7 Hal Penting yang Wajib Diketahui Pesepeda Pemula

By:
Posted: February 28, 2019

TIDAK ADA SEORANGPUN yang lahir dan langsung mengendarai sepeda seharga, katakanlah 150 juta rupiah, termasuk Peter Sagan, juara dunia balap sepeda yang didiskualifikasi dari Tour de France 2017. Tiap orang, akan selalu memulai sebagai pemula. Untungnya, selalu ada orang-orang bijak para pesepeda (maupun klub sepeda) yang bersedia berbagi pengetahuan. Jika Anda pesepeda pemula, tujuh hal ini akan sangat membantu Anda.
#1 JANGAN MENGENAKAN PAKAIAN DALAM JIKA MENGGUNAKAN CYCLING SHORT
Selain berpotensi membuat pakaian dalam menumpuk atau memberikan gesekan di titik-titik tertentu, pakaian dalam juga bisa menjebak keringat dan bakteri. Kecuali Anda menggunakan pakaian sehari-hari, tinggalkan saja pakaian dalam Anda di rumah.
#2 PASTIKAN UKURAN SEPEDA COCOK DENGAN POSTUR TUBUH ANDA
Menggunakan sepeda yang sesuai dengan postur tubuh akan membuat Anda lebih nyaman mengendarainya, mencegah cedera yang tidak diinginkan, dan dapat melaju lebih cepat karena hal ini membantu Anda mengayuh pedal dengan efisien. Jika Anda merasakan nyeri, atau bahkan ketidaknyamanan secara umum, itu adalah tanda jika Anda harus menggunakan jasa bike fit profesional.Banyak yang salah paham jika bersepeda menyebabkan rasa sakit, Judd Van Sickle dari Sports Performance Program di UC Davis Sports Medicine. Terdapat sebuah asumsi jika pantat akan sakit, telapak kaki akan sakit, punggung akan sakit, dan itu tidak seharusnya terjadi. Banyak toko sepeda yang menawarkan bike fit secara cuma-cuma sebagai komplimen pembelian sepeda baru.
#3 JANGAN SEGAN BERPINDAH GIGI
Sebaiknya Anda tidak memfavoritkan gigi tertentu. Seharusnya Anda sering memindah gigi untuk untuk memelihara cadence (kecepatan kayuhan) ideal. Sebagian orang akan menemukan cadence ideal di angka 80-90 putaran per menit yang dari segi efisiensi dan kenyamanan bisa dikatakan seimbang. Jika terlalu rendah (katakanlah 60 putaran per menit), tubuh Anda tidak terlalu banyak menggunakan oksigen untuk mengayuh pedal. Memang hal ini tidak terlalu menggerogoti kemampuan aerobik Anda, tapi bisa memberikan ancaman cedera terhadap lutut karena torsi yang diberikan. Jika Anda ingin mengendalikan kecepatan kayuhan, Anda mengukurnya dengan menggunakan cadence sensor.
#4 PEMELIHARAAN SEPEDA
Tiap kali sebelum menggunakan sepeda, luangkan waktu dua menit untuk memeriksa tunggangan Anda. Mulai dari ban: Cek tekanan udara pada ban dan pompa jika memerlukannya. Uniknya, Van Sickle menemukan jika banyak pesepeda pemula melakukan secara berlebihan di sini.Selanjutnya, Anda harus memeriksa sadel dan handlebar. Apakah posisi mereka sudah tepat. Jangan lupa mengecek apakah rem bekerja dengan baik, dan apakah rantai mengekuarkan bunyi-bunyi yang tidak biasanya yang menjadi petunjuk rantai dalam kondisi kering dan butuh pelumasan. Untuk sebagian besar hal di sepeda Anda bisa memastikan kinerja mereka dengan melihatnya dari dekat, ujar Nathan Hurst, seorang di Duvine Cycling and Adventure Co.
#5 PASANG AKSESORI HANDDLEBAR DI BAWAH KABEL
Apakah itu cycling computer, lampu, atau tri-bar, sebaiknya Anda memasangnya di bawah kabel, bukan di atasnya.
#6 BELI PERLENGKAPAN PENDUKUNG
Jika Anda memiliki dana tidak terbatas, pengeluaran Anda untuk pembelian perlengkapan olahraga ini mungkin akan meningkat. Anda mungkin bisa berhemat untuk yang lainnya, tetapi tidak untuk kedua benda berikut. Pertama, jangan meremehkan pentingnya cycling shoes. Anda mungkin ingin berhemat, tetapi itu bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan kerusakan syaraf saat bersepeda jarak jauh. Kedua, jika Anda di wilayah beriklim hangat atau panas, pertimbangkan membeli helm yang ringan. Selain lebih nyaman, karena kepala Anda menyangga beban yang lebih ringan, biasanya helm tipe ini memiliki ventilasi lebih baik ketimbang yang harganya lebih murah. Dan makin nyaman Anda, makin besar peluang Anda tetap bersepeda.
#7 SELAMATKAN SELANGKANGAN
Mulai dari tidak mengenakan pakaian dalam , mempelajari penggunaan krim chamois, hingga mencari setelan tinggi sadel terbaik, rencana bersepeda Anda mengerucut pada satu hal : Kenyamanan selangkangan.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts