5 Tip Nutrisi yang Wajib Diketahui Triathlete 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

TIDAK SAMPAI satu bulan lagi akan berlangsung Herbalife Bali International Triathlon (HBIT) 2018. Ini adalah salah satu lomba triathlon terbesar di di Indonesia.Jika Anda salah satu partisipannya, kami yakin Anda telah mempersiapkan diri untuk tampil dengan performa maksimal di lomba ini, yang mungkin salah satunya adalah pengaturan nutrisi.Jika berbicara soal strategi nutrisi saat Anda mempersiapkan diri mengikuti lomba triathlon, persoalannya bukan hanya masalah kuantitas. Apa yang Anda makan dan kapan waktu mengonsumsinya memainkan peran penting terkait performa tubuh Anda di hari perlombaan. Nutrisi yang memadai adalah kunci untuk memndapatkan pengalaman lomba yang menyenangkan dan memuaskan, ujar Marni Sumbal, R.D., seorang pakar fisiologi olahraga, atlet olahraga ketahanan, dan pemilik Trimarni Coaching and Nutrition. Berikut tip yang diberikan pada Anda untuk menunjukkan performa maksimal di hari perlombaan.
#1 DONGKRAK KARBOHIDRAT
Anda tidak membutuhkan karbohidrat sebanyak mereka yang berkompetisi di lomba lari marathon. Sebagian besar triathlete menamatkan kategori sprint dalam waktu kurang dari dua jam. Namun Anda direkomendasikan untuk memberikan tambahan 200 kalori dari karbohidrat tiap hari untuk dua hari terakhir sebelum start lomba triathlon yang Anda ikuti dimulai. Ini perlu Anda lakukan untuk memberikan pasokan energi ekstra.
#2 SARAPAN JUARA
Sarapan yang dilakukan sehari sebelum lomba harus melibatkan makanan yang kaya kandungan karbohidrat, namun rendah lemak dan serat. Pastikan menu sarapan ini mengenyangkan Anda. Selain itu, konsumsi makanan dan cemilan secara rutin di panjang waktu yang tersisa menjelang lomba. Sebaiknya perut Anda tidak kosong lebih dari empat jam dari waktu makan sebelumnya.
#3 MAKAN MALAM NIKMAT
Sebaiknya makan malam dilakukan pukul 17.30-18.00, di malam sebelum lomba. Ini akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mencerna semuanya sebelum waktu tidur datang. Pastikan memilih makanan yang selama ini selalu menemani Anda di fase latihan. Sebaiknya makanan yang Anda konsumsi ini rendah lemak dan serat, memiliki kandungan protein sedang serta kaya karbohidrat.
#4 BANGUN TIDUR DAN MAKAN
Triathlete yang melewatkan cemilan sebelum lomba akan membuat dirinya bakal kehabisan tenaga di pertengahan lomba. Konsumsi makanan yang rendah serat, namun kandungan karbohidratnya tinggi. Dan yang paling penting, pilih makanan yang bekerja sangat baik dengan tubuh Anda selama Anda berlatih. Artinya, jangan mencoba makanan yang baru beberapa sebelum atau saat berlomba. Konsumsi makanan Anda dua jam sebelum waktu lomba dimulai. Pastikan Anda juga memasok tubuh dengan cairan yang memadai. Tenggak 500 mililiter cairan satu jam sebelum waktut start.
#5 ISI KEMBALI ENERGI ANDA
Jika Anda tidak bisa langsung makan setelah menamatkan lomba, fokus untuk merehidrasi serta mendapatkan elektrolit untuk tubuh. Coba gunakan sports drink atau air kelapa. Jika Anda bisa langsung mengonsumsi makanan, puaskan tubuh Anda dengan karbohidrat dan protein. Tetapi setelah 24 jam, pastikan kembali ke pola makan sehat yang Anda terapkan sebelumnya.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *