8 Gerakan Latihan Ini Bisa Anda Lakukan di Treadmill

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

SELAMA INI, mungkin Anda berpikir jika treadmill yang berfungsi untuk membantu Anda berlari. Tetapi sebetulnya, mesin latihan ini bisa Anda manfaatkan untuk memodifikasi atau mevariasikan beragam gerakan latihan lainnya. Delapan di antaranya bisa Anda intip dalam artikel ini.
#1 WALKING LUNGE
Melakukan walking lunge di gym mungkin nyaris mustahil dilakukan. Ruangan yang ada biasanya tidak mencukupi, dan orang-orang yang sedang asyik bermain dengan smartphone di gym mungkin tidak akan membuka ruang untuk lintasan Anda. Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan walking lunge di treadmill untuk fokus terhadap gerakan latihan ini dan mendapatkan manfaat dari setiap langkah-langkahnya.
Caranya: Berdiri dengan bukaan kaki selebar pinggul dan atur treadmill di kecepatan 3 mil/jam (Anda bisa mengatur lagi kecepatannya jika membutuhkan). Pastikan kedua telapak tangan Anda saling menggenggam di ketinggian dada, kemudian melangkah ke depan dan rendahkan tubuh hingga lutut kanan tertekuk 90. Dorong tubuh ke atas untuk berdiri, dan bawa kaki yang ada di belakang ke depan sehingga Anda bergerak maju. Lakukan hal ini secara kontinyu, dengan mengganti kaki yang bergerak di setiap langkah. Jika ingin fokus pada otot-otot pantat dan hamstring, atur sudut kemiringan treadmill di angka 5 persen.
#2 SIDE SHUFFLE
Gerakan latihan ini bekerja pada paha bagian dalam dan luar, selain memahat otot betis dan mendongkrak kapasitas kardio Anda.
Caranya: Berdiri menyamping di treadmill dengan posisi lutut sedikit ditekuk, dan atur kecepatan di angka 3-5,5 mil/jam. Lakukan side shuffle dengan cepat, dan pastikan mendarat dengan ujung kaki secara lembut. Ganti arah side shuffle Anda.
#3 LOW SQUAT SIDE SHUFFLE
Gerakan latihan ini menyasar otot gluteus medius (pantat samping) Anda.
Caranya: Berdiri menyamping di treadmill, dan ambil posisi seperempat squat. Jaga dada tetap membusung dan kontraksikan otot-otot perut. Atur kecepatan treadmill di angka 1-2 mil/jam. Pertahankan posisi seperempat squat, dan melangkah menyamping menuju bagian depan treadmill dengan kaki yang terdekat, dan kemudian susul dengan kaki satunya. Ganti arah low squat side shuffle Anda.
#4 WALKING PLANK
Anda berpikir plank standar sudah cukup susah dipraktekkan? Gerakan variasi ini jauh lebih rumit. Namun walking plank melatih otot-otot bahu dengan maksimal menggunakan cara berbeda, sembari memaksa Anda menstabilkan tubuh jauh lebih berat.
Caranya: Atur kecepatan treadmill di angka 1-2 mil/jam. Kemudian melangkahkebelakang treadmill dan ambil posisi plank standar, dengan posisi tangan di sisi luar treadmill. Jaga tubuh tetap dalam formasi garis lurus dari kepala hingga tumit. Kemudian tempatkan telapak tangan di treadmill belt dan gerakan tangan ke depan secara bergantian selama durasi latihan.
#5 REVERSE MOUNTAIN CLIMBER
Jika mountain climber standar bekerja untuk otot-otot di seluruh tubuh, variasi gerakan ini menekankan tendangan kaki ke belakang, bukannya mengarahkan lutut ke dalam.
Caranya: Atur kecepatan treadmill di angka 1-2 mil/jam. Kemudian berjalan di belakang treadmill dan ambil posisi plank standar, namun pastikan membelakangi mesin latihan. Tempatkan kaki di samping mesin latihan, dan posisikan telapak tangan di lantai. Ketika Anda sudah siap, bawa kaki ke treadmill belt, dan arahkan salah satu lutut ke dada saat Anda meluruskan kaki lainnya.
#6 CRAB WALK
Ini adalah gerakan latihan yang bagus untuk Anda. Lakukan di treadmill dan Anda akan memaksa hamstring bekerja keras.
Caranya: Atur kecepatan treadmill di angka 1-2 mil/jam. Kemudian berjalan di belakang treadmill dan ambil posisi crab walk standar. Pastikan membelakangi mesin latihan dan posisikan telapak tangan di dasar treadmill, punggung menghadap ke lantai. Pastikan telapak tangan menapak rata di lantai dan angkat pinggul. Jika sudah siap, tempatkan tangan di treadmill belt dan mulailah jalankan tangan Anda ke depan.
#7 TREADMILL PUSH
Mendorong weighted sled adalah latihan yang sangan menantang. Dengan mematikan treadmill dan berlari ke depan, Anda bisa meniru gerakan tersebut. Tetapi ingat, tidak semua treadmill belt bisa bergerak ketika dimatikan.
Caranya: Hentikan treadmill dan tarik emergency tag. Berdiri di treadmill dan genggam pegangan treadmill dengan kedua tangan, pastikan sikut sedikit ditekuk. Kemudian melangkah atau berlari ke depan dan dorong treadmill belt ke belakang.
#8 INCLINE PUSHUP
Anda tidak perlu berkeliling gym lagi untuk mencari bench yang tidak digunakan jika ingin melakukan incline pushup.
Caranya: Matikan treadmill, berdiri di samping treadmill belt, tempatkan tangan di bagian pegangan mesin ini. Tubuh Anda harus membentuk formasi garis lurus dari tumit hingga kepala. Tekuk siku untuk menurunkan tubuh, tahan, dan kemudian dorong kembali tubuh ke atas. Untuk fokus membangun trisep, pastikan siku rapat dengan bagian samping tubuh Anda.

More to explorer

3 Latihan HIIT Terbaik!

Ingin cepat membakar lemak? Yuk, lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) di rumah atau gym terdekat rumah kamu. Fyi, HIIT adalah latihan

Makanan Terbaik untuk Pelari Vegetarian

Mencari tahu apa yang sebaiknya dimakan sebelum melakukan aktivitas lari tak semudah yang dibayangkan ya, apalagi jika kamu seorang vegetarian. Kenapa? Karena

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *