Ini 5 Alasan Anda Wajib Melakukan Speedwork

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

ANDA MUNGKIN tidak memiliki target kecepatan yang muluk-muluk ketika mengikuti lomba lari. Namun terdapat beberapa alasan mengapa Anda tetap perlu melakukan speedwork. Dan berikut lima di antaranya.
#1 PANGKAS BERAT BADAN
Berlari 1,6 kilometer membakar sekitar 100 kalori. Namun makin cepat Anda mengayunkan kaki, makin banyak kalori yang Anda bakar. Dan ini bonus tambahannya: Latihan berintensitas tinggi menjaga metabolisme tubuh tetap berada di titik puncak, meskipun latihan yang Anda lakukan sudah berakhir.
#2 MEMBANGUN KEKUATAN
Speedwork membuat serat otot kedut-cepat terbakar dan merekrut lebih banyak otot ketimbang berlari di kecepatan lamban. Saat memperpanjang langkah untuk melakukan sprint (lari cepat), Anda membangkitkan otot-otot pantat, hip flexor, dan extensor. Hal ini meningkatkan jangkauan rangkaian gerakan dan membantu mengurangi ketegangan.
#3 DONGKRAK STAMINA
Sesi speedwork membantu memaksimalkan kapasitas aerobik tubuh Anda. Saat berlari di kecepatan tinggi, Anda memaksa jantung memompa oksigen ke seluruh tubuh dengan cepat. Seiring berjalannya waktu, ini akan membuat jantung Anda lebih kuat sehingga bisa mengirimkan lebih banyak oksigen ke otot, dan membantu otot menggunakan oksigen secara lebih efisien.
#4 LARI LEBIH CEPAT, LARI LEBIH LAMA
Dengan mempertahankan upaya keras, Anda mengondisikan tubuh untuk mempertahankan kecepatan berlari (cepat) dalam waktu yang lama sebelum asam laktat sampah yang diproduksi ketika tubuh membakar glukosa mulai berakumulasi. Hal ini membantu Anda meminimalisasi sensasi terbakar yang sering dikaitkan dengan upaya berlari maksimal.
#5 BIKIN TUBUH MAKIN BUGAR
Meski Anda tidak peduli untuk berlari cepat, Anda akan menikmati kebugaran tubuh yang meningkat jika melakukan speedwork. Saat makin bugar, Anda bisa menempuh jarak lari yang sama dengan upaya yang lebih ringan… plus peluang untuk menembes plateau.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *