4 Tanda Anda Membutuhkan Pertolongan Serius

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

DALAM BUKU BARUNYA yang berjudul Option B: Facing Adversity, Building Resilience, and Finding Joy, Sheryl Sandberg membahas tentang bertahan dari kesedihan mendalam. Ia menulis, kita menanam benih kemampuan untuk memulihkan diri dari bagaimana cara kita merespons kejadian negatif. Itu mungkin benar. Tetapi, setiap orang merespons kehilangan atau kesedihan dengan cara berbeda. Selain itu, mengatasi kesehatan mental tidak selamanya mudah.
Bagaimana seseorang mengetahui kapan saatnya mencari bantuan dari luar untuk kesedihan yang dialaminya? Tanda-tanda berikut menunjukkan bahwa seseorang memerlukan pertolongan untuk mengatasi kesedihannya, seperti dikutip dari www.prevention.com.
#1 BELUM MOVE ON
Memang, merasa kehilangan memerlukan waktu untuk dilupakan. Tapi, bila seminggu atau sebulan orang tersebut masih memikirkannya di tengah rutinitas sehari-hari, maka ia harus mendapatkan pertolongan dari luar diri sendiri. Kuncinya adalah terus melangkah maju.
#2 ALKOHOL, NARKOBA, ATAU SEKS SEBAGAI PELARIAN
Kematian seseorang yang dekat bisa menjadi guncangan hebat secara mental, fisik maupun spiritual. Dunia seakan-akan terbalik. Tak jarang, seseorang yang mengalaminya mencari pelarian atau pelampiasan. Alkohol, narkoba, atau seks adalah beberapa pilihannya. Sayangnya, ini adalah pilihan yang destruktif. Jika ini sudah terjadi, maka bantuan konseling diperlukan. Jika tidak ingin pergi ke konseling, setidaknya pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok atau komunitas yang mengalami hal serupa. Berada bersama orang lain yang mengalami perasaan serupa bisa memberikan kenyamanan, kata Michele Prince, Executive Director Our House Grief Support Center di California, Amerika Serikat.
#3 MERASA BERSALAH
Jika seseorang merasa bersalah atas kematian kekasih atau orang terdekatnya, maka ini berbahaya bagi kesehatan mental orang tersebut. Ada banyak hal di dunia ini yang berada di luar jangkauan manusia. Salah satunya adalah kematian. Perasaan bersalah cenderung berkurang seiring berjalannya waktu. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan untuk melepaskannya. Mereka khawatir jika mereka mengatasi kehilangan, maka mereka akan melupakan orang tersebut, kata psikoterapis Lara Harris.
#4 INGIN MENYAKITI
Banyak kasus bunuh diri yang dilatarbelakangi oleh kesedihan mendalam. Ada pula beberapa kasus kekerasan yang dilatarbelakangi faktor serupa. Oleh sebab itu, mendaftarkan diri ke konseling, berpartisipasi dalam sesi grup, atau membuka diri dengan sahabat terpercaya bisa membantu kesedihan seseorang.Bagi sebagian orang, pengalaman sedih atau pahit bisa berdampak pada trauma psikis berkepanjangan.
Jadi, jika Anda mengalami tanda-tanda yang telah dipaparkan di atas, jangan sungkan untuk meminta pertolongan orang lain.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *