5 Fondasi Dasar Latihan Beban bagi Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

TIDAK TAHU bagaimana harus memulai latihan dengan beban? Berikut lima fondasi dasar yang harus Anda pahami sebelum memulai melakukan angkatan, tidak peduli apapun target latihan Anda.
#1 KESEMPURNAAN GERAKAN
Jika Anda berlatih dengan beban, salah satu hal yang paling penting adalah mengetahui kesempurnaan gerakan dan teknik yang akan Anda lakukan, bukan mengangkat beban seberat mungkin. Sebagian besar gym menawarkan latihan pengenalan dengan personal trainer ketika Anda mendaftarkan diri sebagai anggota. Pelajari gerakan-gerakan latihan yang diinstruksikan, atau simak petunjuk bagi pemula dari Bodybuilding.com. Gerakan, teknik, dan postur yang sempurna akan membuat otot yang menjadi target bekerja dengan maksimal dan meminimalkan risiko cedera.
#2 GUNAKAN MESIN BAGI PEMULA
Di awal, pelajari pola gerakan dengan menggunakan mesin latihan. Baru kemudian tirukan pola gerakan tersebut dengan menggunakan barbell dan dumbbell. Menggunakan mesin akan membuat memudahkan Anda menempatkan postur tubuh dan melakukan teknik serta gerakan dengan sempurna. Sementara pada penggunaan free-weight, lebih susah bagi Anda untuk mengendalikannya karena tidak ada pola sistematis yang akan menjaga kesempurnaan postur, teknik, dan gerakan kecuali Anda sendiri.
#3 PELAJARI GERAKAN KOMPLEKS
Gerakan latihan pembangun otot terbaik adalah yang melibatkan sejumlah persendian. Sebagai contoh, ketika Anda melakukan bench press, sendi bahu dan siku Anda terlibat, yang merekrut otot dada, deltoid, dan trisep. Tipe latihan seperti ini telah terbukti efektif membangun massa otot dengan meningkatkan respon hormon pembentuk otot. Latihan yang hanya melibatkan satu sendi saja tidak menawarkan hal yang seperti ini. Fokuskan latihan Anda pada bench press, squat, deadlift, overhead press, dan row. Gerakan-gerakan latihan ini harus menjadi fondasi rutinitas latihan Anda… tentu saja dengan penggunaan beban dengan bobot yang menantang.
#4 REPETISI DAN BEBAN YANG TEPAT
Jika ingin menambah massa otot, pilih beban yang memungkinkan Anda mengangkatnya dalam 8-12 repetisi untuk tiap setnya dengan teknik dan gerakan yang sempurna.Kisaran ini, menurut para ilmuwan, adalah yang terbaik untuk membangun otot. Jika Anda bisa melakukan lebih dari 12 repetisi, tambah berat beban. Jika Anda hanya mampu melakukan enam repetisi, kurangi berat beban.
#5 DURASI ISTIRAHAT
Karena pertumbuhan otot ditentukan dari akumulasi substansi yang terbangun ketika berlatih, mengambil durasi istirahat yang terlalu panjang akan membuatnya menghilang dengan sia-sia. Namun memangkas waktu istirahat juga akan membuat tubuh Anda tidak memulihkan diri secara penuh. Karena itu para ilmuwan menyarakan durasi istirahat 60-90 detik di antara tiap set.

More to explorer

Cara Aman Bersepeda di Malam Hari

BERSEPEDA DI MALAM HARI tak peduli apakah Anda melakukannya untuk memelihara kebugaran atau hal tersebut bagian dari rutinitas bike to work akan

Tingkatkan Teknik Berenang Anda

SUDAH MENJADI RAHASIA UMUM jika sebagian besar triathlete tidak begitu menyukai swim leg saat mengikuti lomba triathlon. Anda mungkin menghabiskan waktu untuk

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *