Cara Bijak Manfaatkan Makanan Sehat

By:
Posted: February 13, 2019

BANYAK SEKALI MAKANAN yang Anda pikir sehat, tapi ternyata justru memberikan dampak yang sebaliknya ketika Anda memanfaatkannya dengan cara yang tak tepat. Situs kesehatan WebMD melansir sejumlah makanan yang masuk dalam kategori tersebut.
#1 JERUK
Ini mungkin mengejutkan. Buah sumber vitamin C ini dapat mempengaruhi kinerja obat yang Anda konsumsi. Misalnya, obat penurun tekanan darah dan insomnia. Jadi jangan pernah lupa minta dokter atau apoteker untuk memberi daftar makanan yang harus dihindari saat membeli obat.
#2 SAYURAN MENTAH
Jika Anda memiliki gigi yang sensitif dan keropos, jangan menyantap sayuran mentah. Untuk menghindari kekurangan vitamin dan serat, cobalah memasak sayuran sampai matang sehingga bisa lembut saat dikunyah. Atau... gunakan bubur sayuran seperti wortel dan labu dalam sup, dengan penggunaan garam yang minim. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran kalengan.
#3 KACANG
Kacang banyak dihindari orang dengan sistem pencernaan sensitif. Mengonsumsi terlalu banyak kacang-kacangan memang terbukti menyebabkan sakit perut. Tetapi, pertimbangkan kembali untuk menghindarinya secara total. Kacang mengandung protein, serat, dan zat besi yang tinggi, serta rendah lemak.
#4 ALKOHOL
Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah tertentu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan beberapa jenis stroke. Tapi seiring pertambahan usia, alkohol dapat mempengaruhi Anda secara berbeda. Misalkan terbiasa meminum segelas anggur saat makan malam atau nonton televisi, bisa mengganggu tidur dan meningkatkan tekanan darah. Alkohol pun menyebabkan hipoglikemia turunnya gula darah secara drastis pada penderita diabetes.
#5 KAFEIN
Meskipun kafein mungkin tidak menjadi masalah bagi banyak orang, minuman jenis ini bisa membuat sebagian orang merasa cemas atau gelisah. Kafein pun dapat meningkatkan denyut jantung dan menyebabkan masalah tidur. Namun, menghentikan kebiasaan minum kafein secara kilat bisa berdampak sakit kepala, mual, atau muntah. Karena itu, secara perlahan ganti minuman kafein dengan air atau teh herbal.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts