Berapa Kalori yang Anda Bakar Saat Bercinta?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

BANYAK ORANG mengklaim aktivitas bercinta bisa membakar 100-300 kalori untuk tiap sesinya. Anda mungkin juga bertanya-tanya, seberapa banyak sebenarnya kalori yang terbakar saat bercinta dengan pasangan.
Beberapa penelitian mengindisikasikan jika jumlah kalori yang terbakar saat Anda bercinta bergantung pada sejumlah faktor, mulai berat badan dan seberapa intensif aksi Anda serta pasangan di atas ranjang. Pada 2013, para ilmuwan di University of Montreal berusaha menjawab pertanyaan ini dengan meminta 21 pasangan heteroseksual untuk mengenakan fitness tracker SenseWear ketika bercinta. Para pasangan tersebut juga diminta berlari selama 30 menit di treadmill untuk membandingkan aktivitas seksual mereka dengan aktivitas fisik yang sebenarnya.
Hasilnya, yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE menyimpulkan, pria membakar rata-rata 100 kalori untuk tiap sesi bercinta, sementara wanita hanya 69 kalori. Para peneliti memperkirakan pria membakar sekitar 4,2 kalori tiap menit selama bercinta, sementara wanita 3,1 kalori.
Secara total, jumlah kalori yang dibakar selama bercinta jauh di bawah jumlah kalori yang dibakar ketika berolahraga, sekitar 276. Namun aktivitas di gym memberikan aktivitas fisik yang intensif, ujar kesimpulan para peneliti, aktivitas seksual juga memiliki potensi untuk dipertimbangkan sebagai latihan yang signifikan.
Plus, hasil penelitian studi tersebut berdasarkan waktu rata-rata pasangan tersebut bercinta sekitar 25 menit. Jadi kita bisa saja berasumsi makin lama sesi bercinta yang dilakukan, makin banyak kalori yang bisa dibakar. (Ingin menghitung sendiri kalori yang Anda bakar saat bercinta dengan pasangan? Jika Anda pria, kalikan durasi bercinta (dalam menit) dengan 4,2. Jika Anda wanita, kalikan durasi bercinta dengan 3,1.
Namun sebelum Anda merasa terlalu terkesan dengan potensi kalori yang bisa dibakar, studi lain yang dipublikasikan pada 2013 menyimpulkan hal yang berlawanan: Bercinta tidak cukup memenuhi syarat untuk dianggap sebagai aktivitas fisik yang sebenarnya.
Dipublikasikan di New England Journal of Medicine, penelitian ini bertujuan untuk menyanggah sejumlah mitos mengenai penurunan berat badan seperti seks bisa membakar 100-300 kalori. Kali ini para peneliti menggunakan penelitian 1984 yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine, yang menemukan jika aktivitas seksual hanya berlangsung sekitar enam menit. Dengan dasar ini, pria berbobot 70 kilogram berusia sekitar 30 tahun hanya membakar sekitar 21 kalori tiap bercinta.
Kesimpulannya, jika Anda berusaha menurunkan berat badan dan berharap aktivitas bercinta bisa menggantikan latihan di gym, buang jauh pikiran ini. Sebaiknya Anda tetap melakukan olahraga yang selama ini rutin Anda jalani. Meski begitu bukan berarti bercinta tidak memiliki manfaat.
Selain meningkatkan suasana hati, bercinta juga mendongkrak kekebalan tubuh. Mereka yang bercinta sedikitnya sekali dalam seminggu memperlihatkan manfaat dari tingginya immunoglobulin A, sebuah antibodi yang melindungi Anda dari penyakit. Tidak hanya itu, kehidupan seksual yang sehat juga mengurangi risiko kanker. Pada sebuah studi di British Medical Journal menemukan, pria yang berejakulasi 21 kali tiap bulan memiliki risiko kanker prostat lebih kecil ketimbang mereka yang mengalami ejakulasi 4-7 kali tiap bulan.
Jadi, ya… bercinta tidak membakar kalori sebanyak yang Anda pikirkan. Tetapi bukan berarti hal tersebut akan menghentikan Anda bercinta, bukan?

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *