Tampil Makin Keren dengan Kemeja

By:
Posted: February 7, 2019

BAGI PRIA, kemeja dalah salah satu pakaian yang wajib ada di dalam lemari. Tapi lebih dari sekedar pakaian wajib, ada aturan pakainya. Anda tak harus memilih kemeja dengan brand ternama atau yang harganya akan menguras isi dompet untuk tampil keren. Kuncinya adalah detil yang tepat mulai dari kerah, lengan, cutting hingga motif.
Aturan 1 - PILIHAN KERAH
Ada banyak model kerah kemeja yang mungkin sering membuat Anda bingung. Tapi dari semuanya, yang wajib untuk Anda miliki adalah kerah semispread. Jenis yang satu ini merupakan pilihan paling pas bagi Anda yang ingin terlihat rapi, bersih, dan fashionable. Anda bisa memadukannya dengan berbagai jenis dasi baik slim tie maupun regular tie. Tanpa dasi? Tak masalah.
Aturan 2 - UKURAN JARI
Kami yakin sebagian besar dari Anda melakukan pembelian hanya berdasarkan ukuran Small, Medium atau Large. Tapi tahukah Anda bahwa ada ukuran-ukuran lain yang juga harus Anda tahu? Salah satunya adalah ukuran kerah. Anda memang tak akan menemukan keterangan ukuran kerah di label pakaian. Tapi Anda bisa mengeceknya sendiri. Caranya adalah dengan menggunakan aturan-1-jari. Coba masukkan 1 jari tangan Anda di antara kerah dan leher. Jika pas, berarti inilah kemeja dengan ukuran leher yang pas untuk Anda. Tapi jika celah antara kerah dan leher cukup untuk 2 jari, itu artinya ukurannya terlalu besar!
Aturan 3 - SLIM-FIT
Tubuh Anda mungkin tidak proporsional. Tapi percuma saja Anda berusaha menutupi lemak tubuh Anda dengan mengenakan kemeja yang berukuran besar. Itu hanya akan membuat Anda terlihat semakin menggelembung. Anda justru bisa memangkas lemak Anda dengan mengenakan kemeja yang berukuran pas. Tapi ingat: Ukuran yang pas, bukannya ketat!
Aturan 4 - RUMUSAN LENGAN
Untuk mengetahui rumusan lengan yang tepat, mulailah dari bagian bahu. Usahakan bagian bahu kemeja Anda melekat dengan pas seolah sedang memeluk bahu Anda sendiri. Bagian bahu yang terlalu sempit akan menimbulkan masalah di bagian lengan. Dan perhatikan juga panjang lengan agar tak terlalu panjang atau pendek. Panjang yang pas adalah jika bagian cuff jatuh tepat di bagian pergelangan tangan Anda.
Aturan 5 - KEMEJA PUTIH KLASIK
Kemeja putih memang terdengar sangat klasik. Tapi Anda tak akan pernah mati gaya dengan yang satu ini. Anda akan selalu bisa memadukannya dengan hampir apa saja. Mulai dari celana bahan hingga ke jeans. Atau dengan sports jacket atau jas resmi.
Aturan 6 BERANI BERMAIN MOTIF
Kini saatnya bermain motif. Tidak ada salahnya Anda mulai bermain-main dengan motif. Untuk motif, Anda bisa menyesuaikannya dengan karakter pribadi dan bidang pekerjaan Anda. Bergembiralah Anda yang berkecimpung di dunia kreatif karena Anda lebih bebas bermain-main dengan motif dan warna. Sementara Anda yang berkecimpung di dunia kerja yang lebih serius, motif thin-stripe atau small-checks akan menjadi pilihan yang lebih aman untuk menunjukkan profesionalitas Anda.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts