Memilih Lomba yang Tepat untuk Marathon Pertama Anda

By:
Posted: February 7, 2019

TERDAPAT SEJUMLAH faktor yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih lomba lari marathon yang akan Anda ikuti. Setelah rutinitas lari melekat dalam keseharian Anda, pasti kemudian terbersit keinginan untuk mengikuti lomba marathon. Wajar saja jika Anda merasa bingung untuk menentukan lomba lari marathon mana yang akan diikuti. Dan Anda tidak sendirian. Banyak yang merasakan hal serupa dengan Anda. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan jika ingin mengikuti lomba lari marathon.
#1 Anggaran Dana
Biaya untuk mengikuti lomba lari marathon bervariasi. Biaya registrasi hanya salah satu faktor. Masih terdapat biaya transportasi, akomodasi (hotel), makanan, dan yang lainnya. Jika anggaran dana Anda terbatas, cari lomba lari yang sesuai dengan pundi-pundi uang Anda. Namun jika anggaran dana Anda tidak terbatas, pilihan Anda lebih luas.
#2 Waktu Lomba
Pilih waktu lomba di mana Anda akan berlari marathon dan kemudian hitung mundur 4-6 bulan untuk masa latihan Anda. Jangan lupa mempertimbangkan jadwa kerja dan pekerjaan Anda sebagai salah satu faktor. Anda pasti tidak ingin mimpi Anda berlari marathon dan pekerjaan Anda saling mengganggu, bukan. Waktu pelaksanaan lomba juga berarti kondisi cuaca yang mungkin terjadi di hari H. Bagaimanapun, cuaca akan berpengaruh terhadap performa Anda. Jadi Anda perlu menentukan, cuaca berlomba seperti apa yang Anda inginkan. Dan karena tidak ada jaminan adanya cuaca yang sempurna di hari lomba, persiapkan diri Anda sebaik mungkin.
#3 Registrasi Lomba
Pahami prosesnya dan waktu pendaftaran lomba lari marathon yang akan Anda ikuti. Banyak lomba lari marathon populer yang slot pesertanya terisi sangat cepat. Jika pendaftarannya menggunakan lotere, siapkan pilihan lomba lari marathon cadangan jika Anda tidak mendapat slot di lomba utama. Pilihan lainnya mendaftarakan diri melalui jalur charity. Banyak lomba lari marathon yang menawarkan slot melalui jalur charity.
#4 Tentukan Target Anda
Berita baiknya, ini adalah marathon pertama Anda. Secara otomatis Anda bakal mencetak PB (personal best) atau personal record (PR). Tetapi usahakan bersikap jujur: Apakah Anda mengikuti marathon hanya untuk sekadar finish atau mengejar target waktu tertentu? Jika mengejar kualifikasi Boston Marathon, Anda pasti paham bahwa jika harus berlatih ekstra intensif. Di luar waktu tempuh lomba, apa target lain Anda? Anda menginginkan penonton yang bersorak-sorai di sepanjang lintasan lomba? Atau hal lainnya. Menentukan target lomba akan membantu Anda menyempitkan pilihan.
#5 Cek Lintasan Lari
Cek rute lintasan lomba, medan, sudut kemiringannya, dan cuacanya di website penyelenggara lomba. Apakah Anda mencari lintasan lari yang datar dan cepat? Atau mencari lintasan lari yang menawarkan pemandangan mengagumkan.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts