Workout hack: bagimana membentuk otot cepat dan sesuai ekspektasi

By:
Posted: March 7, 2019

MEMBENTUK OTOT. Bentuk otot tidak melulu soal latihan di ruang Gym. Bisa jadi, kebugaran tubuh menjadi modal paling penting. Waktu, kesempatan, dan kemampuan adalah 3 modal paling dibutuhkan. Dan, kebugaran menjadi bagian terpenting dari kemampuan.
Supaya seluruh aktivitas GOFITers tetap lancar dan memperoleh bentuk otot sesuai ekspektasi, berikut pemaparan kombinasi teknik, dan makanan pelengkap pasca-latihan yang tepat, Anda dapat memaksimalkan latihan untuk membentuk otot. Berikut adalah tips penting yang perlu Anda ketahui.

Berolahraga di waktu yang tepat


Pemilihan waktu berolahraga akan membuat perbedaan mencolok. Menurut Dr. Stuart McGill, seorang ahli sakit punggung, Olah raga di pagi sebaiknya dihindari. Alasannya, sendi di antara tulang belakang terisi cairan sehingga rentan terhadap cedera.

Dahulukan beban dibanding membakar lemak


Menurut Dumb Little Man (trainer, atlit, dan bodybuilder), biasakan melakukan latihan beban terlebih dahulu. Cara ini akan membuta detak jantung meningkat secara perlahan. Selanjutnya, GOFITers bisa melakukan latihan beban. Latihan jenis ini berguna untuk membakar lemak. Apabila kamu melakukan latihan dengan urutan sebaliknya, maka otot-otot sudah lelah ketika mulai melakukan latihan beban.

Pola makan berkalori


Pertahankan energi. Berikan lebih banyak bahan bakar bagi tubuhmu. Kamu perlu mengonsumsi makanan kecil setiap tiga jam atau lebih sebagai bahan bakar untuk membangun otot.
Pastikan GOFITers mengonsumsi makan yang tinggi protein. Idealnya, jumlah protein dalam gram setara dengan berat badan dalam pound. Contohnya, seorang pria dengan berat 150 pon akan berusaha mengonsumsi 150 g protein per hari.

Camilan pascalatihan


Menurut Nancy Clark, M.S., R.D., ahli gizi olahraga senior di Healthworks Fitness Center di Chestnut Hill, Massachusetts, camilan tinggi protein wajib dikonsumsi 15 menit setelah menyelesaikan rutinitas olahraga. Pola konsumsi seperti demikian akan mengoptimalkan penyembuhan cedera otot kecil yang terjadi saat berolahraga. Cedera kecil yang dimaksud lumrah terjadi saat latihan.
Men's Health punya pendapat lain soal camilan pascalatihan. Ada baiknya konsumsi protein perlu diimbangi dengan karbohidrat juga. Sering orang berpendapat bahwa karbohidrat akan memperlambat penurunan berat badan. Pendapat itu memang benar. Namun, karbohidrat plus protein membantumu untuk membangun otot.
Perlu dicata juga, konsumsi protein dan karbohidrat sesaat sebelum dan sesudah berolahraga secara tidak langsung akan mempercepat pembakaran lemak. Alasannya, otot adalah jaringan yang aktif secara metabolik sehingga akan membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang waktu.

Pemanasan itu penting


Peregangan mencegah ketegangan otot, memompa darah, dan dapat membantu menurunkan kolesterol bila menjadi bagian dari yoga. Tahap pemanasan akan membantu otot untuk meluruskan kembali diri sendiri setelah latihan intensif.

Proses pembentukan otot


Ketika GOFITers mengisolasi otot-otot tertentu dengan fokus pada satu bagian tubuh, ada baiknya lakukan pula gerakan majemuk untuk menargetkan beberapa kelompok otot sekaligus. Latihan gabungan cocok dilakukan oleh para Bodybuilder pemula yang bermanfaat untuk mengencangkan bagian tubuh tertentu.
Mark McManus memiliki pendapat berbeda. Menurutnya, rangsangan pertumbuhan otot pada bagian tertentu akan melemah apabila melakukan gerakan majemuk. Intinya, kamu tidak benar-benar merangsang pertumbuhan otot yang kamu maksudkan.

Tambah bobot bertahap


Tingkat beban angkat pada setiap latihan sebesar 5 persen setiap minggu. Jika menekan 100 pound minggu ini, misalnya, maka minggu depan GOFITers perlu mencoba menaikkannya menjadi 105 pound. Peningkatan bertahap ini akan menghasilkan bentuk otot terbaik tanpa membuat tubuh lelah.
Pastikan setiap latihan sesuai tujuan. Percepat pertumbuhan otot dengan mengonsumsi makanan pendamping secara teratur.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts