Area Tubuh yang Rawan Infeksi Jamur

By:
Posted: March 5, 2019

INFEKSI JAMUR. Uh! Kata-kata yang cukup membuat banyak wanita merasa ilfil. Wajar saja, banyak wanita yang beranggapan infeksi ragi hanya menyerang bagian vital alias vagina. Padahal, infeksi ini bisa terjadi di berbagai anggota tubuh lainnya.
Untungnya, seperti dikutip dari www.prevention.com, dokter spesialis kandungan Kathleen Green mengatakan, infeksi jamur di area tubuh mana pun biasanya dapat diobati dengan resep obat oral atau krim yang sama yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur di vagina. Lalu, bagian tubuh mana sajakah yang biasanya muncul infeksi ragi selain vagina?
#1 Kulit
Infeksi jamur dapat muncul hampir di semua tempat pada kulit yang mendapat kelembapan konstan. Infeksi ini juga bisa berkembang di bawah lipatan kulit, kata Green. Krim, seperti Monistat, akan membantu membersihkan jamur jika hanya ada di satu bagian kecil kulit. Untuk infeksi sistemik yang menyebar ke daerah yang lebih luas, obat yang diresepkan biasanya merupakan solusi untuk mengobatinya.
#2 Telapak Kaki
Jamur yang dikenal sebagai Trichophyton mentagrophytes dapat menyebabkan infeksi jamur di telapak kaki, terutama jika Anda jarang berganti kaus kaki atau memakai sepatu yang lembap.
#3 Mulut
Infeksi jamur ini biasa terjadi pada bayi yang sedang menyusui atau meminum susu dari botol. Gumpalan susu bisa mengumpul di lidah. Inilah yang menyebabkan infeksi. Selain bayi, infeksi jamur di area mulut seperti lidah, juga bisa dialami oleh orang dewasa.
#4 Payudara
Ibu menyusui lebih rentan terkena infeksi jamur pada payudara mereka, kata Green. Mulut bayi bisa mengubah keseimbangan pH dan menambahkan kelembapan yang membantu ragi tumbuh. Infeksi juga bisa terjadi di bawah payudara yang disebabkan oleh keringat ekstra. Agar jamur tidak menimbulkan masalah, jagalah area payudara agar tetap bersih dan hindari memakai pakaian olahraga penuh keringat terlalu lama.
#5 Kerongkongan
Obat oral tertentu yang digunakan untuk mengobati masalah lain di kerongkongan dapat menyebabkan ragi tumbuh di sana. Thrush, istilah orang awam untuk infeksi jamur di kerongkongan, biasanya menyerang pasien yang mengonsumsi obat untuk mengobati kanker atau penyakit autoimun.
#6 Bokong
Infeksi ragi vagina bisa menyebar ke area bokong, kata Green. Infeksi bisa ditransfer melalui tangan saat seseorang menggaruk bagian tubuhnya yang gatal.
#7 Penis
Green mengatakan, sekitar 15-20 persen penis terkena ragi. Ragi tersebut mungkin tidak selalu menimbulkan gejala gatal atau perih. Penyebab ragi di penis antara lain jarang mengganti celana dalam atau celana dalam yang lembap. Artinya, Anda patut waspada terhadap infeksi jamur dan selalu perhatikan kebersihan seluruh tubuh Anda.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts