhana itu memudahkan!”
Latihan terbaik merupakan latihan yang benar-benar dilakukan. Sayangnya, banyak orang membuat program latihan yang terlalu rumit. Ditambah lagi, mereka menciptakan target trilyun otot yang amat tidak mungkin direalisasikan oleh pemula.
Cara seperti ini sangat melelahkan, tidak perlu, tidak efisien, dan menakutkan. Oleh sebab itu, sederhanakan!
Sebagai catatan, apabila kamu sudah terbiasa berlatih kekuatan selama bertahun-tahun dan tahu apa yang perlu dilakukan, kami sarankan untuk memilih rutinitas yang dilakukan 2-3 kali seminggu.
Apabila kamu merupakan pemula, cobalah melakukan satu latihan berikut secara rutin:

  • Quads (depan kaki).
  • Pantat dan paha belakang (belakang kaki).
  • Dada, bahu, dan trisep: (“dorong” otot).
  • Punggung, bisep, dan cengkeraman (otot “tarikan”).
  • Inti (perut dan punggung bawah).

Gerakan majemuk di atas akan menargetkan pembentukan oto secara bersamaan dalam satu kali program latihan. Kamu bisa membangun rutinitas untuk seluruh tubuh dengan menggunakan empat atau lima latihan.

Slot latihan

“Set” atau bisa disebut “Slot” merupakan serangkaian pengulangan latihan yang dilakukan tanpa henti. Sebagai contoh, jika GOFITers melakukan drop-down disertai 10 push-up sekarang, itu artinya kamu sedang melakukan 1 SET dari 10 REPETISI (atau REPS) push-up.
Perlu digaris-bawahi, jangan terlalu memikirkan ini. Jangan menakuti diri sendiri dengan kata “wajib” melakukan 4 set atau 5 set. Pilih satu, catat bagaimana melakukannya, dan merasakan perkembangan akibat gerakan-gerakan tersebut.
Intinya, cobalah melakukan semua latihan secara totalitas. Gabungkan semua latihan. Pastikan 1 program latihan di kisaran set 15-25 (total 5 latihan, masing-masing dengan 4 “set kerja” adalah awal yang baik).
Ingat, bagian terpenting adalah memula. Kamu perlu memahami bagaimana tubuh merespons setiap gerakan dan seberapa cepat beradaptasipascamelakukannya. Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri. Yang kamu butuhkan saat ini adalah rutinitas dan efektivitas.

More to explorer

Latihan kebugaran di jam kerja

Latihan kebugaran di jam kerja

KEBUGARAN DI KANTOR. Selama seminggu, sebuah penelitian menguji 12 latihan untuk melihat mana yang bisa dipraktikkan di ruang kerja dan saat pekerjaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *