13 Tip untuk Membangun Fondasi Kemampuan Berlari

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

ADA BANYAK NASEHAT tentang bagaimana berlari dengan baik. Tigabelas di antaranya ada dalam artikel berikut ini. Tip-tip ini akan membantu Anda untuk berleri lebih baik dan menjadi pelari yang lebih baik. Silakan membuktikannya!
#1 Terima Tantangannya
Setiap orang adalah atlet. Masalahnya, sebagian berlatih dengan rutin, dan sebagian lainnya tidak, ujar Dr. George Sheehan, seorang pelari, penulis, dan filosof.
#2 Kapasitas Aerobik
Berlari 13-24 kilometer tiap minggu akan meningkatkan kapasitas aerobik Anda, dan secara positif meminimalisasi risiko penyakit yang terkait dengan kinerja jantung, ujar Dr. Kenneth Cooper, seorang pionir aerobik.
#3 Penghitung Waktu
Kesalahan terbesar pelari pemula adalah kecendurangan pikiran mereka yang terfokus pada penambahan jarak 1 kilometer, 2 kilometer, 3 kilometer. Pelari pemula sebaiknya berpikir tentang berapa lama mereka berlari, bukan berapa jauh, ujar Budd Coates, ujar pelatih tim lari olimpiade Amerika Serikat.
#4 Sepatu yang Nyaman
Jika dana Anda memungkinkan, beli sepatu lari yang bagus. Sepatu lari yang bagus bisa Anda kenakan berlari dengan nyaman sejauh 600-800 kilometer. Sepatu lari yang bagus adalah hal yang wajib Anda beli jika ingin berlari secara rutin, ujar John Hanc, penulis The Essential Runner
#5 Ukuran Lebih Besar
Beli semua sepatu Anda, baik untuk keperluan harian maupun lari, dengan ukuran sedikit lebih besar dari segi panjang maupun lebar. Hindari sepatu yang berujung lancip. Ini akan membuat Anda terhindar dari ancaman nyeri yang bisa menyerng telapak kaki Anda, ujar Ted Corbitt, pelari jarak jauh and atlet marathon yang berlaga di Olimpiade 1952.
#6 Berlari Rileks
Ketika berlari, biarkan rahang Anda lemas, jangan bahu ke atas mendekat ke daun telinga. Selain itu, sesekali goncangkan tangan dan lengan untuk tetap rileks, ujar Dave Martin, Ph.D., seoranga fisiologis latihan.
#7 Quickie Run
Jika saya hanya memiliki waktu 15 menit, saya tetap berlari. Berlari selama 15 menit lebik baik ketimbang tidak berlari sama sekali, ujar Dr. Duncan Macdonald, mantan pemegang rekor 5.000 meter Amerika Serikat.
#8 Lawan Arah
Berlari melawan arah di jalan raya memberikan peluang bagi pelari untuk mengendalikan keselamatannya. Siapapun yang waspada dan lincah berpeluang besar tetap hidup, ujar Dr. George Sheehan.
#9 Lari Siang Hari
Lari di siang hari memberikan tiga keuntungan: Kondisi lintasan lari terang, rehat sebentar dari jam kerja, dan peluang untuk menghindari makan berlebihan di jam makan siang, ujar Joe Henderson, seorang pelari dan penulis.
#10 Pemanasan Nomor 1
Coba lakukan joging ringan atau berjalan kaki sebelum melakukan peregangan, atau lakukan peregangan setelah Anda berlari. Melakukan peregangan saat otot masih dingin justru akan memberikan banyak dampak buruk ketimbang manfaat, nasehat editor Runners World.
#11 Cukup Cairan 
Pastikan memasok tubuh dengan cairan. Selalu lakukan hidrasi, tak peduli di cuaca dingin maupun panas. Kita menggunakan air untuk berkeringat, melumasi persendian, tendon, dan jaringan. Selain itu, kita menggunakan air untuk mengangkut darah secara efisien ke organ-organ tubuh yang vital, ujar Dr. Alex Ratelle.
#12 Dengarkan Tubuh Anda
Anda harus mendengarkan tubuh Anda. Berlarilah melewati berbagai gangguan dan hambatan, tapi tidak dengan rasa sakit yang mendera tubuh Anda, ujar Dr. George Sheehan.
#13 Harus Menyenangkan
Aktivitas fisik atau olahraga harus menyenangkan. Jika tak lagi menyenangkan, Anda tak akan mendapatkan manfaatnya. Melakukan adalah prosesnya. Kebugaran adalah bonus yang Anda dapatkan, ujar Dr. George Sheehan.

More to explorer

Resistensi Antibiotik, Kenapa Bisa Terjadi?

Penemuan antibiotik adalah salah satu penemuan penting dunia medis yang menyelamatkan jutaan nyawa. Disebut sebagai obat dewa, antibiotik ampuh mengobati penyakit yang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *