Apakah Anda Sudah Layak Ikut Marathon?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

ANDA SUDAH mendaftarkan diri sebagai peserta lomba lari marathon? Kami angkat dua jempol untuk Anda. Memberikan tantangan pada diri sendiri adalah langkah yang bagus. Namun ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Berpikir dan membuat rencana ke depan untuk membangun fondasi kemampuan berlari jarak jauh adalah sebuah langkah yang cerdas. Mengapa? Karena fondasi yang kokoh sebelum Anda mulai berlatih untuk marathon adalah kunci sukses ketika Anda mengayunkan kaki sejauh 42,195 kilometer.
#1 Sudah Biasa Belari
Secara umum, sebelum mulai berlatih untuk marathon, setidaknya Anda sudah biasa berlari 32-37 kilometer (total) tiap minggu. Biasanya merujuk hal di atas itu berarti 3-4 sesi lari tiap minggu dengan jarak tempuh masing-masing 6,5-13 kilometer dan satu sesi long run 16 kilometer. Merasa nyaman berlari sejauh 16 kilometer merupakan hal yang penting karena ini adalah jarak yang menjadi fondasi untuk latihan marathon, dan tambahan jarak tempuh berikutnya dibangun dari sini. Jika tipikal jarak tempuh seperti ini sudah menjadi rutinitas, Anda bisa dikatakan siap memulai latihan untuk berlari 42,195 kilometer.
#2 Jangan Lupa Long Run
Saat jarak tempuh latihan Anda sudah meningkat, ayunan kaki sejauh 16 kilometer akan menjadi menjadi jarak paling pendek di sesi long run ketika Anda di minggu easy atau recovery. Setelah terbiasa berlari 25-30 kilometer (saat program latihan sudah berjalan) di sesi long run, jarak 16 kilometer memang terkesan dekat dan mudah.
#3 Intervensi Tanjakan
Ketika Anda melanjutkan membangun fondasi selama dua bulan berikutnya, pertimbangkan untuk menambahkan sesi latihan di lintasan yang menanjak sebagai taktik yang efektif untuk mendongkrak kebugaran. Berlatih lari di lintasan menanjak akan membantu Anda membangun kekuatan dan meningkatkan kapasitas aerobik di satu waktu yang sama.
#4 Memilih Lomba yang Tepat
Hal yang perlu Anda pertimbangkan lagi adalah mencari lomba lari marathon yang tepat. Banyak lomba lari marathon populer yang slot pesertanya terisi sangat cepat. Jadi pastikan tentukan pilihan Anda dan mendaftar sesegera mungkin.
#5 Pertimbangan Lain
Pertimbangkan pula lokasi, kondisi geografi, cuaca, skala lomba, waktu start, dan parameter lainnya karena semua itu memberikan dampak terhadap latihan yang Anda lakukan. Tanggal pelaksanaan lomba akan menentukan dimulainya jadwal latihan Anda untuk mempersiapkan diri. Kondisi lintasan lari (datar atau naik-turun) juga mempengaruhi program latihan Anda. Melakukan simulasi kondisi yang akan Anda hadapi di lomba ketika berlatih akan membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi tantangan di hari H.
Selamat berlomba!

More to explorer

Latihan kebugaran di jam kerja

Latihan kebugaran di jam kerja

KEBUGARAN DI KANTOR. Selama seminggu, sebuah penelitian menguji 12 latihan untuk melihat mana yang bisa dipraktikkan di ruang kerja dan saat pekerjaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *