10 Tip Makan Ala Atlet Profesional

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

APA RAHASIA kesuksesan seorang atlet meraih prestasi? Latihan keras, disiplin, atau bakat? Bisa jadi semuanya. Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan adalah makanan. Pola makan ini menjadi bahan bakar bagi atlet untuk mencapai hasil maksimal dari cabang olahraga yang digelutinya. Menurut laman www.active.com, ada 10 tip makan ala atlet profesional. Mari simak ulasannya di bawah ini.
#1 BUAT PERENCANAAN
Pola makan para atlet diatur dengan saksama. Tujuannya agar tercipta keseimbangan gizi. Pemula bisa menyusun jadwal makan dengan menyeimbangkan kadar protein dan karbohidrat terlebih dahulu. Perencanaan pola makan ini bisa disusun per minggunya.
#2 ISI PERUT ANDA
Jangan biarkan perut kosong sebelum berolah raga. Tak hanya makanan, tubuh juga harus dalam kondisi terhidrasi dengan baik. Keduanya akan mendorong performa seorang atlet ketika berlatih atau bertanding.
#3 HINDARI JUNK FOOD
Jika ingin tampil prima, maka tubuh harus terisi dengan makanan terbaik. Jadi, hindarilah junk food, makanan digoreng, dan bir.
#4 KONSUMSI PROTEIN
Konsumsilah makanan berprotein tinggi, seperti daging ayam, telur, atau protein nabati. Protein menjaga agar tubuh memecah lemak, bukan otot, dalam proses pembakaran.
#5 JANGAN LUPA SARAPAN
Sarapan dapat mencegah seseorang merasa sangat lapar di siang hari. Sebagai kompensasinya, ia cenderung makan siang dengan lahap dan berlebihan. Jadi, makanlah sarapan. Lebih baik lagi, menu sarapan tersebut terdiri atas bahan baku yang menyehatkan, seperti mengandung protein, biji-bijian, dan buah-buahan.
#6 JAGA CAIRAN TUBUH
Jaga cairan dalam tubuh. Berolah raga akan membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan. Maka, siapkanlah air minum selama berolah raga.
#7 JANGAN MEMBATASI DIRI
Memang benar jika ingin menurunkan berat badan, maka jumlah kalori yang masuk ke tubuh harus dikurangi. Meski begitu, terlalu membatasi diri terkait hal ini juga tidak baik. Bagaimana bisa seorang atlet tampil dengan performa terbaik jika asupan kalori yang masuk ke tubuhnya sedikit?
#8 JANGAN ABAIKAN KARBOHIDRAT
Karbohidrat tinggi diperlukan sebagai sumber energi. Jumlah kandungan karbohidrat pun perlu disesuaikan dengan intensitas olahraga. Lebih baik, konsumsilah makanan berkabohidrat di malam hari sebelum berlatih atau berlomba daripada sesaat sebelumnya.
#9 PULIHKAN DIRI DENGAN MAKANAN
Setelah berlatih atau bertanding, tentu tubuh perlu memulihkan diri. Nah, makanan yang cocok untuk hal ini adalah perpaduan antara karbohidrat dan protein, contohnya segelas susu cokelat.
#10 MAKAN DENGAN BENAR
Seorang atlet harus penuh disiplin dalam berbagai hal, termasuk makanan. Maka, ia harus senantiasa menjaga keseimbangan diet dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, protein dan sebagainya. Jadi, Anda harus paham, memforsir diri untuk berlatih tidak baik. Makanan yang masuk ke tubuh juga memengaruhi performa seorang atlet.

More to explorer

Latihan kebugaran di jam kerja

Latihan kebugaran di jam kerja

KEBUGARAN DI KANTOR. Selama seminggu, sebuah penelitian menguji 12 latihan untuk melihat mana yang bisa dipraktikkan di ruang kerja dan saat pekerjaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *