Stres Bisa Ganggu Jantung Anda

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

STRES AKUT yang terjadi berulang-ulang dan stres kronis yang berlangsung dalam waktu lama memberikan kontribusi terhadap terjadinya inflamasi di sistem sirkulasi, khususnya di arteri jantung.
Hal di atas adalah salah satu hal yang bisa dipakai untuk mengaitkan stres dengan serangan jantung. Selain itu, sejumlah penelitian juga melihat bagaimana tindakan seseorang bereaksi terhadap stres bisa meningkatkan kadar kolesterol.
Untuk memahami situasi di atas, ini yang perlu Anda ketahui: Jantung dan pembuluh darah adalah dua elemen dalam sistem kardiovaskular yang bekerjasama untuk memasok makanan dan oksigen ke seluruh organ di tubuh Anda. Aktivitas kedua elemen ini terhubung dengan respon tubuh terhadap stres.
Stres yang akut tekanan yang bersifat sementara seperti deadline rapat, terjebak di kemacetan ibukota, atau menginjak pedal secara mendadak untuk menghindari tabrakan dengan mobil di depan menyebabkan meningkatnya detak jantung dan kontraksi otot jantung. Dalam hal ini, hormon stres seperti adrenaline, noradrenaline, dan cortisol bertindak sebagai pembawa pesan efek tersebut.
Sebagai tambahan, pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot-otot besar dan jantung membesar. Ini meningkatkan jumlah darah yang di pompa ke bagian-bagian tubuh tersebut, sekaligus mendongkrak tekanan darah. Kondisi ini dikenal dengan nama respon fight or flight. Saat stres akut ini berakhir, kondisi tubuh kembali normal.
Stres kronis atau kondisi stres yang konstan yang berlangsung dalam waktu lama, bisa mendatangkan problem bagi jantung dan pembuluh darah. Mangapa? Kondisi ini meningkatkan detak jantung. Selain itu, peningkatan hormon stres dan tekanan darahberdampak buruk bagi tubuh Anda. Stres kronis ini bisa meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

More to explorer

Latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih

Manfaat kombucha

Manfaat kombucha

Kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba, yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *