5 Strategi Latihan (Bersepeda) Intensif yang Menyenangkan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

LATIHAN INTERVAL BERINTENSITAS TINGGI (HIIT) bukan hal yang mudah. Ini adalah aktivitas fisik yang berat. Dan Anda pasti sangat memahami hal ini. Meski memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran seperti meningkatkan pembakaran lemak, mendongkrak kapasitas VO2max, dan melambungkan ambang batas asam laktat, HIIT dipandang sebagai aktivitas yang mengerikan sehingga banyak orang enggan melakukannya.
Panteleimon Paddy Ekkekakis, seorang profesor kinesiologi, menyampaikan hal ini terkait penemuan terbarunya yang menyatakan banyak orang memilih aktivitas fisik yang mudah (baca: ringan) jika menyangkut latihan. Jika Anda bisa membuat latihan satu jam menjadi satu menit, pasti ada harga yang dibayar, ujar Ekkekakis. Harga yang harus dibayar adalah intensitas 100 persen. Tidak bisa dibantah jika pengalaman yang didapatkan tidak akan menyenangkan.
Meskpun pesepeda adalah kelompok yang berbeda dari mereka yang sering mencari siksaan, masih banyak pesepeda yang menghindari latihan interval karena berat, menyakitkan, dan tidak menyenangkan. Triknya, menurut penelitian Ekkekakis, para pesepeda harus menemukan cara untuk membuat otak menganggap HIIT sebagai aktivitas yang menyenangkan dan mendatangkan kegembiraan. Berikut lima strategi yang yang layak Anda coba.
#1 Akhiri Sesi dengan Intensitas Ringan
Lakukan pemanasan dan kemudian segera lakukan HIIT. Kemudian gunakan waktu yang tersisa dengan mengayuh pedal di kecepatan yang nyaman. Dalam studi sebelumnya Ekkekakis menemukan, mereka yang melakukan upaya terberat di awal sesi latihan dan kemudian menurunkan intensitasnya, dilaporkan lebih menikmati sesi latihan setelahnya, bahkan hingga tujuh hari kemudian, dibandingkan mereka yang melakukan upaya terberat di akhir sesi latihan, yang dilaporkan tidak menikmati latihan saat itu, atau bahkan hingga seminggu kemudian.
#2 Bikin Playlist yang Tepat
Tak peduli apakah Anda berlatih di dalam ruangan atau di luar ruangan, Anda bisa mendengarkan musik dengan aman: Menggunakan musik favorit Anda untuk mendongkrak usaha dan tentu saja… kesenangan. Bukan rahasia lagi jika musik terbukti bisa menjadi pendongkrak performa fisik seseorang. Musik bisa mengalihkan pikiran Anda dari rasa nyeri saat melakukan aktivitas fisik maksimal dan menurunkan tingkat kelelahan di tiap intensitas. Kedua hal ini akan mengantar Anda ke impresi positif, bahkan di sesi latihan yang sangat berat. Musik dengan ritme cepat bisa jadi pilihan karena secara alam akan mensinkronkan upaya Anda dengan iramanya. Penelitian menunjukkan, sweet spot untuk performa dan dan kenikmatan adalah musik dengan 120-140 beat per menit. Biasanya adalah tempo untuk jenis musik rock, techno, alternative, dan pop.
#3 Latihan Bersama Teman
Ini bukan hal yang mengejutkan. Berlatih dengan teman lebih menyenangkan ketimbang mengayuh pedal sepeda sendirian. Selain itu, Anda bisa saling mendorong untuk berlatih lebih keras. Sebuah studi menemukan, pesepeda yang berlatih di dalam ruangan mengayuh pedal 200 persen lebih lama saat mereka melakukannya bersama mitra latihan ketimbang mereka yang berlatih seorang diri. Teknologi moderen mempermudah Anda mencari mitra latihan. Melalui apps seperti Zwift, Anda dan mitra latihan bisa bertemu secara virtual dan berlatih bareng, tidak peduli dengan kondisi cuaca yang ada di luar ruang.
#4 Rancang Kostum yang Mengesankan
Tahukah Anda, jika perlengkapan yang pas (baca: sesuai dengan mimpi Anda) akan membuat Anda merasa cepat? Rancang dan buat kostum superhero Anda yang digunakan khusus untuk HIIT. Anda mungkin akan memiliki performa lebih baik. Terdapat terminologi tegas untuk hal ini: Enclothed cognition. Otak mencatat apa yang Anda kenakan dan menanggapinya dengan tepat. Sebagai contoh, pada studi 2012 yang dipublikasikan di Journal of Experimental Social Psychology, para peneliti menemukan, relawan menunjukkan performa lebih baik terkait pada tugas yang diberikan ketika mereka mengenakan jas laboratorium ketimbang saat mereka tidak diperintahkan mengenakan pakaian khusus. Jika Anda terlihat cepat (dalam pakaian dan perlengkapan yang dikenakan saat bersepeda), Anda mungkin berada dalam kondisi impresi positif, dan berpeluang kembali melakukan HIIT.
#5 Beri Diri Anda Penghargaan
Terdapat alasan mengapa Strava memberi Anda beragam trophi, pita, dan mahkota untuk performa yang mengesankan. Penghargaan memicu pusat kesenangan di otak dan membuat Anda merasa nyaman dengan usaha Anda. Atur jadwal dan beri diri Anda penghargaan bintang emas ketika berhasil menaklukkan HIIT.

More to explorer

Efek squat setiap hari

Efek squat setiap hari

Latihan ini dimulai dengan squat 5 kali seminggu, mulai dari 50 hingga 200-300 pengulangan per hari. Latihan ini sudah banyak dilakukan oleh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *