6 Kumpulan pose dasar Yoga bagi pemula

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

POSE DASAR YOGA. Yoga adalah ketenangan. Ia jadi cara menetralisir toxic dari dalam diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dan, berikut beberapa gerakan Yoga bagi pemula untuk meredam ketegangan perasaan dan pikiran seharian:

Seated Cross Legged

Posisi duduk akan membuat GOFITers jadi rileks, mengatur ulang pikiran, dan mengistirahatkan pinggul. Untuk melakukannya, siapkan alas lantai. Duduk di lantai di tempat yang menurutmu paling nyaman.
Posisikan kaki menyilangkan ke satu pergelangan kaki yang lain. Dudulah dengan kaki menyilang. Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam dan luruskan tulang belakang seolah-olah ada tali yang menarik kepala dan leher ke atas. Sertai dengan hembusan napas. Pastikan postur tegak tetap kamu pertahankan.
Sebagai pelengkap, tangan bertumpu pada lutut. Jangan mendorong atau menekan kaki.

Table Top Cat-Cow

Letakkan tangan di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Pastikan tulang belakang GOFITers sejajar dengan lantai. Tarik nafas dan tekan perlahan ke tangan saat menyentuh tulang belakang.
Selanjutnya, sedikit tekuk tulang belakang ke langit-langit saat dagu diarahkan ke dada. Dorong bahu pelan-pelan.
Lanjutkan dengan menarik napas dan rilekskan perut saat menurunkan pinggul. Dorong kaki ke bawah saat kepala diarahkan ke atas. Pastikan dada maju sedikit dan punggung bagian bawah masuk ke panggul.

Child’s Pose

Apabila GOFITers merasa kewalahan, kepanasan, atau stres saat mempraktikkan pose atau variasi yoga, maka berhentilah. Cobalah beralih ke Child’s Pose. Pose ini membantu menurunkan stres, memfokuskan kembali pikiran, dan meregangkan punggung bawah, pinggul, dan paha.
Cara melakukannya dengan berlutut di lantai dengan jari-jari kaki menyentuh lantai. Buat lutut sedikit lebih lebar dari pinggul. Turunkan tubuh pelan-pelan di antara lutut dan pinggul.
Berikutnya, rentangkan lengan di depan secara pelan-pelan. Lalu, jatuhkan bahu ke samping dan ke bawah. Bila GOFITers ingin melakukan variasi, selipkan jari kaki di bawah kaki, alih-alih menempatkan bagian atas atau sisi kaki menyentuh tanah. Lakukan variasi mana saja yang paling nyaman.

Forward Fold

Forward Fold merupakan pose yoga paling populer. Pose ini difokuskan pada peregangan punggung bawah, pinggul, paha belakang, dan betis. Cara melakukannya seperti demikian:
Berdiri lalu pelan-pelan bungkukkan tubuh ke depan. Saat GOFITers melipat ke arah tanah, jaga lutut tetap lurus (tetapi tidak terkunci). Apabila memungkinkan, sentuh bagian belakang betis. Tarik tubuhmu lebih dalam.
Saat bernafas, angkat tubuh pelan-pelan dan tarik tubuh serta tulang belakang ke depan. Lipat kembali ke depan sembari menghela nafas.

Standing

Pose berdiri merupakan “waktu” istirahat pada yoga. Namun, jangan sepelekan pose ini. Ketika GOFITers berdiri, pastikan untuk tetap tegap, fokus, dan menjadikan kaki sebagai pijakan (pondasi). Kaki harus rata dan tidak terguling atau tertunduk.
Agar tulang belakang tetap lurus dan tegap, jangan merapatkan lutut. Posisikan agar bahu tetap terbuka dengan menengadahkan tangan ke depan. Sejajarkan leher dengan tulang belakang.

Standing Mountain

Pose ini untuk menghangatkan bahu dan tulang belakang. Caranya dengan posisikan telapak kaki rata dengan tanah. Jangan merapatkan kaki kanan dan kiri. Buka bahumu. Sejajarkan leher dengan tulang belakang.
Ambil napas dalam-dalam disertai kedua tangan yang lurus ke depan. Pastikan bahu tidak membungkuk. Lakukan rooting melalui tulang belikat, tarik tulang belakang dan lengan ke arah langit-langit.

Cobra

Pose ini bertujuan meregangkan bahu, dada, tulang belakang, dan perut dengan berbaring rata di tanah. Posisi tubuh menghadap ke bawah. Bagian atas kaki bersentuhan dengan lantai.
Perlahan-lahan, dorong tangan ke bawah dan luruskan lengan untuk mengangkat dada ke atas dari lantai. Posisi ini tidak seperti push-up, oleh sebab itu jaga pinggul, paha, dan pijakan dengan mendorong ke bawah (tanah).
Selanjutnya, gerakkan bahu ke belakang, angkat dada, dan lihat ke depan. Tahan selama beberapa detil dan kemudian perlahan-lahan lepaskan.
Agar tubuh menjadi lebih rileks, angkat dada dan kepala ke tempat yang nyaman. Pastikan pinggul dan paha terdorong ke lantai.

More to explorer

Latihan kebugaran di jam kerja

Latihan kebugaran di jam kerja

KEBUGARAN DI KANTOR. Selama seminggu, sebuah penelitian menguji 12 latihan untuk melihat mana yang bisa dipraktikkan di ruang kerja dan saat pekerjaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *