Jangan Heran Jika Sesi Lari Anda Ada yang Berlangsung Menyebalkan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

ALARM (yang membangunkan Anda di pagi hari) telah mati, Anda sudah meninggalkan ranjang, dan siap berlari di jalanan… mengejar matahari terbit. Meski tetap mengayunkan kaki ke depan melewati tiang-tiang lampu yang berjajar di sepanjang jalan, Anda merasakan ada ketidakberesan… lelah luar biasa. Tidak lebih dari 400 meter, Anda menyadari ini bukan hari Anda. Sebuah sesi lari yang tidak menyenangkan. Sebuah sesi lari yang membuat Anda merasajengkel karena telah meninggalkan ranjang dan mengayunkan kaki di awal hari. Anda ingin berada di rumah. Anda ingin berpura-pura ini tidak pernah terjadi.Kami yakin Anda pasti pernah, atau bahkan sering mengalaminya. Tetapi jangan terlalu risau: Anda tidak sendirian. Banyak alasan mengapa di saat-saat tertentu Anda berlari di bawah standar. Terdapat tiga alasan utama mengapa sesi lari yang Anda lakukan terasa menyebalkan.
#1 Anda Belum Pulih
Latihan, tak peduli apakah Anda berlatih angkat beban atau berlari delapan kilometer, bisa membuat otot-otot di tubuh Anda terasa nyeri. Ini adalah hasil upaya yang Anda lakukan. Umumnya terjadi akibat robekan-robekan mikro di otot yang mengelilingi jaringan konektif. Tak perlu khawatir: Ini adalah kondisi yang normal, namun juga membutuhkan istirahat.
Banyak adaptasi dan peningkatan berlangsung di fase pemulihan. Sayangnya, banyak orang tidak melakukan pemulihan secara serius dan memadai. Sebagian besar berpikir latihan sebagai sebuah sketsa dan mereka berusaha menutupnya, tanpa menyadari bagaimana jam-jam lainnya di luar waktu latihan memberikan dampak besar terhadap proses pemulihan.
Lakukan salah satu hal yang Anda sukai dan berpikirlah lebih luas. Skenario terbaik? Penelitian menyarankan agar Anda memberikan waktu istirahat sekitar 48 jam di antara masing-masing sesi latihan. Dalam periode tersebut, pikirkan cara alternatif untuk membantu proses pemulihan. Pasok tubuh dengan makanan yang kaya protein dan jangan segan bersahabat dengan foam roller Anda.
#2 Tidak Melakukan Pemanasan
Banyak orang mengabaikan sesi pemanasan sebelum memasuki fase latihan inti. Padahal Anda sangat membutuhkannya, khususnya jika ingin berlari. Pemanasan akan menyiapkan aktivasi sistem syaraf, tubuh, dan otak Anda untuk berlari. Jika Anda keluar rumah dan kemudian langsung berlari, tubuh Anda, dan mungkin juga pikiran Anda, akan terasa tidak nyaman.
#3 Anda Hanya Berlari
Ya, berlari mungkin hal kedua yang Anda cintai (setelah anak atau istri Anda). Tetapi hal tersebut menjadi penegas jika tubuh Anda tidak membutuhkan postur atau gerakan lain diluar yang Anda peragakan saat mengayunkan kaki.Jika secara konstan Anda melakukan hal yang sama, Anda tidak hanya menghalangi peningkatan hasil latihan, tetapi juga bakal mengalami kesulitan dalam proses pemulihan. Jika Anda secara konstan berlari dengan fondasi aerobik, tubuh akan segera beradaptasi.
Saatnya melibatkan permainan kecepatan di sesi latihan Anda. Apakah nantinya Anda menyadari atau tidak, hal ini bekerja dengan sistem energi yang berbeda. Anda akan melihat peningkatan yang signifikan.
Jadi apa yang harus dilakukan seorang pelari?
Jangan Memaksa DiriAnda perlu paham, ada hari-hari tertentu yang tidak menjadi waktu terbaik Anda. Dan ini adalah hal yang wajar. Pahami apa adanya dan ubah perspektif Anda. Katakanlah Anda sudah di luar rumah dan merasakan sesi lari yang Anda lakukan tidak menyenangkan, perlakukan saja sebagai upaya untuk membangun postur berlari yang sempurna suatu hal yang masih memberi manfaat bagi Anda. Sering kali jika Anda terlalu memaksa diri saat merasa tidak nyaman, hal yang sangat merugikan bisa terjadi. Ingat, Anda telah melakukan sesuatu, dan itu lebih baik ketimbang tidak melakukan apapun. Biarkan terjadi dan tanggapi dengan bijak.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *