8 Tip untuk Membuat Lomba Lari Marathon Anda Memberikan Pengalaman Terbaik

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

KETIKA ANDA sudah memutuskan siap berlatih untuk lomba lari marathon dan half-marathon, sebaiknya pilih event yang diikuti dan segera daftarkan diri Anda. Sebagian besar lomba lari menawarkan diskon di fase early bird. Selain itu, mendaftar lebih awal tidak akan membuat Anda khawatir kehilangan slot akibat peminat lomba yang membludak. Saat membayar biaya registrasi yang harganya tidak murah, Anda mengubah rutinitas lari menjadi rezim latihan. Anda keluar dari zona rutinitas yang biasanya berjalan santai. Selain itu, Anda juga memiliki misi yang harus dituntaskan. Tetapi sebaiknya lomba lari marathon mana yang harus Anda pilih?
#1 Rancangan Latihan
Sebagian besar rancangan latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi lomba lari marathon berlangsung empat bulan, sementara untuk half-marathon biasanya berlangsung 2,5 bulan. Tetapi jika Anda baru memulai, sebaiknya pilih lomba lari marathon yang akan berlangsung enam bulan di depan. Langkah ini akan membuat Anda memiliki waktu tambahan untuk membangun fondasi kebugaran, mengembangkan rutinitas latihan, dan mencegah rintangan, cedera, atau hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, mengingat rutinitas pekerjaan dan kalender keluarga, pastikan bagian paling intensif dari latihan dan lomba yang Anda ikuti tidak mengganggu aktivitas utama kehidupan Anda.
#2 Lokasi, Lokasi, Lokasi
Lomba lari marathon bisa menjadi jalan untuk bertualang dan kesempatan mendatangi tempat baru yang belum pernah Anda singgahi sebelumnya. Di sisi lain, ada sisi negatif dan positif saat Anda memutuskan mengikuti lomba lari marathon di kota sendiri atau lokasi yang sangat jauh dari tempat tinggal Anda. Jika ini adalah marathon pertama Anda, sebaiknya ikuti yang berlangsung di kota Anda. Di hari lomba lomba, bisa mengonsumsi makanan yang selama ini menemani ketika latihan, berlari di lintasan yang telah Anda lalui berulang kali, dan melalui ritual yang sama dengan yang Anda lakukan selama program latihan akan membantu menenangkan Anda saat menuju garis start. Anda tidak perlu repot memikirkan cara untuk datang ke bandara atau merasakan kekhawatiran apakah sepatu Anda sudah masuk ke koper atau belum. Di sisi lain, mengikuti lomba lari marathon di tempat yang baru mungkin menghadirkan pengalihan pikiran Anda dari tekanan perlombaan. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan ini acara liburan bersama keluarga dan teman.
#3 Pertimbangkan Kondisi Cuaca
Kondisi cuaca di saat dan tempat lomba perlu mendapatkan perhatian serius Anda. Ini akan memengaruhi program latihan yang Anda lakukan serta strategi berlari dan penggunaan perlengkapan yang akan Anda kenakan saat berlomba. Misal, sebagai warga negara tropis Anda tak mungkin mengenakan sleeveless running tee ketika mengikuti Tokyo Marathon yang biasanya berlangsung pada suhu 5-8 celcius.
#4 Skala Lomba
Terdapat perbedaan besar ketika Anda berlari berdesakan dengan 15 ribu peserta lainnya ketika puluhan ribu orang berada di pinggir jalan memberikan semangat dan melakukannya di event yang jauh lebih kecil yang mungkin hanya menawarkan sedikit penonton untuk memberikan semangat pada Anda. Sebagian orang mungkin akan memanfaatkan dukungan dari penonton di pinggir jalan keberadaan rekan yang konstan ketika mengayunkan kaki. Sebagian lainnya mungkin menemukan jika kerumunan justru menyebabkan tekanan, tidak suka berlari beramai-ramai, dan mereka menyukai kesederhanaan event yang kecil.
#5 Pilihan Kategori Lomba
Tidak ada salahnya jika Anda mengikuti lomba lari marathon yang digelar karena suatu hal. Tetapi jika ini adalah lomba lari marathon pertama Anda, sebaiknya pilih event yang sudah mapan. Cari lomba yang diatur oleh race director yang sudah terbukti kemampuannya, disponsori perusahaan besar, didukung komunitas lari, dan sebagainya. Tanyakan soal hal ini pada mereka yang sudah berpengalaman.
#6 Pilih Lintasan Anda
Cek rute lintasan lomba dan sudut kemiringannya di website penyelenggara lomba. Apakah Anda mencari lintasan lari yang datar dan cepat? Atau mencari lintasan lari yang menawarkan pemandangan mengagumkan. Jika kedua hal ini menjadi pilihan Anda, Gold Coast Marathon bisa menjadi alternatif pilihan. Lomba lari yang masuk kategori Gold Label ini memiliki lintasan yang flat, cepat, iklim yang relatif sejuk, dikenal sebagai tempat pemecahan personal best (PB), dan tempat penyelenggarannya tidak jauh dari Indonesia. Selain itu, kawasan Gold Coast dan sekitarnya adalah daerah tujuan wisata di negara bagian Queensland, Australia. Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Tidak hanya berlomba, Anda juga bisa sekaligus berpelesir menikmati potensi wisata kawasan ini menjelang kehadiran musim dingin.
#7 Cut Off Time
Sebagian besar lomba memiliki cut off time yang ketat, namun sebagian lainnya menerapkannya secara longgar. Pilih yang sesuai dengan kemampuan Anda.
#8 Percayakan Pada Ahlinya
Jika Anda ingin fokus pada lomba lari marathon yang ingin diikuti, dan tentu saja rencana berwisata setelahnya, saatnya untuk menyerahkan urusan Anda pada ahlinya. Jika selama ini Anda mengurus sendiri semuanya, jasa perjalanan wisata olahraga yang kini mulai menjamur di Indonesia bisa menjadi pertimbangan Anda. Biasanya mereka sudah memiliki jaringan yang kuat dengan berbagai penyelenggara lomba lari marathon maupun departemen pariwisata dari negara terkait. Seperti paket Gold Coast Marathon 2019 yang ditawarkan YukTravel. Paket ini tidak hanya memudahkan Anda mendapatkan slot lomba lari marathon berkelas Gold Label, tetapi juga memudahkan Anda dalam berbagai hal: Anda tidak perlu mengambil race pack sendiri, disediakan fotografer profesional yang selalu siap mengabadikan momen terbaik Anda saat mengayunkan kaki sejauh 42,195 kilometer, penginapan sudah tersedia dalam durasi waktu tertentu, dan mendapatkan pengawalan staf menuju lokasi lomba.
Nah, bagaimana? Apakah Anda siap mengikuti lomba lari marathon? Jangan lupa pertimbangkan delapan tip di atas.

More to explorer

Latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih

Manfaat kombucha

Manfaat kombucha

Kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba, yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *