8 Cara Mengendalikan Kadar Gula Darah

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

DELAPAN HAL berikut ini bisa membantu Anda mencegah diabetes dan menyelamatkan nyawa Anda.
#1 Berolahraga Secara Rutin
Artinya, Anda perlu berolahraga 20-30 menit tiap hari. Hanya perlu beberapa hari absen berolahraga dan pola makan yang tidak teratur untuk memperburuk tingkat resistensi insulin seseorang, ujar Barry Braun, Ph.D., dari University of Massachusetts di Amherst. Untuk memastikan Anda tetap berolahraga, pilih jenis latihan yang paling Anda nikmati.
#2 Manfaatkan Kayu Manis
Studi menunjukkan, kayu manis bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Artinya, tubuh Anda hanya butuh insulin lebih sedikit untuk menjaga kadar gula darah tetap di angka normal. Kayu manis bubuk yang ada di supermarket dan memiliki harga jauh lebih murah memiliki manfaat sama baiknya seperti versi mahal dalam bentuk suplemen, ujar Jonny Bowden, Ph.D., C.N.S., penulis The Most Effective Natural Cures on Earth.
#3 Jika Kadar Gula Darah Tinggi
Konsumsi suplemen alpha lipoic acid. Sebagai nutrisi gula darah, suplemen ini tidak terkalahkan dan diresepkan di Eropa, ujar Bowden. Ia merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi dosis 300 miligram, dua kali sehari.
#4 Hindari Sports Drink Bergula
Para peneliti di University of Massachusetts menemukan, olahraga meningkatkan sensitivitas insulin hingga 40 persen ketika defisit 500 kalori diciptakan. Namun hal ini tidak membangun peningkatan saat energi yang dibakar digantikan segera dengan karbohidrat.
#5 Investasi Monitor Glukosa
Perangkat ini memungkinkan Anda mengetahui bagaimana makanan-makanan dan minuman-minuman tertentu memengaruhi kadar gula darah. Ada banyak pilihan perangkat yang bisa Anda beli.
#6 Konsumsi Biji Labu atau Bunga Matahari
Segenggam biji labu atau bunga matahari tidak akan berdampak pada kadar gula darah. Selain itu, makanan-makanan ini kaya kandungan magnesium, mineral yang melawan resistensi insulin, merujuk studi para peneliti dari Tufts University.
#7 Makan Tiap 2-3 Jam
Makan lebih sering mencegah merosotnya kadar gula darah yang bisa menyebabkan Anda berkeinginan mengonsumsi gula secara berlebihan.
#8 Periksa Obat-Obatan Anda
Jika Anda mengonsumsi sejenis thiazide diuretic untuk hipertensi, minta dokter menggantinya dengan obat-obatan dari golongan yang menghambat kinerja enzim angiotensin-converting enzyme (ACE inhibitor),Sebuah review Hypertension pada 2006 terhadap 59 uji obat-obatan menemukan hubungan kuat antara rendahnya kadar potasium yang disebabkan oleh diuretik dan peningkatan kadar gula darah.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *