7 Rahasia Menjaga Kulit yang Sensitif

By:
Posted: February 6, 2019

ANDA PASTI PAHAM soal jenis kulit berminyak dan kering. Tapi bagaimana dengan kulit sensitif? Pemilik jenis kulit yang satu ini tak sebanyak kulit berminyak atau kering. Tapi jika Anda termasuk satu di antaranya, maka Anda perlu perawatan ekstra kecuali Anda tak keberatan dengan penampakan kulit yang dekil. Lalu bagaimana untuk memastikan apakah jenis kulit Anda termasuk sensitif atau tidak? Mulailah untuk memerhatikan kulit Anda. Apakah kulit Anda sangat mudah bereaksi terhadap makanan berminyak atau jenis makanan tertentu? Apakah kulit Anda mudah berjerawat, mengalami peradangan atau bereaksi terhadap gangguan kulit lain? Apakah kulit Anda juga mudah bereaksi terhadap suatu produk baru yang Anda coba? Jika Anda menjawab YA terhadap satu atau beberapa pertanyaan tadi, maka Anda termasuk pemilik jenis kulit sensitif. Selain lebih mudah berjerawat, jenis kulit yang satu ini juga rentan terhadap masalah iritasi dan kekeringan. Terkadang kulit juga bisa terlihat mengelupas dan bersisik atau justru kemerahan. Meski lebih merepotkan, bukan berarti Anda tak bisa menaklukkannya. Kami beri sedikit bocorannya.
#1 Bersihkan Wajah
Menjaga kulit wajah agar tetap bersih adalah hal yang penting. Tujuannya adalah menghindarkan Anda dari penumpukan atau penyumbatan kotoran pada pori-pori kulit. Dengan demikian Anda tak perlu berurusan dengan masalah iritasi atau peradangan kulit.
#2 Pilih Produk yang Tepat
Hindari menggunakan produk perawatan yang mengandung alcohol dan zat eksfoliasi. Kulit Anda cenderung mudah mengelupas, jadi Anda tak perlu memperburuknya. Pilihan terbaik adalah produk yang mengandung zat-zat alami.
#3 Hidrasi Tubuh
Menjaga kelembaban kulit adalah salah satu cara untuk berdamai dengan kulit sensitif. Dengan tetap menjaga kelembabannya, akan menghindarkan kulit sensitif Anda dari kekeringan dan kusam. Selain penggunaan produk yang melembabkan, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga akan membantu kulit tetap lembab.
#4 Jauhi Makanan Berminyak atau Pedas
Makanan yang berminyak dan pedas dapat memicu reaksi peradangan pada kulit sensitif. Anda mungkin bingung apa hubungan antara makanan tersebut dengan kulit. Para ahli yakin, makanan berminyak dan pedas akan memicu keluarnya keringat berlebih. Jika tak dibersihkan degan benar, keringat yang bercampur dengan kuman atau bakteri bisa menyumbat pori-pori kulit dan membuat Anda berisiko mengalami peradangan di kulit.
#5 Pola Makan Sehat
Perbanyak konsumsi sayuran dan buah. Dengan demikian kebutuhan nutrisi kulit Anda akan terpenuhi secara alami. Pastikan Anda mendapatkan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan yang cukup.
#6 Waspada dengan Fragrance
Aroma fragrance mahal dan rayuan dari pramuniaga seksi itu mungkin terlalu menggoda untuk Anda lewatkan. Dan Anda akan selalu bisa mencari alasan untuk menggunakannya entah untuk ke kantor atau hangout. Kami maklum sebab urusan aroma tubuhpun tak kalah penting. Sayangnya, jenis kulit sensitif cenderung memiliki reaksi negatif (alergi) pada kebanyakan fragrance tak perduli semahal apapun harganya. Ini disebabkan karena kandungan alkohol di dalamnya. Deodorant akan menjadi solusi terbaik untuk membebaskan Anda dari masalah aroma tak sedap. Namun jika Anda sangat membutuhkannya, lakukan tes sederhana untuk memastikan kulit Anda tak punya masalah dengan fragrance tersebut. Sebelum membeli, semprotkan tester yang tersedia di pergelangan tangan atau bagian dalam siku. Biarkan selama beberapa jam. Jika tak ada masalah, Anda bisa membelinya. Jika kulit Anda memerah, gatal atau timbul gangguan lain, lupakan saja ide untuk membelinya.
#7 Hindari Ekspos Langsung Matahari
Pada dasarnya ekspos sinar matahari berlebih tak baik untuk siapapun. Hanya saja para pemilik jenis kulit sensitif biasanya memiliki reaksi yang lebih cepat. Saat terkena sinar matahari langsung, kulit sensitif akan langsung memerah seperti terbakar. Dan apabila terus dibiarkan bagian yang kemerahan akan menghitam. Selain terbakar, kulit juga memiliki risiko tinggi mengalami kekeringan (kehilangan kelembaban) dan kusam. Perlindungan terbaik adalah selalu menggunakan sunscreen atau sunblock.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts