6 Cara Melindungi Diri Dari Sinar Matahari Saat Bersepeda

By:
Posted: February 13, 2019

MENGHADAPI TERPAAN langsung sinar matahari ketika bersepeda tanpa perlindungan bisa meningkatkan risiko ancaman gangguan kesehatan terhadap diri Anda. Tahun lalu lalu, mantan pemenang Vuelta a Espaa, Luis Lucho Herrera mengungkapkan dirinya sudah menghadapi kanker kulit di lengan, tangan, dan wajahnya selama enam tahun. Mantan pembalap sepeda berusia 56 tahun ini mengemukakan, terpaan langsung sinar matahari selama berlatih dan mengikuti perlombaan menjadi penyebabnya. Kami tidak melakukan tindakan pencegahan dengan mengoleskan tabir surya karena tidak memiliki waktu, dan sering kali kami mengeluarkan keringat terlalu banyak, ujarnya.
Sebagian besar dari Anda mungkin bisa mengaitkannya: Karena sebagian besar dari kita mungkin hanya mengoleskan tabir surya di lengan dan wajah dengan sekadarnya, kemudian naik sepeda sebelum melajukannya selama beberapa jam, di mana tabir surya mungkin menghilang disapu keringat sebelum memberikan manfaat terbaiknya. Sebetulnya Anda bisa, dan wajib, melakukan dengan lebih baik, terutama saat berharap menghindari nasib yang sama dengan Herrera, ujar pesepeda berpengalaman Allen Richburg, MD, dari San Diego Sports Medicine and Family Health Center.
Risikonya akan menumpuk. Kerusakan yang Anda alami saat ini, mungkin akan berkembang sebagai kanker puluhan tahun kemudian, ujar Richburg. Seperti bersepeda sendiri, Anda tidak bisa menghilangkan semua risiko, tetapi Anda bisadapat menguranginya. Berikut beberapa hal yang direkomendasikan Richburg dan pakar lainnya untuk melindungi diri dari terpaan langsung sinar matahari saat bersepeda.
#1 Gunakan Lebih Dini dan Sering
Agar tabir surya berfungsi sebagaimana mestinya, Anda perlu mengoleskannya lebih awal dan memberinya waktu untuk meresap ke dalam kulit. Rekomendasi sebagian besar produk adalah mengoleskan tabir 15 sebelum berpetualang. Tigapuluh menit sebelumnya justru lebih baik, ujar, says Richburg, sembari menekankan jika pesepeda cenderung menggunakan tabir surya hanya beberapa saat sebelum mereka mengayuh pedal sepeda. Tata ulang ritual Anda sebelum bersepeda sehingga Anda bisa menggunakan tabir surya lebih dini. Baru kemudian kumpulkan semua perlengkapan Anda, makan, mengisi botol air minum, dan berangkat. Saat Anda mulai mengayuh pedal sepeda, tabir surya sudah berfungsi sebagaimana mestinya.
#2 Tahu Angka SPF yang Anda Butuhkan
Angka utama yang harus Anda cari saat memilih tabir surya adalah kadar SPF-nya. Orang sering salah paham dengan berpikir angka tersebut mengindikasikan berapa lama Anda bisa bertahan di bawah terpaan sinar matahari. Jadi, jika biasanya kulit telanjang Anda mulai terbakar dalam 10 menit, Anda bisa bertahan 15 kali lebih lama dengan SPF 15. Ini adalah pandangan yang salah. Angka SPF menunjukkan persentase sinar UVB yang ditahan produk tabir surya. Tabir surya dengan SPF 15 manangkal radiasi sinar UVB sebanyak 93 persen, SPF 30 menangkal 97 persen, SPF 50 menangkal 98 persen, dan seterusnya. Untuk para pesepeda yang terkena terpaan langsung sinar matahari, makin tinggi angkanya, makin bagus, ujar Richburg. Memang belum terbukti apakah angka SPF yang lebih tinggi melindungi kulit dari kanker dengan lebih baik. Tetapi... tawaran perlindungan yang lebih baik 1-2 persen adalah sesuatu yang layak diperjuangkan, ujarnya.
#3 Gunakan Tipe Semprot
Siapapun yang bersepeda jarak jauh mungkin pernah melihat ada bagian di kulitnya yang berwarna terbakar karena mereka area tersebut luput dari olesan tabir surya. Dan memang tak mudah melapisi area yang dilindungi dengan tabir surya tipe lotion. Tabir surya tipe semprot atau spray mengurangi masalah ini dengan melapisi kulit dengan kabut pelindung. Jangan langsung semprotkan langsung ke wajah. Aplikasikan di telapak tangan dan baru oleskan ke area yang butuh perlindungan.
#4 Simpan Cadangan di Kantung
Tak peduli berapa angka SPF yang dimiliki, belum ada tabir surya yang bisa bertahan selama berjam-jam melawan keringat yang mengucur deras dari tubuh Anda, ujar ahli dermatologi dari Northwestern Medicine, Sheryl Hoyer, MD. Produk tabir surya tidak bisa lagi menyatakan waterproof. Tetapi bisa menyebutkan water resistant jika lulus uji yang disyaratkan, ujar Sheryl. Dan daya tahannya tidak terlalu juga, sekitar 80 menit. Artinya, Anda perlu mengoleskannya jika Anda bersepeda selama berjam-jam. Bikin pengolesan yang Anda lakukan di perjalanan makin mudah dengan membawa botol tabir surya ukuran traveling dan simpan di kantung. Lakukan pengolesan ulang saat menikmati pemandangan atau istirahat.
#5 Ubah Waktu Bersepeda Anda
Ya, Anda tidak bisa mengatur waktu lomba atau acara bersepeda yang Anda ikuti. Tetapi, Anda bisa mengatur waktu berlatih, yang bisa mengurangi tingkat terpaan langsung sinar matahari. Atur latihan Anda di awal pagi atau sore hari jika memungkinkan, ujar Richburg.
#6 Lindungi Apa yang Anda Bisa
Anda mengenakan arm warmer ketika udara dingin. Pertimbangkan pula mengenakan aksesoris ini ketika cuaca panas, ujar Richburg. Aksesoris seperti ini tidak hanya memiliki kadar SPF tinggi, tetapi juga dibuat dari bahan yang menyejukkan, yang bereaksi dengan panas tubuh untuk mengubah keringat menjadi pendingin. Sunglasses dan visor bisa menjadi aksesori tambahan untuk menangkal terpaan langsung sinar matahari, ujar Hoyer.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts